Comscore Tracker

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!

Bosan kan pakai PowerPoint terus?

Mayoritas orang menggunakan Microsoft PowerPoint untuk membuat berbagai macam presentasi. Baik untuk keperluan sekolah, kuliah, atau bahkan bisnis. Sifatnya yang mudah digunakan, standar, dan mudah dimodifikasi menjadi alasan kenapa PowerPoint sangat disukai.

Namun jika kamu bosan dengannya, ada lho alternatif lain dari PowerPoint yang tak kalah menarik untuk dicoba. Mereka memiliki berbagai template presentasi yang akan membuatmu tampil beda.

Penasaran apa sih? Jangan khawatir, berikut ini IDN Times akan mengulas beberapa rekomendasi aplikasi presentasi selain PowerPoint yang tidak kalah memiliki fitur yang banyak. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Google Slides

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!slidesgo.com

Kamu sedang menggarap presentasi berkelompok? Google Slides adalah salah satu pilihan terbaik karena ia memungkinkan pengguna mengedit bersama-sama dengan bantuan internet.

Kamu bahkan bisa mengaksesnya melalui handphone lho. Ada beberapa format penyimpanan yang didukung, yaitu pdf, ppt, odp, atau jpg.

2. Visme

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!visme.co

Visme sebenarnya tidak dikhususkan untuk membuat presentasi, tetapi kita bisa menggunakannya untuk hal tersebut. Aplikasi berbasis cloud ini memungkinkan penggunanya untuk membuat laporan, infografis, dan visualisasi data.

Visme juga memiliki beragam fitur animasi dan interaktivitas, sehingga presentasi tidak akan membosankan.

3. Prezi

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!skyose.com

Prezi adalah alat pembuat presentasi yang unggul dalam animasi dan efek-efek slideshow yang dimilikinya. Saat menggunakan aplikasi ini, dijamin presentasimu tidak akan biasa-biasa saja.

Cara memakainya pun mudah, tinggal pilih template, masukkan teks, gambar, dan komponen lainnya. 

4. Sozi

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!baierouge.fr

Di Sozi, kamu akan diberikan sebuah kanvas besar untuk mendesain apa pun yang kamu mau. Misalnya menggambar ilustrasi, menempatkan gambar, shape, dan lain-lain.

Transisi dan satu item ke item lainnya pun dapat kamu atur sendiri. Jadi, alat ini dapat dimanfaatkan pula untuk membuat animasi.

5. SlideDog

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!lifewire.com

Jika Prezi dan Sozi terlalu sulit untukmu, kamu bisa menggunakan SlideDog. Kamu bisa merangkai teks, gambar, link, atau bahkan file pdf dengan mudah.

Menariknya, SlideDog juga dapat membagikan file-mu secara live. Jadi orang lain dapat mengaksesnya, mengajukan pertanyaan, dan memberikan feedback.

Baca Juga: 10 Aplikasi yang Wajib Kamu Download saat Traveling ke Luar Negeri

6. LibreOffice Impress

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!libreofficehelp.com

LibreOffice adalah salah satu kompetitor PowerPoint beberapa tahun belakangan ini. Keunggulannya, semua komponen dapat diakses secara gratis, open source, dan dapat digunakan di berbagai platform.

Fitur-fiturnya pun mirip dengan PowerPoint sehingga kamu tak perlu belajar banyak sebelum memakainya.

7. KeyNote

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!24slides.com

KeyNote adalah aplikasi untuk membuat slideshow yang bisa dicoba oleh pengguna perangkat Apple. Desainnya sangat mengedepankan kemudahan, elegan, dan halus saat digunakan.

Terdapat beberapa fitur pendukung yang kuat, yaitu ia mampu membuat grafis, efek interaktif, serta ikon dan gambar. Semuanya dapat melengkapi presentasimu agar lebih menarik.

8. Slidebean

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!visme.co

Alternatif PowerPoint ini merupakan pilihan tepat untukmu yang tidak punya waktu mendesain slide. Ada berbagai template yang dapat disesuaikan dengan penggunaan presentasimu.

Mulai dari edukasi, marketing, bisnis, dan lainnya. Ia tersambung juga dengan Unsplash dan Giphy sehingga kamu tak perlu mencari foto dan gif dari luar.

9. Zoho Show

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!zohowebstatic.com

Zoho Show dapat kamu akses melalui internet dengan mudah sehingga ia kompatibel di berbagai perangkat. Ia memiliki user interface yang cukup sederhana tetapi kamu bisa menambahkan ikon, gambar, shape, dan efek untuk setiap itemnya. Karena berbasis internet, Zoho Show juga mendukung fitur kolaborasi secara real time.

10. Canva

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint, Fiturnya Banyak!pegfitzpatrick.com

Canva selama ini telah dikenal sebagai alat yang bisa membuat berbagai desain. Mulai dari pamflet, poster, dan juga presentasi.

Ia menyediakan berbagai sampel, sehingga orang yang awam terhadap dunia desain pun dapat menggunakannya. Canva memang mengandung in-app purchase, tetapi kita masih bisa memakainya dengan baik tanpa harus membayar. 

Jika kamu bertanya-tanya aplikasi presentasi mana yang paling baik, sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti. Semua tergantung pada preferensimu.

Akan tetapi tak ada salahnya untuk mencoba beberapa alternatif tersebut. Siapa tahu, kamu bisa membuat slideshow yang lebih baik dengannya. 

Baca Juga: 8 Aplikasi Android dan iOS yang Mendukung Foto Format RAW, Coba yuk!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya