Comscore Tracker

Media Sosial Bangkrut, ke Mana Data Pengguna? Ini 7 Kemungkinannya!

Wah, jangan sampai terjadi ya

Banyak orang yang membagikan informasi pribadinya di media sosial. Mulai dari nama lengkap, email, gender, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, hingga alamat rumah. Hal ini tidak bisa dihindari karena media sosial sering kali mendorong penggunanya untuk mengisi data diri secara lengkap.

Sebagian dari kita mungkin sudah tahu bahwa hal ini akan mengancam privasi diri sendiri. Mengingat pengguna sendiri tidak tahu data-data tersebut digunakan untuk apa dan dimiliki oleh siapa. Apakah kita sebagai pengguna atau justru menjadi milik penyedia platform.

Membahas mengenai kepemilikan tersebut, pernahkah terlintas di pikiranmu apa yang akan terjadi jika media sosial yang kita gunakan itu tutup atau bangkrut? Kira-kira apa yang terjadi pada jutaan data pribadi penggunanya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

1. Ada kemungkinan data pribadi akan menjadi sampah di internet

Media Sosial Bangkrut, ke Mana Data Pengguna? Ini 7 Kemungkinannya!suntechrecycle.com

Saat platform media sosial tidak beroperasi lagi, semua informasi yang ada di dalamnya boleh jadi menumpuk di tempat pembuangan data yang ada di internet. Dilansir dari Forbes, pada Februari lalu, ditemukan lebih dari 770 juta detail akun menumpuk sebagai sampah digital. Total data yang mencapai 845 GB tersebut berasal dari akun-akun tidak terpakai dan akun yang diretas oleh hacker

2. Apa yang terjadi jika data menjadi sampah di internet?

Media Sosial Bangkrut, ke Mana Data Pengguna? Ini 7 Kemungkinannya!suntechrecycle.com

Kemungkinan pertama ini terjadi jika media sosial yang bangkrut tersebut sudah tidak peduli lagi atau tidak memiliki dana untuk menghapus data-data yang ada di dalamnya. Jika hal ini yang terjadi, maka pengguna pantas untuk merasa khawatir. Sebab ada kemungkinan data-data mereka disalahgunakan oleh hacker atau pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Toh tumpukan sampah tersebut sudah tidak bertuan lagi. 

3. Ada kemungkinan perusahaan yang bangkrut dibeli oleh perusahaan lain

Media Sosial Bangkrut, ke Mana Data Pengguna? Ini 7 Kemungkinannya!entrepreneur.com

Jika media sosial yang bangkrut cukup berpotensi dan memiliki banyak pengguna, kemungkinan besar ia akan diakuisisi oleh perusahaan lainnya. Hal ini terjadi pada Yahoo yang diakuisisi oleh perusahaan telekomunikasi, Verizon di tahun 2017.

Lalu apa yang akan terjadi pada data penggunanya? Kemungkinan besar, mereka akan menjadi hak milik perusahaan baru seperti yang terjadi pada Yahoo Mail. 

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Privasi di Media Sosial, Millennial Wajib Tahu!

4. Data pribadi pengguna bisa dijual ke perusahaan lain

Media Sosial Bangkrut, ke Mana Data Pengguna? Ini 7 Kemungkinannya!medicalnewstoday.com

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa banyak media sosial dan situs lain di internet menjual data pengguna kepada perusahaan lain untuk kepentingan komersial. Itulah kenapa iklan yang kita dapatkan di internet relevan dengan preferensi kita. Saat bangkrut boleh jadi perusahaan media sosial melakukan hal ini secara besar-besaran untuk mendapatkan profit.

5. Boleh jadi data pribadi kita akan hilang selamanya

Media Sosial Bangkrut, ke Mana Data Pengguna? Ini 7 Kemungkinannya!home.bt.com

Kemungkinan ini adalah yang paling aman dibandingkan yang lainnya. Jika perusahaan tidak diakuisisi, mereka kemungkinan akan melakukan pembersihan secara besar-besaran. Semua informasi dihilangkan, termasuk data pribadi penggunanya. Maka dari itu, berharaplah hal ini yang akan terjadi jika media sosial yang kita gunakan bangkrut di kemudian hari.

6. Perusahaan yang baik akan memberi tahu pengguna jika mereka akan berhenti beroperasi

Media Sosial Bangkrut, ke Mana Data Pengguna? Ini 7 Kemungkinannya!whiteelephantcrap.com

Pada umumnya perusahaan media sosial akan memberi tahu pengguna jika mereka bangkrut atau menghentikan layanannya. Tidak hanya itu, perusahaan yang baik akan memberi tahu langkah apa yang sebaiknya dilakukan oleh penggunanya terkait dengan data pribadi. Apakah pengguna harus menghapus akun, atau perusahaan yang akan membersihkan data tersebut.

7. Pengguna harus pintar dalam menggunakan media sosial

Media Sosial Bangkrut, ke Mana Data Pengguna? Ini 7 Kemungkinannya!picdn.net

Teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Itulah kenapa selalu ada perubahan terutama di internet. Jangankan media sosial, perusahaan besar seperti Yahoo pun bisa bangkrut, karena kalah bersaing dan faktor-faktor lainnya. Melihat adanya kemungkinan ini, pengguna media sosial harus pintar dalam menyeleksi informasi apa yang dibagikan di platform tersebut.

Jika kamu pengguna aktif media sosial, coba lihat seberapa lengkap informasi yang kamu bagikan. Jangan mencantumkan nomor telepon pribadi dan lokasi di sana. Tidak hanya itu, jika ada kabar resmi bahwa media sosial yang kamu gunakan segera berhenti beroperasi, sebaiknya deactivate akunmu. Ini untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga: 7 Aplikasi Ini Akan Membuatmu Fokus dan Terhindar dari Media Sosial

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya