Comscore Tracker

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang, Jangan Panik!

Ada caranya kok untuk bisa kembali

WhatsApp kini menjadi salah satu aplikasi paling penting yang ada di smartphone masyarakat. Pasalnya, hampir semua komunikasi terjadi melalui platform ini. Terlebih lagi, banyak kontak penting yang juga tersimpan di dalamnya. 

Lalu bagaimana jadinya jika ada kontak WhatsApp yang tiba-tiba hilang atau tak sengaja terhapus? Tentu kita akan panik, kan?

Namun ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan kontak tersebut. Yuk, simak berikut ini!

1. Hapus cache di smartphone yang kamu gunakan

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang, Jangan Panik!online-tech-tips.com

Cara pertama adalah dengan menghapus cache di dalam smartphone kamu. Tujuan utama dari tindakan ini adalah untuk menghilangkan background file yang tersimpan ketika kita menjalankan aplikasi.

Selain itu, menghapus cache biasanya bisa mengembalikan aplikasi ke kondisi semula sehingga kamu bisa mencobanya untuk menemukan kontak yang hilang. Cara menghapus cache di setiap smartphone berbeda-beda.

Pada umumnya, kamu bisa menemukan opsi ini di Settings > Application manager > WhatsApp. Setelah itu pilih Clear cache dan restart perangkatmu. Biasanya kontak akan muncul kembali. 

2. Ubah setelan permission pada WhatsApp

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang, Jangan Panik!winudf.com

Sering kali, setelan permission atau izin untuk akses kontak pada WhatsApp bisa berubah dengan sendirinya. Jika ini terjadi, kontak yang tersimpan di perangkat tidak akan terdeteksi. 

Maka dari itu, jika ada kontak yang hilang, coba kamu buka Settings yang ada di smartphone. Pada pengaturan privasi, coba lihat aplikasi apa saja yang kamu izinkan untuk mengakses kontak. Jika toggle di sebelah WhatsApp tidak menyala, segera aktifkan. 

Sayangnya metode ini tidak selalu berhasil mengembalikan kontakmu yang hilang. Namun kamu bisa menerapkannya sebagai upaya pencegahan. 

3. Cari kontak melalui data backup yang pernah kamu lakukan

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang, Jangan Panik!macworld.co.uk

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, coba ingat-ingat pernahkah kamu melakukan backup data untuk WhatsApp? Jika iya, kamu beruntung karena kemungkinan besar kontakmu akan kembali dengan cara yang satu ini. 

Coba cari hasil backup tersebut di email atau Google Drive yang tersambung dengan smartphone kamu. Untuk memudahkan pencarian, format file yang digunakan adalah .vcf atau .csv. Setelah kamu menemukannya, download file tersebut dan bukalah di smartphone. Pilih opsi "Import from .vcf/.csv file", kemudian kontak yang hilang akan kembali lagi. 

Baca Juga: Cara Membaca Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus, Ternyata Mudah lho!

4. Cobalah aplikasi Recover Deleted Contacts

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang, Jangan Panik!play.google.com

Cara terakhir adalah dengan mencoba aplikasi bernama Recover Deleted Contacts yang tersedia untuk Android di Google Play Store. Setelah proses install selesai dan kamu telah memberikan izin akses, buka aplikasi tersebut. 

Klik tab Deleted yang tersedia di bagian atas. Menu tersebut akan menampilkan kontak-kontakmu yang telah terhapus sebelumnya. Untuk mengembalikannya, kamu hanya perlu menekan ikon tersebut.

Banyak orang yang telah mencoba cara ini dan mengaku berhasil, jadi silakan mencobanya. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini tidak akan bisa mengembalikan kontak yang sudah lama terhapus, ya. 

5. Cegah masalah ini dengan rajin backup data

Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang, Jangan Panik!androidauthority.net

Hilangnya kontak di WhatsApp memang sering membuat kita panik, terlebih jika itu adalah milik orang yang penting dan sulit didapatkan kembali. Maka dari itu, kamu harus mencegahnya agar tidak terjadi padamu. 

Caranya adalah dengan rajin backup data, terutama setelah menambahkan kontak-kontak baru. Untuk melakukannya, kamu perlu masuk ke Settings yang ada di smartphone. Kemudian cari menu backup dan nyalakan opsi backup ke Google Drive atau GMail.

Secara otomatis, kontak yang ada di smartphone akan tersalin. Walaupun begitu, kamu harus sering mengeceknya untuk memastikan proses backup tetap terus berlanjut. 

Mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang atau terhapus bukanlah perkara yang mudah. Pihak developer bahkan mengatakan bahwa mereka tak bisa membantu karena data tersebut tidak disimpan oleh perusahaan. Maka dari itu, jangan sepelekan perkara backup, ya! Jika dilakukan dengan rutin, hal ini akan sangat berguna untukmu. 

Baca Juga: Cara Buat Tulisan Unik di WhatsApp Tanpa App Lain, Chatting Jadi Seru!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya