Comscore Tracker

8 Aplikasi dan Website Ini Diblokir di China, Jangan Harap Bisa Akses!

Gak bisa update dengan bebas di sana

Selain memiliki The Great Wall atau Tembok Besar, China juga terkenal dengan “The Great Firewall”. Julukan tersebut diberikan pada negara Asia Timur tersebut karena mereka melakukan sensor besar-besaran untuk aplikasi dan situs, terutama yang berasal dari Negara Barat.

Penyensoran ini dimulai dari tahun 90-an. Dikabarkan ada banyak insiden yang menyebabkannya. Pemerintah China mengaku bahwa mereka takut situs dan aplikasi tersebut akan menyalahgunakan informasi penduduknya.

Lalu apa saja aplikasi dan situs yang disensor? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Google

8 Aplikasi dan Website Ini Diblokir di China, Jangan Harap Bisa Akses!supchina.com

Bayangkan bagaimana sulitnya hidup tanpa mesin pencari ini. Rakyat China tidak bisa mengakses semua layanan yang dibuat oleh Google.

Alasannya, pemerintah China tidak akan mendapatkan apa-apa dari Google walaupun banyak rakyatnya yang mengakses. Sebagai gantinya, China memiliki mesin pencarinya sendiri, yaitu Baidu, Sogou, dan lain-lain.

2. Instagram

8 Aplikasi dan Website Ini Diblokir di China, Jangan Harap Bisa Akses!medium.com

Jika berkunjung ke China, jangan harap bisa update Instagram dengan bebas. Pasalnya aplikasi tersebut termasuk ke dalam list pemblokiran pemerintah China. Ini karena pada tahun 2014, kelompok pro-demokrasi di Hongkong menggunakan platform tersebut untuk mempopulerkan gerakan protes kepada pemerintah.

3. Facebook

8 Aplikasi dan Website Ini Diblokir di China, Jangan Harap Bisa Akses!policyforum.net

Seperti Instagram, Facebook juga diblokir oleh pemerintah China sejak tahun 2009. Ini menyusul dengan adanya kelompok aktivis yang menggunakan Facebook sebagai media komunikasi mereka. Selain itu mereka beralasan bahwa ini adalah upaya untuk menyukseskan media sosial lokal seperti WeChat, Weibo, dan lain-lain.

4. Situs blogging

8 Aplikasi dan Website Ini Diblokir di China, Jangan Harap Bisa Akses!teknobos.com

Situs blogging seperti WordPress, Blogspot, dan Tumblr juga diblokir oleh pemerintah China. Ini dilakukan untuk membatasi protes yang kerap dilayangkan rakyat kepada pemerintah.

Baca Juga: 7 Aplikasi Anti Spyware Terbaik untuk Smartphone, supaya Datamu Aman

5. LINE dan KakaoTalk

8 Aplikasi dan Website Ini Diblokir di China, Jangan Harap Bisa Akses!cloudfront.net

Aplikasi instant messaging dari Korea Selatan tersebut juga tidak dapat diakses di China. Selain karena dibuat oleh negara lain, pemerintah China merasa kedua aplikasi tersebut dipakai oleh kelompok teroris.

6. Twitter

8 Aplikasi dan Website Ini Diblokir di China, Jangan Harap Bisa Akses!vice.com

Twitter adalah tempat yang cocok untuk mengutarakan pendapat. Karenanya, banyak protes yang dapat diutarakan melaluinya. Ini membuat pemerintah China khawatir dan cepat-cepat memblokir media sosial tersebut.

7. WhatsApp

8 Aplikasi dan Website Ini Diblokir di China, Jangan Harap Bisa Akses!friendsoffortpointchannel.org

Pada tahun 2017 silam, Whatsapp secara resmi tidak bisa beroperasi di China. Enkripsi end-to-end yang dimilikinya dinilai merepotkan pemerintah. Mereka tidak bisa mengintip pesan yang dikirimkan melalui Whatsapp.

8. Situs dan aplikasi lainnya

8 Aplikasi dan Website Ini Diblokir di China, Jangan Harap Bisa Akses!startuplivingchina.com

Masih ada banyak situs yang diblokir oleh pemerintah China. Di antaranya adalah portal berita online dari Negara Barat, situs porno, dan situs lain yang mengritik pemerintah. Selain itu, situs dan aplikasi streaming video seperti YouTube, Vimeo, Dailymotion, dan Snapchat tidak luput dari sensor.

Penyensoran tidak hanya dilakukan pada internet. Pemerintah China juga membatasi peredaran film barat di bioskop mereka. Dilansir dari berbagai sumber, hanya 34 film barat yang boleh diputar dalam setahun.

Apa pendapatmu mengenai tindakan pemerintah China tersebut? Share di kolom komentar ya!

Baca Juga: Ini 14 Aplikasi Android Paling Aneh dan Tak Berguna, Mau Mencobanya?

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You