Comscore Tracker

Cara Bikin Pesan Hilang Otomatis di WhatsApp, Privasi Terjaga

Pesanmu akan menghilang setelah 7 hari

Sebagai salah satu aplikasi chatting favorit masyarakat dunia, WhatsApp memiliki begitu banyak fitur unggulan. Sayangnya, hanya sedikit yang benar-benar dieksplor dan digunakan oleh pengguna secara luas. Salah satu fitur yang jarang mendapatkan perhatian adalah disappearing message atau yang diartikan sebagai 'pesan hilang'. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan yang akan terhapus secara otomatis setelah 7 hari. Kamu bisa menggunakannya baik untuk pesan individu maupun grup. Ingin tahu seperti apa cara menggunakan disappearing message atau fitur pesan hilang di WhatsApp? Simak berikut ini!

1. Ini hal-hal yang harus kamu ketahui ketika mengaktifkan disappearing message

Cara Bikin Pesan Hilang Otomatis di WhatsApp, Privasi Terjagailustrasi disappearing message di WhatsApp (macpoin.com)

Melalui laman resminya, WhatsApp telah menjabarkan penjelasan lengkap mengenai disappearing message atau fitur pesan menghilang. Berikut ini poin-poin penting yang harus kamu ketahui:

  • Dalam percakapan individual, setiap pihak bisa mengaktifkan dan menonaktifkan disappearing message;
  • Sementara dalam grup, hanya admin yang bisa mengotak-atik fitur ini;
  • Disappearing message merupakan pesan yang akan terhapus atau menghilang otomatis setelah 7 hari dari waktu dikirimkan;
  • Semua jenis pesan bisa dikirimkan dengan fitur ini, termasuk media, lokasi, dan lain seabagainya;
  • Jika pengguna tidak membuka WhatsApp dalam waktu 7 hari, pesan tetap menghilang. Namun preview yang ada di notifikasi mungkin masih bisa ditampilkan;
  • Ketika kamu membalas atau reply pesan dalam mode disappearing message, kutipannya tetap bisa terbaca meskipun sudah lewat 7 hari;
  • Ketika kamu meneruskan atau forward pesan dalam mode disappearing message ke chat lain yang tidak menggunakan fitur tersebut, pesan tidak akan terhapus di chat room tujuan;
  • Disappearing message tetap hilang walaupun kamu telah melakukan backup

2. Kamu sebaiknya menggunakan fitur ini dengan orang yang terpercaya

Cara Bikin Pesan Hilang Otomatis di WhatsApp, Privasi Terjagailustrasi penggunaan WhatsApp (pexels.com/Anton)

WhatsApp mengimbau agar kamu menggunakan disappearing message dengan orang yang dikenal dan telah kamu percaya. Kenapa? Sebab fitur tersebut masih memiliki beberapa celah, di antaranya:

  • Pengguna tetap bisa forward pesan tersebut ke orang lain sebelum menghilang;
  • Screenshot masih dimungkinkan;
  • Copy pesan dan menyimpan media juga bisa dilakukan sebelum pesan terhapus. 

3. Aktifkan fitur terlebih dahulu

Cara Bikin Pesan Hilang Otomatis di WhatsApp, Privasi Terjagacara mengaktifkan disappearing message di WhatsApp (Dok. WhatsApp)

Sebelum mengirimkan pesan, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang disappearing message. Pertama, kamu harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Kedua, fitur ini hanya bisa dipakai per kontak. 

Misalnya, kamu ingin bertukar pesan hilang dengan si A. Kamu harus mengaktifkan disappearing message pada kontak yang bersangkutan. Jadi, fitur ini tidak bisa diaktifkan sekaligus untuk semua temanmu di WhatsApp. 

Berikut ini cara mengaktifkannya untuk pesan-pesan pribadi:

  1. Pastikan kamu telah update WhatsApp ke versi terbaru;
  2. Buka WhatsApp, buka chat room dengan kontak yang ingin kamu pilih;
  3. Klik pada nama atau informasi kontak tersebut;
  4. Scroll ke bawah hingga menemukan "Disappearing Message" atau "Pesan Menghilang";
  5. Klik menu tersebut, kemudian pilih "On". 

Baca Juga: Cara Mudah Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus, Pasti Berhasil!

4. Kamu juga bisa mengaktifkannya untuk grup

Cara Bikin Pesan Hilang Otomatis di WhatsApp, Privasi Terjagailustrasi disappearing message di WhatsApp (guidingtech.com)

Fitur disappearing message juga bisa kamu pakai untuk berkirim pesan di grup, lho. Syaratnya, kamu harus menjadi admin terlebih dahulu. Sebab hanya merekalah yang bisa mengotak-atik pengaturan di grup. Berikut ini cara mengaktifkannya:

  1. Pilih grup yang ingin kamu tuju (harus satu per satu);
  2. Buka nama grup tersebut;
  3. Pilih menu "Disappearing Message" atau "Pesan Menghilang";
  4. Klik "On".

5. Apa yang terjadi setelah fitur itu aktif?

Cara Bikin Pesan Hilang Otomatis di WhatsApp, Privasi Terjaganotifikasi di chat room setelah disappearing message aktif (Dok. WhatsApp)

Sekarang kamu sudah mengaktifkan disappearing message, lalu apa langkah selanjutnya? Jika diperhatikan, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa fitur tersebut telah aktif di bawah pesan terakhir setiap chat room. Contohnya seperti gambar di atas. 

Ini berarti bahwa mulai sekarang, setiap pesan yang kamu kirim dan terima dari temanmu akan terhapus otomatis setelah 7 hari. Kamu tidak perlu melakukan perintah apa-apa lagi setelahnya. Sederhana, kan? 

6. Cara menonaktifkan disappearing message

Cara Bikin Pesan Hilang Otomatis di WhatsApp, Privasi Terjagacara menonaktifkan disappearing message di WhatsApp (reviewtech.in)

Nah, setelah kamu selesai menggunakan disappearing message, kamu bisa mematikannya agar pesan kembali normal. Berikut ini caranya, baik untuk chat individual maupun grup:

  1. Buka WhatsApp, bukalah chat room yang ingin kamu nonaktifkan disappearing message-nya;
  2. Scroll ke bawah hingga menemukan "Disappearing Message";
  3. Klik "Off". 

Setelahnya, semua pesan yang kamu kirimkan tidak akan terhapus atau menghilang secara otomatis. 

Begitulah cara mengaktifkan dan mengirimkan chat dengan mode disappearing message atau pesan menghilang. Yuk, coba dengan teman-temanmu sekarang!

Baca Juga: 7 Aplikasi WhatsApp MOD Terbaik, dari GBWhatsApp hingga YoWhatsApp

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya