Comscore Tracker

Lebih Efisien, 5 Teknologi Ini Bisa Membuat Password Ketik Punah

Gak ribet lagi buat mengetik password

Password atau kata sandi merupakan kombinasi huruf atau angka yang biasanya digunakan untuk mengamankan sebuah akun media sosial maupun smartphone dari orang-orang yang tak bertanggung jawab. Tentunya, untuk login ke akun media sosial maupun membuka smartphone yang terproteksi, pengguna harus memasukkan kata sandi yang benar.

Pada era modern seperti saat ini, tentunya password dinilai sudah ketinggalan jaman karna tidak efisien. Selain pengguna diharuskan membuat dan mengingat kata sandi yang idel, pengguna juga harus memasukkan kata sandi tiap login dengan mengetikkan kata sandi tersebut.

Berkat kemajuan teknologi, beberapa alternatif password kini mulai dikembangkan dan diimplementasikan. Apa saja teknologi tersebut, yuk cek list selengkapnya di bawah ini.

1. Sensor Sidik Jari

Lebih Efisien, 5 Teknologi Ini Bisa Membuat Password Ketik Punahbleepingcomputer.com

Teknologi ini akan memindai permukaan jari pengguna dan menyimpannya ke database yang aman. Jika pengguna ingin membuka smartphone, maka pengguna hanya perlu menempelkan jarinya ke tempat sensor sesaat. Saat ini, teknologi sensor sidik jari mulai marak digunakan sebagai media absensi maupun fitur keamanan di smartphone.

Tidak menutup kemungkinan jika nantinya, untuk login ke media sosial maupun menyetujui pembayaran di situs belanja online, pengguna hanya perlu menempelkan jarinya. Tentunya cara ini lebih efisien dan tidak menyita waktu pengguna.

2. Pemindai Wajah

Lebih Efisien, 5 Teknologi Ini Bisa Membuat Password Ketik Punahgeeknews.co.uk

Walapun teknologi ini sering dianggap dapat tidak akurat karna raut wajah pengguna bisa saja berubah dan tidak bekerja jika kurang cahaya, namun masih ada OEM yang mengimplementasikan teknologi ini sebagai salah satu fitur keamanan di produknya. Sebut saja Vivo V7, One Plus 5T, Apple Iphone X, Samsung Galaxy Note 8 dan LG Q6.

Tentu kekurangan teknologi peminda wajah atau face recognition ini bisa diatasi dengan sejumlah pengembangan. Contohnya Apple Iphone X yang memiliki fitur Face ID dan dapat bekerja walaupun dalam kondisi gelap.

Tentunya, akan sangat memudahkan pengguna untuk membuka smartphone mereka atau login ke media sosial hanya dengan menatap layar smartphone.

3. Sensor Iris Mata

Lebih Efisien, 5 Teknologi Ini Bisa Membuat Password Ketik Punahnews.sky.com

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan Microsoft lewat smartphone Lumia 950 dan Lumia 950 XL disusul Samsung Galaxy Note 7 dan Samsung S8. Fitur ini akan menggunakan iris mata pengguna sebagai kode pengaman smartphone. Di ranah desktop juga ada teknologi semacam ini yang dikenal dengan nama Windows Hello, buatan Microsoft yang ditanamkan di OS Windows 10.

Berbeda dengan Face Recognition atau sensor pemindai wajah, iris scanner dinilai lebih akurat karna iris mata manusia bersifat seperti sidik jari yakni tidak dapat berubah dan tidak memiliki kesamaan dengan orang lain. Dengan demikian, teknologi ini dijamin aman dan tidak mudah dibobol.

4. Pengenal Suara

Lebih Efisien, 5 Teknologi Ini Bisa Membuat Password Ketik Punahscmp.com

Teknologi ini bisa kamu temui pada aplikasi Google Assisten yang memungkinkan kamu membuka kunci smartphone hanya dengan suara kamu sendiri. Untuk mengggunakan fitur ini, tentunya smartphone kamu sudah harus terinstal Google Assisten dan mengaktifkannya.

Pastinya akan kelihatan keren jika untuk membuka kunci smartphone, login ke media sosial maupun menyetujui pembayaran di situs belanja online hanya dengan suara kamu sendiri. Tentunya akan lebih aman dan terkesan futuristik jika pengguna membuka kunci pengaman hanya dengan meyebutkan dengan kata-kata tertentu.

5. Password Manager

Lebih Efisien, 5 Teknologi Ini Bisa Membuat Password Ketik Punahthehackernews

Sesuai namanya, teknologi ini akan menyimpan semua password pengguna dengan aman dan menggantinya hanya dengan 1 password saja. Artinya, jika kamu mempunyai lebih dari 1 akun misalnya media sosial, maka aplikasi ini akan mengganti semua password media sosialmu dengan 1 password saja. Sehingga jika kamu ingin login kembali ke akun media sosialmu, kamu hanya perlu memasukkan password yang diberikan oleh aplikasi ini.

Aplikasi ini tidak akan mengganti passwod media sosialmu secara real. Hanya saja sebagai pengganti sementara dan kamu tidak perlu repot-repot lagi mengingat semua kata sandi akun media sosialmu.

Nah, bagaimana menurutmu, apakah 5 teknologi tersebut bisa membuat password punah di masa depan ? Yuk, bagikan pendapatmu dikolom komentar.

Irvin Pabane Photo Verified Writer Irvin Pabane

Kepala boleh saja melangit, tapi kaki, mata dan tangan harus tetap di bumi. Baca tulisan saya lainnya di linktr.ee/irvinpabane

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya