Hemat Memori dan Kuota, 7 Aplikasi Lite Ini Paling Pas buat Anak Muda!

Gak ada lagi masalah HP lemot dan kehabisan kuota

Kehabisan memori handphone memang salah satu hal yang paling mengesalkan. Kamu harus tambah memori eksternal, menghapus file, dan bahkan uninstall aplikasi-aplikasi penting. Perusahaan aplikasi menyadari hal ini dan akhirnya mulai berbenah.

Solusi yang mereka tawarkan adalah aplikasi lite, versi mini dari aplikasi original. Mereka sangat ringan, terkadang ada yang hanya menghabiskan 1 megabyte. Aplikasi lite juga dirancang untuk tidak memakan banyak data. Ini karena ada beberapa fitur yang dikurangi.

Handphone-mu terlalu penuh saat ini? Atau kamu terganggu karena aplikasi yang menghabiskan kuota internet? Coba ganti aplikasi lamamu dengan aplikasi lite berikut ini.

1. Facebook Lite

Hemat Memori dan Kuota, 7 Aplikasi Lite Ini Paling Pas buat Anak Muda!businessinsider.com

Aplikasi Facebook terkenal dengan ukurannya yang besar dan menghabiskan daya baterai dengan cepat. Sebagian orang mengatasinya dengan mengakses Facebook melalui browser. Namun bagi kamu pengguna setia media sosial ini, coba beralihlah ke Facebook Lite.

Fitur intinya sangat mirip dengan aplikasi originalnya, dan bahkan dalam beberapa hal Facebook Lite lebih baik. Tampilannya dipangkas sehingga menjadi lebih sederhana. Selain itu, aplikasi ini juga anti-lemot.

2. Messenger Lite

Hemat Memori dan Kuota, 7 Aplikasi Lite Ini Paling Pas buat Anak Muda!dribbble.com

Messenger adalah aplikasi kirim pesan garapan Facebook. Alasan besar kamu harus menggantinya dengan Messenger Lite adalah tidak adanya fitur Messenger Day, fitur yang terinspirasi dari Snapchat.

Hanya saja kamu harus mengenali bahwa daftar chat di Messenger Lite berkebalikan dengan aplikasi originalnya. Keunggulan lain dari aplikasi lite yang satu ini adalah ia tidak mengonsumsi banyak data. Kamu tetap bisa mengirim gambar, tetapi fitur stiker, GIF, dan lainnya tidak tersedia.

3. Skype Lite

Hemat Memori dan Kuota, 7 Aplikasi Lite Ini Paling Pas buat Anak Muda!tnwcdn.com

Skype memiliki reputasi yang terkenal karena tidak dapat diandalkan. Ini karena aplikasi tersebut tidak hanya menghabiskan memori internal handphone, aplikasi tersebut juga menyerap banyak data. Namun Skype berhasil memberikan solusi berupa Skype Lite yang dirancang dengan bandwidth yang rendah, yaitu dengan jaringan 2G.

Baca Juga: Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik Bisa Kamu Pilih di Antara 7 Berikut!

4. YouTube Go

Hemat Memori dan Kuota, 7 Aplikasi Lite Ini Paling Pas buat Anak Muda!gnradar.com

YouTube Go, versi mini dari YouTube ini diluncurkan pada tahun 2016 dan tersedia di lebih dari 130 negara termasuk Indonesia. Aplikasi yang disederhanakan ini menawarkan fitur minimal tetapi tetap efektif menjalankan fungsinya.

Kamu bisa mengatur kualitas video yang akan kamu tonton sehingga penggunaan data lebih terkontrol. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah ia mampu mengirim video ke device lain menggunakan bluetooth

5. LINE Lite

Hemat Memori dan Kuota, 7 Aplikasi Lite Ini Paling Pas buat Anak Muda!line-apps.com

LINE adalah salah satu aplikasi kirim pesan yang memakan banyak memori handphone. Ini karena banyaknya fitur yang mengandalkan grafis seperti tampilan, stiker, emoji, dan bahkan fitur story yang baru dirilis. Untuk mengatasinya, LINE mengeluarkan aplikasi lite yang bisa menjadi alternatif untuk penggunanya. 

Semua fungsi dasar dari LINE dapat berjalan dengan baik di versi lite-nya. Kamu masih bisa mengakses chat, stiker, media, dan group chat. Keunggulan lainnya adalah kamu bisa melihat siapa saja yang membaca pesanmu di group chat.

6. Shazam Lite

Hemat Memori dan Kuota, 7 Aplikasi Lite Ini Paling Pas buat Anak Muda!wccftech.com

Shazam Lite memiliki berat kurang dari 1 megabyte dan bisa menjalankan fungsi utamanya, yaitu untuk mendeteksi judul lagu yang sedang kamu dengarkan. Tidak ada rekomendasi, popup, integrasi dengan aplikasi lain membuatnya semakin sederhana dan mudah untuk diakses.

Kamu hanya perlu membuka aplikasi, ketuk untuk Shazam, kemudian ia akan mendeteksi lagu. Tidak hanya itu, aplikasi lite ini memiliki mode offline. Kamu bisa memindai lagu bahkan ketika tidak ada koneksi internet. Shazam akan memberikan hasilnya nanti setelah kamu tersambung ke jaringan.

7. Opera Mini

Hemat Memori dan Kuota, 7 Aplikasi Lite Ini Paling Pas buat Anak Muda!mzstatic.com

Seperti namanya, Opera Mini adalah “adik” dari browser Opera. Ia didesain untuk membantumu mengakses internet tanpa menyedot banyak koneksi internet. Ada banyak fitur yang bisa membantumu. 

Kunjungi penghemat data atau built-in data saver, kamu bisa mengatur fitur yang ada di sana. Seperti menonaktifkan gambar berkualitas tinggi, mengoptimalkan video, download video untuk diputar offline, dan banyak lagi.

Dengan kehadiran aplikasi-aplikasi lite tersebut kamu bisa lebih menghemat memori dan kuota internet yang kamu miliki. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kesulitan Mencari Obat? Unduh 7 Aplikasi Apotek Online Terbaik Ini!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You