Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Soal Dark Mode di Smartphone

Yuk baca, biar wawasanmu makin bertambah

Salah satu fitur di smartphone yang saat ini sedang populer selain sensor sidik jari di dalam layar dan resolusi kamera yang besar, mode gelap atau lebih dikenal dengan istilah dark mode. Nah, tentunya gak akan keren kalo trend tersebut hanya kamu ikuti euforianya tanpa tahu apapun tentang fitur tersebut.

Berikut 5 hal penting soal fitur dark mode di smartphone yang harus kamu ketahui. Yuk, baca artikel selengkapnya di bawah ini.

1. Cocok dipakai saat membaca artikel maupun e-book

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Soal Dark Mode di SmartphonePexels.com/Bruce Mars

Karena dapat meningkatkan keterbacaan tulisan, tidak membuat mata cepat lelah atau silau serta membuat mood dan konsentrasi menjadi lebih baik, sebaiknya kamu mengaktifkan fitur dark mode ketika sedang membaca artikel atau e-book. Dengan demikian, kamu akan lebih fokus membaca tulisan tersebut dengan nyaman.

2. Membantu mengurangi penggunaan baterai sehingga lebih awet

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Soal Dark Mode di SmartphonePexels.com/Pixabay

Menggunakan fitur dark mode dapat membuat baterai perangkat milikmu lebih awet karena layar hanya menampilkan warna hitam dan putih. Dengan demikian, pixel yang ada dalam layar smartphone milikmu tidak perlu bekerja lebih keras untuk menghasilkan beragam warna sehingga penggunaan baterai juga berkurang. 

3. Warna hitam yang ditampilkan perangkatmu, bisa saja berbeda-beda tergantung tipe smartphone dan aplikasi serta website yang sedang dibuka

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Soal Dark Mode di SmartphoneIlustrasi telepon seluler. Pexels.com/Fox

Setiap smartphone yang memiliki fitur dark mode atau mendapat update fitur serupa, biasanya memiliki warna hitam dengan kepekatan yang berbeda-beda. Ada yang hitam keabu-abuan, hitam cerah dan ada pula yang hitam seperti kopi. 

Sama halnya dengan berbagai aplikasi dan website yang mempunyai fitur dark mode, juga memiliki warna hitam yang berbeda-beda tergantung kebijakan yang mereka terapkan. Tentunya, kepekatan warna hitam yang mereka tampikan sudah disesuaikan dan diuji coba agar pengguna tetap nyaman menggunakannya.

Baca Juga: Bahaya Penggunaan Fitur Dark Mode yang Tak Banyak Diketahui Orang

4. Terkadang fitur ini gak cocok di kondisi cahaya tertentu

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Soal Dark Mode di SmartphonePexels.com/Jonas Svidras

Meskipun dark mode memiliki sejumlah kelebihan yang ditawaran, ada kalanya fitur ini malah mengganggu dalam kondisi tertentu. Oleh karena itu, kamu harus menyesuaikan sendiri agar kamu tetap nyaman menggunakan perangkat milikmu.

Penulis sendiri terkadang tidak mengaktifkan fitur ini ketika di bawah terik matahari karena merasa tidak dapat membaca dengan nyaman saat dark mode sedang aktif. Tentunya setiap orang pasti memiliki pengalaman yang berbeda-beda dan kamu hanya perlu beradaptasi.

5. Bisa membuat tampilan smartphonemu terlihat lebih mewah dan elegan

5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Soal Dark Mode di SmartphoneThe Verge.com/Vlad Savov

Bagi sebagian besar orang, warna hitam dapat memunculkan kesan yang mengintimidasi, premium, serta terlihat elegan. Oleh karena itu, jika kamu mengaktifkan fitur ini ponsel pintar milikmu ketika di depan umum, dijamin kamu pasti dilirik oleh orang-orang yang ada di sekitarmu.

Nah, itu 5 hal penting yang harus kamu ketahui soal fitur dark mode yang sekarang sedang trend di dunia teknologi bahkan kini sudah merambah ke area makanan. Kamu sendiri bagaimana pendapatmu ketika mengaktifkan fitur ini ? yuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga: Lagi Ramai Diaplikasikan, Dark Mode Beri 5 Manfaat Ini ke Pengguna Lho

Irvin Pabane Photo Community Writer Irvin Pabane

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You