Comscore Tracker

7 Aplikasi Ini Dirancang Khusus untuk Orang yang Baru Putus Cinta

Buat yang masih susah move on, yuk dicoba!

Menjalin hubungan percintaan dengan seseorang memang bukanlah hal yang mudah. Ada saatnya harus berpisah atau putus. Saat itulah dunia terasa seketika berubah. Saat pacaran, hampir tidak ada aktivitas yang dilakukan sendiri, selalu ada yang menghubungi, atau mengingatkan untuk makan.

Rasa kehilangan tersebut membuat orang gelisah, sulit tidur, bahkan hingga depresi. Terkadang mereka sendiri tidak tahu bagaimana cara mengurangi rasa sakit tersebut. Melihat masalah ini, sejumlah perusahaan membuat aplikasi self-care yang dirancang untuk orang yang baru putus. Yuk siapkan handphone-mu dan catat aplikasi berikut ini.

1. Rx Breakup

7 Aplikasi Ini Dirancang Khusus untuk Orang yang Baru Putus Cintahuffingtonpost.com

Didesain khusus untuk membantu orang yang baru putus, Rx Breakup menawarkan aktivitas selama 30 hari untuk membuat kamu sibuk, fokus, dan bersemangat. Dengan aplikasi ini, kamu juga diminta untuk menuliskan perasaan dan pikiran secara analitis. Hal ini bertujuan untuk membimbing seseorang menghadapi masalah dengan positif.

Walaupun tidak semua orang cocok dengan metode itu, Rx Breakup mampu memberikan dukungan kepada penggunanya. Setelah memakai aplikasi ini selama 30 hari, kamu seharusnya menjadi lebih baik secara emosional dibandingkan dengan di hari-hari awal.

2. Break-Up Boss

7 Aplikasi Ini Dirancang Khusus untuk Orang yang Baru Putus Cintahuffingtonpost.com

Ada pula Break-Up Boss, aplikasi yang dirancang oleh kolumnis Australia, Zoe Foster Blake. Tujuannya membuat aplikasi ini adalah untuk menghadapi putus cinta dan tidak membiarkannya mengontrolmu. Pengguna akan diminta untuk melakukan berbagai aktivitas konstruktif seperti bersosialisasi, menulis, dan belajar skill baru.

Terdapat berbagai fitur unik yang bisa kamu coba di Break-Up Boss. Contohnya “Feel Wheel”,  fitur yang membantumu untuk membongkar apa yang sebenarnya sedang kamu rasakan menjadi tulisan singkat dan motivasi.

Kangen dengan mantan? Kamu bisa mencoba fitur “send a text” yang memungkinkanmu mencurahkan emosi lewat pesan palsu ke mantan. 

3. Mend

7 Aplikasi Ini Dirancang Khusus untuk Orang yang Baru Putus Cintasidetrend.com

Mend dibuat oleh Elle Huerta saat ia baru saja putus dengan pasangannya. Ia merasa terisolasi dan akhirnya mendapatkan inspirasi untuk membuat aplikasi. Huerta merancang Mend agar berfungsi sebagai teman yang selalu ada saat putus cinta. 

Konsep yang ditawarkan adalah pengguna diminta untuk bermeditasi dan melakukan aktivitas selama 28 hari. Setiap harinya, Mend memberikan audio meditasi, aktivitas journaling, dan memintamu untuk menjawab pertanyaan mengenai hubunganmu. Setelah program selesai, kamu tetap bisa mendapatkan konseling dan pelatihan harian. 

Baca Juga: Ingin Kurangi Menggunakan Medsos? Coba Manfaatkan 7 Aplikasi Ini

4. Headspace

7 Aplikasi Ini Dirancang Khusus untuk Orang yang Baru Putus Cintaamazonaws.com

Di awal putus cinta, biasanya seseorang merasa kacau baik secara fisik maupun secara emosional. Untuk melalui hari-hari itu, kamu akan membutuhkan aplikasi Headspace. Aplikasi ini dirancang untuk meredakan kekacauan emosional dan mendorongmu untuk menjaga dirimu sendiri. 

Headspace menyediakan latihan pikiran yang memiliki tujuan berbeda-beda. Mulai dari mengurangi stres, kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan rasa percaya diri. Meditasi harus dilakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

5. Meetup

7 Aplikasi Ini Dirancang Khusus untuk Orang yang Baru Putus Cintameetupstatic.com

Apa yang biasa kamu lakukan setelah putus cinta? Kebanyakan orang akan menarik diri dari orang lain, tidur, makan sendirian di rumah, hingga menonton film sedih. Sebenarnya ini adalah cara yang buruk untuk menghadapi kesedihan karena kamu akan merasa kesepian. Untuk mengatasinya, kamu bisa install Meetup. 

Aplikasi ini akan menanyakan hal apa saja yang kamu sukai, apakah musik, teknologi, petualangan, dan lain-lain. Berbekal informasi tersebut, Meetup akan menyarankan berbagai klub yang relevan di sekitarmu. Dengan begitu, kamu bisa lebih terbuka dan melupakan kesedihanmu.

6. Killswitch

7 Aplikasi Ini Dirancang Khusus untuk Orang yang Baru Putus Cintawallstreetinsanity.com

Seseorang yang baru putus biasanya merasa sensitif ketika melihat kenangan bersama mantan, baik berupa barang pemberian, foto, dan lain-lain. Aplikasi Killswitch hadir untuk mengatasi hal tersebut.

Ia bisa menyembunyikan semua gambar, video, post di media sosial mengenai mantanmu. Semua file tersebut akan disimpan ke folder tersembunyi untuk mengantisipasi jika suatu hari kamu kembali lagi bersama mantanmu. 

7. Dating app atau aplikasi kencan online

7 Aplikasi Ini Dirancang Khusus untuk Orang yang Baru Putus Cintacloudfront.net

Jika kamu merasa sudah siap untuk memulai hubungan baru, maka kamu bisa install dating app atau aplikasi kencan online. Misalnya Tinder, RebounDate, Hinge, dan lain-lain. Aplikasi tersebut bisa membantumu untuk bertemu dengan orang-orang baru yang berpotensi menjadi pasanganmu di masa depan. 

Ingat, aplikasi tersebut hanya berfungsi sebagai sarana yang bisa membantumu bangkit. Hal yang terpenting untuk pulih dari patah hati adalah niat yang kuat.

Baca Juga: Ingin Solo Traveling? 5 Aplikasi Ini Siap Jadi Asisten Liburanmu

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You