Comscore Tracker

Ini Cara Algoritma Tinder Bekerja untuk Mencarikan Kamu Pasangan Hidup

Swipe left, swipe right, match!

Siapa yang suka main Tinder? Atau kamu pernah mendapatkan pasangan lewat Tinder?

Tinder memang menjadi salah satu pelopor penyedia layanan aplikasi online. Aplikasi tersebut sangat populer dan telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store.

Menggunakan Tinder memang mudah. Kamu tinggal bermodalkan kuota internet. Setelah membuat akun, aplikasi tersebut akan menampilkan calon-calon yang mereka pilihkan untuk kamu. Cukup swipe-left (usap kiri) jika kamu tidak tertarik dengan mereka, dan swipe-right (usap kanan) jika kamu ingin berkenalan.

Ini Cara Algoritma Tinder Bekerja untuk Mencarikan Kamu Pasangan Hidupgfycat.com

Banyak orang yang menemukan pasangan melalui aplikasi tersebut. Dilansir dari situs resminya, Tinder telah mencocokkan 20 juta pasangan untuk berkencan.

Apakah kamu penasaran bagaimana cara mereka mencarikan calon pasangan yang cocok untuk kamu? Dilansir dari berbagai sumber, simak penjelasannya berikut ini!

1. Saat awal beroperasi, Tinder merangking para penggunanya

Ini Cara Algoritma Tinder Bekerja untuk Mencarikan Kamu Pasangan Hidupglobaldatinginsights.com

Dulunya, Tinder menggunakan Elo rating system atau skor Elo. Sistem penilaian ini biasa digunakan sebagai metode mengukur kemampuan catur seseorang.

Pengguna akan diranking berdasarkan yang paling banyak menerima swipe-right hingga yang paling sedikit.  Sistem ini akan membantu Tinder untuk memunculkan calon-calon untukmu berdasarkan kesesuaian skor. Namun skor ini disembunyikan dari publik.

2. Calon yang ditampilkan Tinder memiliki skor yang sama denganmu

Ini Cara Algoritma Tinder Bekerja untuk Mencarikan Kamu Pasangan Hidupthedailybeast.com

Profil-profil yang muncul di aplikasimu adalah orang yang memiliki skor Elo yang sama dengan kamu. Tinder mengasumsikan bahwa orang-orang tersebut memiliki tingkat “keinginan” yang sama dengan menggabungkan algoritma yang lebih kompleks.

Sean Rad, CEO Tinder mengatakan bahwa untuk membangun sistem tersebut, timnya membutuhkan waktu kurang lebih dua setengah bulan karena faktor yang terlibat cukup banyak. Faktor-faktor tersebut dapat meliputi banyak swipe-right, swipe-left, lokasi, ketertarikan, pendidikan, dan lain-lain.

3. Skor Elo sudah tidak lagi dipakai, kini Tinder beralih ke sistem yang baru

Ini Cara Algoritma Tinder Bekerja untuk Mencarikan Kamu Pasangan Hidupcloudfront.net

Teknologi baru tersebut tidak dijelaskan secara detail. Namun, sistem baru yang digunakan adalah pengembangan dari skor Elo.

Mereka telah menciptakan teknologi yang lebih kompleks dan lebih akurat daripada meranking para pengguna. Selain itu, sistem perankingan dinilai terlalu berdasarkan pada penampilan

Baca Juga: 6 Aplikasi Ini Perlu Ada di Smartphone Kamu Sebelum Traveling

4. Algoritma baru Tinder

Ini Cara Algoritma Tinder Bekerja untuk Mencarikan Kamu Pasangan Hidupknowitallnancy.com

Makin banyaknya pengguna Tinder membantu tim pengembangan untuk membuat sistem yang lebih baik. Kini setiap pengguna memiliki riwayat tentang siapa saja yang tertarik pada mereka, orang seperti apa yang mereka suka, sehingga Tinder akan mencarikan calon pasangan dengan karakter yang mirip. Algoritma baru ini tidak serta-merta meranking orang secara kompetitif.

Selain itu, Tinder juga mencari pasangan berdasarkan dengan kesamaan preferensi kamu dengan orang lain. Misalnya, kamu menyukai laki-laki A. Kemudian ada perempuan B menyukai laki-laki A juga.

Tinder akan membaca bahwa kamu dan B memiliki preferensi pasangan yang mirip. Profil-profil yang ditampilkan di B kemudian akan ditampilkan ke kamu juga. Begitu pula sebaliknya.

5. Tinder akan mengacak ulang calon-calon pasangan dalam waktu 24 jam

Ini Cara Algoritma Tinder Bekerja untuk Mencarikan Kamu Pasangan Hidupforeigngirlfriend.com

Dalam sehari, aplikasi kencan online ini akan memberikan setiap pengguna sederet profil yang berpotensi untuk mereka sukai. Setiap harinya, tim Tinder memberikan profil-profil baru sehingga kamu tidak akan menemui profil yang sama.

6. Perusahaan Tinder menyatakan bahwa keaktifan pengguna adalah hal penting

Ini Cara Algoritma Tinder Bekerja untuk Mencarikan Kamu Pasangan Hidupsuperchatlines.com

Menurut situs resminya, semakin aktif seorang pengguna semakin tinggi kesempatan untuk mendapatkan match. Orang-orang yang paling aktif akan ditempatkan di urutan depan dan tengah. Namun faktor ini bukan faktor utama karena Tinder tetap mempertimbangkan tingkat kesesuaian seseorang untuk kamu.

7. Fitur premium bisa membuat profil kamu lebih menonjol

Ini Cara Algoritma Tinder Bekerja untuk Mencarikan Kamu Pasangan Hidupvimby.com

Walaupun menyediakan layanan gratis, kamu juga bisa mengakses fitur premium berbayarnya. Fitur tersebut bisa membuat kamu melewati semua algoritma. Ini bisa kamu dapatkan dalam bentuk Super Like atau profile boost.

Super Like akan membuat profil kamu ditempatkan di urutan atas dalam aplikasi orang yang kamu suka. Sedangkan profile boost adalah fitur yang memungkinkan profil kamu berada di urutan atas setiap pengguna dalam waktu 30 menit. Fitur-fitur berbayar tersebut memungkinkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak match.

Ini Cara Algoritma Tinder Bekerja untuk Mencarikan Kamu Pasangan Hidupwired.com

Kini mencari pasangan bisa lebih mudah dengan aplikasi kencan online. Apakah kamu salah  satu pengguna aktifnya?

Baca Juga: Jangan Ngaku KPopers Sejati Kalau Belum Unduh 5 Aplikasi Ini

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You