Comscore Tracker

Review Aplikasi IDN App untuk Android dan iOS, Baca Berita Jadi Mudah!

Yuk, download dan update aplikasimu untuk dapat fitur baru!

Di zaman sekarang ini, kebiasaan masyarakat dalam mengakses berita sudah mulai bergeser. Dari media konvensional ke situs berita, kemudian kini mulai masuk ke zamannya aplikasi. 

Salah satu aplikasi baca berita yang populer di Indonesia adalah IDN Times yang kini berganti nama menjadi IDN App. Ia menggunakan tampilan yang lebih fresh dan cocok untuk Millennials dan Gen Z. Ada pula berbagai fitur baru yang layak coba. Berikut ini ulasannya!

1. Tampilan newsfeed yang simpel dan jelas

Review Aplikasi IDN App untuk Android dan iOS, Baca Berita Jadi Mudah!IDN Times/Izza Namira

Saat pertama kali membuka aplikasi, pengguna akan disuguhi newsfeed dengan navigasi scroll. Ini adalah keunggulan pertama yang dimiliki oleh IDN App. Kita jadi tak perlu repot-repot klik untuk memproses deretan berita berikutnya. 

Bukan hanya itu, dengan memasang IDN App, kamu tidak perlu takut ketinggalan informasi terbaru. Sebab semua berita populer, terbaru, dan pilihan redaksi tersajikan dalam satu newsfeed.

2. Ada beberapa section yang bisa diakses pada newsfeed

Review Aplikasi IDN App untuk Android dan iOS, Baca Berita Jadi Mudah!IDN Times/Izza Namira

Jika kamu sudah memasang IDN App, kamu pasti tahu bahwa ada beberapa pilihan section di newsfeed. Namun apakah kamu sudah tahu fungsi dari masing-masingnya? Jika belum, berikut ini ulasannya:

  • Semua: merupakan berita dan artikel pilihan dari redaksi IDN Times;
  • Untukmu: dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan artikel dari topik yang kamu pilih;
  • Event: akan ada event menulis dan lain-lain yang bisa kamu ikuti;
  • Terbaru: informasi terkini yang perlu kamu ketahui;
  • Topik: memuat kanal-kanal yang ada di IDN Times, mulai dari Hype hingga Opinion;
  • Populer: semua berita yang sedang ramai dan trending di IDN Times;
  • Unik: berisi informasi menarik yang akan menambah pengetahuan dan menghiburmu.

Nah, dengan pembagian section tersebut, pembaca bisa mengakses berita yang diinginkan dengan mudah. Yang ingin membaca hard news, bisa langsung klik Terbaru dan Semua atau masuk ke topik News. Sedangkan jika ingin membaca artikel feature yang lebih ringan, bisa akses Populer, Unik, dan topik lainnya.

3. Bisa memilih topik yang kita inginkan

Review Aplikasi IDN App untuk Android dan iOS, Baca Berita Jadi Mudah!IDN Times/Izza Namira

Sekarang ini, topik apa yang paling kamu sukai? Apakah lifestyle, kesehatan, teknologi, atau hiburan? Di IDN App, kamu bisa memilih topik apa saja yang kamu sukai. Hasilnya, kamu akan mendapatkan lebih banyak informasi seputar itu. 

Kamu juga bisa kok menggantinya jika preferensimu berubah. Cukup masuk ke laman Topik, kemudian klik ikon di pojok kanan atas. Di sana, kamu bisa menghapus dan menambahkan topik favoritmu.

4. Fitur baca artikel yang lebih beragam

Review Aplikasi IDN App untuk Android dan iOS, Baca Berita Jadi Mudah!IDN Times/Izza Namira

Ada beberapa fitur tambahan yang bisa memudahkan kita membaca dan mengakses artikel di IDN App. Pertama, kita bisa menyimpan atau bookmark artikel untuk dibaca lagi nantinya. Cukup klik ikon di pojok kanan bawah. Untuk mengaksesnya lagi, kita hanya perlu membukanya di bagian profil.

Selain itu, jika kita memiliki topik spesifik yang ingin dibaca, cukup mengetikkannya di kolom pencarian. Semua artikel yang mengandung keyword dan berhubungan dengannya akan ditampilkan. 

IDN App juga bisa menampilkan histori baca. Namun fitur ini terbatas hingga sepuluh artikel terakhir saja. Berikutnya, kita juga bisa follow penulis-penulis favorit. Kita akan mendapatkan notifikasi setiap kali mereka menerbitkan artikel. Tak perlu ketinggalan lagi, deh!

