Comscore Tracker

Mudik Online TikTok, Solusi "Pulang Kampung" Aman untuk Cegah COVID-19

#RamadanDiRumah Sayangi keluargamu dengan tidak mudik

Ramadan yang serba berbeda karena pandemik akan segera berakhir. Itu artinya, kita akan menghadapi Hari Raya Idulfitri yang tak kalah berbedanya pula. Tradisi mudik pun tak bisa dijalankan karena adanya larangan untuk ke kampung halaman dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di berbagai wilayah.

Tentu ini adalah hal yang berat bagi semua warga Indonesia mengingat mudik adalah ajang bersilaturahmi dengan keluarga besar yang hanya bisa dilakukan setahun sekali. Namun kita harus menjalaninya sebaik mungkin untuk menekan laju penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Untuk mendukung hal ini, TikTok yang bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengadakan kampanye bertajuk "Mudik Online". Iya, kamu tak salah baca, mudik secara online. Bisakah kamu membayangkan bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut inI!

1. Program Mudik Online diluncurkan karena banyak orang yang tidak bisa pulang ke kampung halaman

Mudik Online TikTok, Solusi Pulang Kampung Aman untuk Cegah COVID-19TikTok

Melalui konferensi pers virtual pada Senin (18/5), Head of Content and User Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra mengatakan bahwa program Mudik Online digagas melihat banyaknya warga yang tidak bisa bertemu dengan keluarga di Idulfitri kali ini. 

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa Mudik Online juga selaras dengan anjuran pemerintah, yaitu untuk menunda mudik demi menjaga kesehatan orang-orang tercinta di rumah. 

Sesuai dengan karakteristik dari platform tersebut, TikTok ingin mendorong para kreator dan penggunanya untuk membuat video-video singkat dengan tagar #MudikOnline. Lalu video seperti apa yang bisa dibuat? 

2. TikTok telah menyiapkan berbagai fitur menarik agar pengguna turut meramaikan #MudikOnline

Mudik Online TikTok, Solusi Pulang Kampung Aman untuk Cegah COVID-19TikTok

Head of Public Policy TikTok Indonesia, Malaysia, dan The Philippines Donny Eryastha menuturkan bahwa ada berbagai macam video yang bisa dibuat dengan #MudikOnline. Intinya, TikTok mendorong pengguna untuk tetap kreatif walaupun di rumah saja.

“Kita ingin mengajak pengguna TikTok untuk membuat video yg menunjukkan sedang di rumah, misalnya saja lagi komunikasi dengan orang-orang di kampung, mempersiapkan lebaran, bersih-bersih rumah. Intinya tidak mudik, mudiknya dilakukan secara online saja,” kata Donny.

Menurut data yang mereka paparkan, #MudikOnline telah mendapatkan views sebanyak 56 juta hingga Senin (18/5). TikTok juga telah menyediakan berbagai backsound, green screen, dan fitur lain yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuat video yang menarik.

Diharapkan, hal ini bisa semakin mendorong pengguna lain untuk menemukan hal-hal seru yang bisa dilakukan walaupun tidak pulang ke kampung halaman.

Baca Juga: Kamu Masih Bisa Buka Puasa Bareng Temanmu kok, Coba 10 Aplikasi Ini!

3. Berkolaborasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19

Mudik Online TikTok, Solusi Pulang Kampung Aman untuk Cegah COVID-19TikTok

Tak cukup sampai di situ saja, kali ini TikTok menggandeng Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk sama-sama mempromosikan program Mudik Online. Pasalnya program ini selaras dengan anjuran yang mereka gaungkan kepada masyarakat selama ini.

Deputi Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan mewakili Gugus Tugas Penanganan COVID-19 mengatakan bahwa mereka berharap masyarakat masih mau patuh untuk tidak mudik. Ia menambahkan bahwa program ini bisa menjadi salah satu solusi untuk absennya tradisi tersebut. 

“Mari kita saling bantu, saling dukung satu sama lain, agar penyebaran covid ini bisa ditekan sedemikian rupa sehingga kita bisa kembali ke normal. Mudik online yang dilaksanakan oleh TikTok ini dapat membantu, memberikan solusi, kalau mereka di rumah harus ngapain saja sehingga tidak bosan,” kata Lilik

4. Harapannya, #MudikOnline bisa membantu menekan penyebaran COVID-19

Mudik Online TikTok, Solusi Pulang Kampung Aman untuk Cegah COVID-19TikTok

Pihak TikTok mengungkapkan bahwa ini adalah kontribusi kecil yang bisa mereka lakukan untuk membantu menekan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Mereka berharap melalui #MudikOnline, masyarakat bisa tergerak untuk tidak mudik di lebaran tahun ini. 

“Kami berharap dari program ini TikTok bisa menjadi wadah untuk saling menyemangati walaupun di rumah saja, lewat platform digital,” tutup Angga. 

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN: Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com (http://kitabisa.com/kitaidnlawancorona)

Baca Juga: 7 Aplikasi Penghasil Uang Saku, Mudah dan Cepat Bisa Tambah THR

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya