Comscore Tracker

7 Aplikasi yang Perlu Kamu Install untuk Menghemat Pemakaian Kertas 

Jadi lebih kekinian sekaligus menyelamatkan pohon

Kertas adalah hal yang selalu dibutuhkan setiap manusia sejak kecil hingga dewasa. Namun kini banyak pihak yang mulai mengurangi pemakaian kertas karena proses pembuatannya memiliki dampak buruk kepada lingkungan.

Data dari Global Forest Resource Assessment menunjukkan bahwa setidaknya 80 ribu hingga 160 ribu pohon ditebang per hari untuk industri bubur kertas dan kertas. Wah banyak sekali kan?

Untungnya kini tren penggunaan kertas mulai digantikan dengan keberadaan smartphone. Kita bisa menulis, membaca, dan mencatat menggunakan perangkat tersebut. Semua pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh kertas mulai dialihkan. Jika tren ini semakin digemari, kita bisa menyelamatkan lingkungan lho!

Kamu tertarik untuk jadi lebih paperless? Yuk install jenis-jenis aplikasi berikut ini!

1. Email

7 Aplikasi yang Perlu Kamu Install untuk Menghemat Pemakaian Kertas lifewire.com

Sebelum ada layanan surat elektronik, semua orang menggunakan surat fisik untuk berkirim pesan. Bayangkan betapa banyaknya kertas yang dibutuhkan. Layanan tersebut tidak hanya berguna untuk surat-menyurat, tetapi juga untuk memudahkan pekerjaan. Kini perkantoran tidak lagi membutuhkan bertumpuk-tumpuk kertas karena sudah ada email yang menggantikannya. Tidak perlu mencetak dokumen dan proposal, cukup kirim via email

Selain itu, kini mahasiswa juga sudah menggunakannya untuk mengirim tugas kepada dosen. Beberapa tahun lagi, kemungkinan besar siswa sekolah pun memanfaatkannya. Kamu juga merasakan berbagai kemudahan karena email kan? 

2. Ebook reader

7 Aplikasi yang Perlu Kamu Install untuk Menghemat Pemakaian Kertas mediashift.org

Selain tidak praktis, buku fisik juga berkontribusi terhadap penebangan pohon di luar sana. Itulah kenapa lahirlah ebook, versi mini dari buku yang bisa diakses melalui gadget. Jika kamu ingin lebih menghemat pemakaian kertas, segera beralihlah ke cara ini. Untuk membacanya kamu hanya memerlukan ebook reader yang bisa kamu pasang di handphone. Sangat praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

3. Aplikasi scan

7 Aplikasi yang Perlu Kamu Install untuk Menghemat Pemakaian Kertas idgesg.net

Aplikasi scan berfungsi untuk mengubah dokumen cetak menjadi file digital. Scan dibutuhkan sebagai upaya back up lewat komputer. Ini berarti dokumenmu akan lebih aman dan mudah untuk digunakan lagi di kemudian hari. Kamu pun tidak perlu lagi melakukan fotokopi kecuali saat diperlukan saja.

Tidak punya mesin scan tidak apa-apa. Kamu hanya perlu untuk mengunduh aplikasi scan di handphone-mu. Ia akan mengubah kamera menjadi scanner. Cara menggunakannya pun mudah. Tinggal arahkan kamera ke dokumen, jepret gambarnya, kemudian secara otomatis dokumen akan terlihat seperti hasil scan.

Baca Juga: Coba deh 7 Aplikasi Bertema Harry Potter, Cocok untuk Potterhead!

4. Aplikasi to-do list

7 Aplikasi yang Perlu Kamu Install untuk Menghemat Pemakaian Kertas techlicious.com

Jika kamu ingin menerapkan gaya hidup paperless, kamu harus meninggalkan kebiasaan menggunakan sticky notes dan memo. Kedua hal tersebut biasanya dipakai untuk mencatat hal-hal kecil seperti daftar belanja, tugas, atau aktivitas. Tenang saja, ada yang bisa menggantikan pekerjaan mereka kok.

Kamu hanya perlu memasang aplikasi to-do list yang banyak tersedia di Play Store dan App Store. Penggunaannya pun gampang dan bisa diakses di mana saja karena ia tersedia di handphone-mu. 

5. Aplikasi berbagi dokumen

7 Aplikasi yang Perlu Kamu Install untuk Menghemat Pemakaian Kertas cbsistatic.com

Cara yang paling umum untuk mengirim dokumen adalah lewat email. Namun terkadang jika file terlalu besar, akan sulit untuk mengirimkannya. Oleh karena itu, untuk kamu yang sering melakukan hal ini, coba gunakan aplikasi berbagi dokumen berbasis cloud

Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah kamu akan mendapatkan link yang bisa kamu bagikan ke penerima. Tidak hanya itu, sebagai pemilik kamu juga diuntungkan karena bisa melihat kapan dan seberapa sering orang lain mengunduhnya. Ada berbagai aplikasi yang bisa kamu coba. Misalnya Google Drive, Dropbox, One Drive, dan lain-lain. 

6. Aplikasi notes atau catatan

7 Aplikasi yang Perlu Kamu Install untuk Menghemat Pemakaian Kertas vox-cdn.com

Kamu termasuk tipe orang yang suka mencatat segala hal? Daripada kamu menghabiskan banyak kertas, sebaiknya coba gunakan aplikasi notes yang banyak tersedia di Play Store dan App Store. 

Memang rasanya tidak sama seperti mencatat di kertas dan sebagian orang mengaku tidak biasa menggunakannya. Akan tetapi ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Di antaranya adalah praktis, bisa dibawa ke mana saja, kamu tidak perlu membawa buku yang berat, serta aksesnya pun mudah.

7. Aplikasi tanda tangan digital

7 Aplikasi yang Perlu Kamu Install untuk Menghemat Pemakaian Kertas imgix.net

Dengan beralihnya pembagian dokumen ke arah digital, kamu juga akan membutuhkan alat yang bisa memberikan tanda tangan secara digital. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi mencetak kemudian scan untuk dikirimkan kembali. Ada berbagai macam aplikasi yang bisa membantumu melakukan hal ini. Contohnya Adobe Reader, Adobe Acrobat, Docusign, dan lain-lain. 

Beberapa di antara aplikasi yang disebutkan pasti sudah kamu miliki di handphone-mu. Yuk, download yang lainnya agar kamu semakin menghemat pemakaian kertas!

Baca Juga: 7 Aplikasi Augmented Reality Paling Futuristik, Coba Buktikan Sendiri!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You