Baca Juga: Masih Ingat Gak? Ini 10 Aplikasi Chatting yang Populer di 2000-an!

5. Ada night mode juga, lho!

Review Aplikasi IDN App untuk Android dan iOS, Baca Berita Jadi Mudah!IDN Times/Izza Namira

Sekarang ini, night mode adalah fitur yang sedang tren di berbagai aplikasi. Banyak media sosial yang telah menerapkannya. Nah, untuk kamu yang suka banget menggunakan night mode, fitur itu kini tersedia di IDN App. 

Pengalaman membaca dengan night mode cukup berbeda dari day mode. Latar belakang gelap dengan tulisan berwarna putih bisa membuat kita betah berlama-lama baca artikel. Desain tampilan pun terlihat jauh lebih trendi dengan aksen merah di beberapa tempat.

6. Tak ada iklan yang mengganggu

Review Aplikasi IDN App untuk Android dan iOS, Baca Berita Jadi Mudah!IDN Times/Izza Namira

Keunggulan lain yang patut diacungi jempol dari IDN App adalah tidak adanya iklan yang mengganggu. Kamu pasti sering kesal kan, saat sedang asyik membaca tiba-tiba tulisan tertutup oleh banner iklan. 

Kamu tidak akan mengalami hal tersebut jika membaca melalui IDN App sejauh ini. Pengalaman baca pun semakin smooth dan tanpa gangguan. Jadi makin betah berlama-lama mengeksplor artikel.

Tak hanya itu, IDN App juga tidak menyedot banyak kuota. Penulis mengakses aplikasi tersebut selama kurang lebih satu jam secara aktif. Tercatat, kuota yang terpakai hanya 10,5MB saja. 

7. Pengguna bisa tulis artikel di IDN App

Review Aplikasi IDN App untuk Android dan iOS, Baca Berita Jadi Mudah!IDN Times/Izza Namira

Tidak hanya untuk membaca saja, IDN App juga bisa digunakan untuk menulis artikel kita sendiri. Sebelumnya, pengguna harus registrasi terlebih dahulu. Kemudian, cukup klik ikon pensil yang ada di bagian tengah aplikasi. Kamu akan masuk ke laman penulisan community writer. 

Fitur-fitur penulisannya pun mudah untuk dioperasikan. Pengguna tidak perlu bingung memikirkan struktur artikel karena semuanya telah tersedia. Jadi, kita tinggal mengisi kolom-kolom isian tersebut. 

Dengan menulis di IDN App, kita pun berkesempatan untuk mengumpulkan poin. Semakin banyak artikel dan views yang didapatkan, semakin banyak pula poin yang kita kantongi. Nantinya, ketika telah terkumpul, poin bisa ditukarkan dengan uang. Menarik, kan?

8. Redeem dan klaim poin untuk community writer jadi lebih praktis

Review Aplikasi IDN App untuk Android dan iOS, Baca Berita Jadi Mudah!IDN Times/Izza Namira

Sebelumnya, redeem dan klaim poin biasa dilakukan via email. Namun sekarang, para community writer bisa melakukannya melalui IDN App. Cukup masuk ke profil, kemudian klik tombol Redeem. Setelah itu, admin akan memprosesnya agar uang segera masuk ke rekeningmu. 

Hadirnya fitur ini di dalam aplikasi membuat proses redeem dan klaim semakin mudah. Kita tak perlu lagi kirim email dan menunggu balasan dari admin untuk melakukannya.

Itulah review singkat mengenai IDN App berdasarkan pengalaman penulis dalam mengaksesnya. Overall, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk Millennials dan Gen Z.  Navigasinya smooth, tampilan minimalis tapi menarik, serta ada banyak fitur yang bisa memudahkan pengalaman baca.

Kamu bisa mengunduh IDN App secara gratis di Play Store dan App Store, lho! Tinggal kunjungi tautan ini: http://onelink.to/s2mwkb Jika kamu sudah memiliki aplikasi IDN Times sebelumnya, jangan lupa update untuk mendapatkan fitur-fitur di atas, ya!

Beberapa hape akan mengalami kendala untuk sementara waktu, tapi akan segera dibenahi. Jika kamu kesulitan untuk masuk, pastikan kamu logout terlebih dulu, kemudian login kembali. Selamat mencoba dan have fun!

Baca Juga: 7 Aplikasi Baca Berita Terbaik untuk Android, Bisa Akses di Mana Saja

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Yogie Fadila

Just For You