Comscore Tracker

Coba Gunakan 7 Tools Google yang Jarang Diketahui Orang Ini, Menarik!

Kamu sudah pernah coba belum?

Google memang rajanya internet. Didirikan pada tahun 1995, perusahaan ini memiliki misi untuk mengorganisasi informasi di internet yang jumlahnya tidak terbatas. Dimulai dari situ, Google kini memiliki banyak produk yang melayani berbagai aspek kehidupan manusia.

Bukan hanya mesin pencari, perusahaan ini sebenarnya telah membuat beragam tools yang inovatif dan kreatif. Namun sayangnya tidak banyak dari kita yang menyadari keberadaan mereka. Contohnya adalah tujuh alat berikut ini. 

1. Google Jigsaw

Coba Gunakan 7 Tools Google yang Jarang Diketahui Orang Ini, Menarik!caracaschronicles.com

Google rupanya menyadari kelemahan yang sering menjadi komplain pengguna, yaitu sekuritas atau keamanan. Untuk meresponsnya, mereka pun membuat Google Jigsaw. Tujuan pembuatan alat ini adalah untuk membuat pengguna internet sadar akan ancaman keamanan di dunia siber. 

Dikutip dari laman resminya, para inisiator Jigsaw terdiri dari insinyur, ilmuwan, peneliti, desainer, dan para ahli kebijakan. Ada sejumlah proyek Jigsaw yang sedang berjalan. Di antaranya adalah Project Shield, Password Alert, Unfiltered News, dan lainnya. Kamu juga bisa ikut berpartisipasi dengan subscribe secara gratis melalui lamannya.

2. Google Sky

Coba Gunakan 7 Tools Google yang Jarang Diketahui Orang Ini, Menarik!makeuseof.com

Selain Google Earth, ternyata ada pula Google Sky. Alat ini pada dasarnya merupakan perpanjangan dari Google Maps. Seperti namanya, Google Sky memungkinkan penggunanya untuk menjelajahi luar angkasa. 

Ada banyak hal yang bisa kamu amati. Mulai dari bintang, bulan, planet, rasi bintang, asteroid, dan lain-lain. Kamu bisa mengaturnya agar terlihat lebih dekat. Fitur lain yang menarik adalah kamu juga bisa mencari benda angkasa yang membuatmu penasaran.

3. Google News Lab

Coba Gunakan 7 Tools Google yang Jarang Diketahui Orang Ini, Menarik!techcrunch.com

Diluncurkan pada tahun 2015, Google News Lab adalah alat yang memungkinkan jurnalis dan entrepreneur untuk membangun masa depan media. Bagaimana caranya? Google akan menawarkan alat dan edukasi bagi jurnalis untuk meningkatkan kualitas tulisan mereka. 

Ada empat tahap pelaporan yang didukung oleh News Lab. Mulai dari tahap riset, produksi, distribusi, dan optimasi. Contohnya di tahap riset, jurnalis bisa menggunakan Google Trends, Google Public Data Explorer, Google News Archive, dan Consumer Surveys. Jurnalis akan diberikan pelatihan bagaimana cara penggunaan masing-masing alat.

Baca Juga: Mengenal Google Fit, Aplikasi Pemantau Kebugaran dalam Genggaman 

4. Google Arts and Culture

Coba Gunakan 7 Tools Google yang Jarang Diketahui Orang Ini, Menarik!aolcdn.com

Dikenal juga sebagai Google Cultural Institute, alat ini adalah salah satu sumber informasi seni paling lengkap di dunia maya. Proyek ini merupakan kolaborasi antara Google dengan museum dan perpustakaan di seluruh dunia. 

Tujuannya agar masyarakat penggemar seni bisa mengakses museum, karya seni, artefak, dan informasi seputar seni lain dari rumahnya sendiri. Selain mengakomodasi kebutuhan khalayak, Google Arts and Culture juga memfasilitasi institusi seni untuk promosi. 

5. Google Trusted Contacts

Coba Gunakan 7 Tools Google yang Jarang Diketahui Orang Ini, Menarik!aolcdn.com

Google Trusted Contacts adalah aplikasi keamanan yang bisa digunakan untuk mengetahui keberadaan orang-orang terdekatmu. Laman resminya mengatakan bahwa tujuan resmi Trusted Contacts dibuat adalah agar kamu tetap terkoneksi dengan keluargamu tak peduli apa pun yang terjadi. 

Masing-masing anggota keluarga bisa membagikan lokasi secara real time dengan aplikasi Google Trusted Contacts. Jika terlibat dalam situasi di mana kamu tidak bisa memegang handphone, aplikasi ini akan membagikan lokasi secara otomatis kepada keluargamu. Dengan begitu mereka akan mudah melacakmu.

6. Google Street View Trek

Coba Gunakan 7 Tools Google yang Jarang Diketahui Orang Ini, Menarik!google.com

Google Street View adalah produk Google Maps yang menyediakan representasi visual dari keadaan sekitar kita. Kamu mungkin sudah sering menggunakannya. Akan tetapi ada fitur menarik dari alat ini yang jarang diketahui orang. Ini adalah fitur Trek. 

Trek akan memberikan informasi seputar sejarah, pemandangan, dan bahkan bisa bekerja seperti pemandu wisata. Informasi yang ditawarkan tidak hanya berupa artikel. Ada pula referensi video, foto, dan bahkan audio. Bisa dicoba nih buat kamu yang ingin jalan-jalan ke luar negeri tapi tidak ada waktu dan biaya. 

7. Google Public Data Explorer

Coba Gunakan 7 Tools Google yang Jarang Diketahui Orang Ini, Menarik!googletutor.com

Kamu membutuhkan data dari World Bank atau instansi lainnya? Kamu bisa mengunjungi Google Public Data Explorer. Alat ini adalah penyedia data internasional yang bisa diakses siapa pun secara gratis dan mudah.  

Visualisasi data yang ditawarkan juga bermacam-macam. Kamu bisa memilih grafik batang, garis, berupa peta, atau bubble. Proyek ini sebenarnya ditujukan untuk mendukung Google News Lab. akan tetapi akhirnya dibuka untuk publik karena dinilai sangat bermanfaat. 

Tentu sebagian alat di atas belum pernah kamu gunakan kan? Sebenarnya Google masih memiliki banyak alat lain yang jarang diketahui orang. Ini waktunya kamu lebih banyak eksplor di internet! Siapa tahu kamu bisa menemukan hidden gem lainnya. 

Baca Juga: 7 Fitur Unik Gmail yang Harus Kamu Tahu, Cocok untuk Si Super Sibuk

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You