Comscore Tracker

9 Alat Analisis Media Sosial Terbaik, Bisa Bantu Bisnismu

Bisa juga dipakai untuk kamu yang ingin jadi seleb medsos

Untuk membuat akun terkenal di media sosial, kita perlu strategi tertentu. Tidak cukup hanya posting dan edit foto secantik mungkin. Untuk melakukannya kamu memerlukan alat analisis media sosial. Memang belum banyak diketahui orang, tetapi alat tersebut kini menjadi senjata untuk brand, online shop, dan bahkan selebriti medsos.

Alat ini dapat memberikan data-data penting mengenai akun Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya. Mulai dari tingkat engagement, tagar mana yang cocok untuk kita, hingga strategi untuk meningkatkan kepopuleran akun.

Jika kamu masih awam tentang hal ini tetapi ingin memelajarinya, tenang saja. Berikut ini sepuluh alat yang bisa kamu coba sebagai pemula. Semuanya bisa kamu akses melalui website ya!

1. Hootsuite, salah satu alat media sosial yang paling terkenal ini menawarkan insight yang beragam untuk melihat performa akunmu

9 Alat Analisis Media Sosial Terbaik, Bisa Bantu Bisnismuhootsuite.com

Kamu bisa mendapatkan data dari Twitter, Facebook, dan Instagram. Mulai dari tingkat sentimen dari post kita, informasi dasar audiens, hingga performa akun. Semua disuguhkan dalam bentuk grafik yang mudah untuk dipahami bahkan untuk pemula sekalipun.

2. Awario, alat pemantauan media sosial yang memungkinkanmu untuk membandingkan tingkat kepopuleranmu dengan kompetitor

9 Alat Analisis Media Sosial Terbaik, Bisa Bantu Bisnismuawario.com

Kamu bisa menganalisis pertumbuhan akun dalam jangka waktu tertentu, jangkauan audiens, dan lokasi mereka. Selain itu, kamu juga bisa mengukur seberapa positif tanggapan orang terhadap post yang kamu bagikan.

3. Snaplytics siap memberikan data yang detail mengenai Instagram dan Snapchat

9 Alat Analisis Media Sosial Terbaik, Bisa Bantu Bisnismubiz-file.com

Berbeda dengan alat lainnya, Snaplytics menawarkan data untuk Instagram Story dan Snapchat. Kamu bisa melihat bagaimana tanggapan viewers dari update yang kamu bagikan di sana serta pertumbuhan followers secara keseluruhan.

4. Squarelovin, sesuai untuk kamu yang mencari alat khusus untuk Instagram

9 Alat Analisis Media Sosial Terbaik, Bisa Bantu Bisnismusquarelovin.com

Dengan menggunakannya, kamu dapat melacak like, followers, dan mengukur engagement profilmu. Tidak hanya itu, alat ini juga akan memberikan saran mengenai waktu posting, tagar, dan bahkan filter terbaik untuk feed-mu.

Baca Juga: 10 Trik Google Maps yang Menarik untuk Dicoba, Navigasi Makin Seru!

5. Union Metrics dapat memantau konten mana yang memiliki performa terbaik di setiap media sosial yang kamu daftarkan

9 Alat Analisis Media Sosial Terbaik, Bisa Bantu Bisnismumikegingerich.com

Selain itu, Union Metrics juga bisa melacak tren apa yang relevan untuk kamu ikuti. Dengan begitu, kamu akan selalu up-to-date.

6. Sprout Social, ada banyak alat analisis berguna yang bisa kamu pakai dengan alat ini, termasuk mengukur performa iklan

9 Alat Analisis Media Sosial Terbaik, Bisa Bantu Bisnismuventurebeat.com

Kamu sering menggunakan iklan di media sosial? Sprout Social dapat memastikan iklan tersebut bekerja dengan baik untuk menjangkau audiens.

7. Ingin mengenal audiensmu dengan lebih baik? Kamu bisa menggunakan Rival IQ

9 Alat Analisis Media Sosial Terbaik, Bisa Bantu Bisnismukinstacdn.com

Rival IQ akan memberikan saran mengenai target audiens, waktu post, dan taktik tertentu untuk mengoptimalkan iklan. Ia juga terintegrasi dengan Google Analytics sehingga data yang didapatkan lebih akurat.

8. Socialbakers, alat analisis terbaik untuk para profesional, brand, dan online shop

9 Alat Analisis Media Sosial Terbaik, Bisa Bantu Bisnismusocialbakers.com

Di antara semua alat analisis, Socialbakers adalah yang paling terkenal dan banyak dipakai oleh para profesional. Ada banyak fitur yang ditawarkan. Mulai dari analisis minat audiens, konten terbaik untuk akunmu, memantau brand, hingga menemukan influencer untuk promosi. Semua data tersebut disajikan dalam bentuk grafik yang menarik dan mudah dibaca.

Nah ternyata banyak sekali, kan, alat analisis media sosial yang bisa kita gunakan. Kamu bisa mencoba sebanyak mungkin untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Baca Juga: 7 Prediksi Ahli tentang Media Sosial di 2019, Akankah Benar Terjadi?

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya