Comscore Tracker

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat Waktumu

Pasti kamu belum pernah memakainya, deh!

Jutaan orang mencari berbagai hal menggunakan Google setiap harinya. Namun sebagian besar, bahkan mungkin hampir seluruhnya hanya menggunakannya secara basic. Cukup mengetikkan kata atau kalimat yang ingin dicari, kemudian Enter.

Nyatanya, ada banyak trik Google yang bisa memudahkan pencarian kita dan bahkan membuatnya lebih akurat. Misalnya dengan menggabungkan dua kata sekaligus, mengeliminasi kata yang tak diinginkan, dan bahkan langsung berperan sebagai penerjemah tanpa harus masuk ke Google Translate.

Penasaran bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak trik-trik pintarnya berikut ini!

1. Gunakan tanda petik dua untuk mencari gabungan beberapa kata

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat Waktumupicdn.net

Untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, coba tambahkan petik dua di awal dan akhir frasa. Misalnya, “baju ibu hamil".

Google biasanya akan memasukkan semua hasil pencarian untuk baju, ibu, dan hamil. Menggunakan petik akan membuat hasil lebih sedikit, tapi lebih tepat.

2. Gunakan (-) untuk mengeliminasi kata

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat WaktumuSebelum menggunakan tanda minus. IDN Times/Izza Namira

Terkadang kita mencari kata-kata ambigu yang memiliki makna lebih dari satu. Untuk menghindari hasil pencarian yang acak, gunakan tanda minus (-).

Misalnya, Gouda. Kata tersebut adalah nama kota di Belanda, sekaligus nama keju. Jika ingin mendapatkan informasi tentang kotanya saja, ketikkan “Gouda -keju” atau “Gouda -cheese” (tanpa tanda petik). 

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat WaktumuSetelah menggunakan tanda minus. IDN Times/Izza Namira

3. Mencari pada situs tertentu

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat WaktumuIDN Times/Izza Namira

Asal kamu tahu, Google ternyata bisa menampilkan hasil pencarian dari satu situs saja. Cukup tambahkan “site:[nama situs]” di awal atau akhir frasa.

Misalnya kamu ingin mencari informasi tentang diabetes di situs IDN Times. Cukup ketik “site:idntimes.com diabetes” atau “diabetes site:idntimes.com”. Mudah, kan?

4. Ingin mencari dua hal secara bersamaan? Bisa, kok!

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat WaktumuIDN Times/Izza Namira

Secara default, hasil pencarian Google akan memuat semua kata yang kamu ketikkan. Akan tetapi, sering kali hasil yang ditampilkan terpisah-pisah. Jika kamu ingin menemukan dua kata dalam satu link sekaligus, tambahkan “AND” di antara keduanya.

Misalnya, kamu ingin mencari diabetes dan kolesterol. Tinggal ketik “diabetes AND kolesterol”. Ingat ya, “AND” harus menggunakan huruf kapital.

5. Gunakan “OR” untuk mendapatkan lebih dari satu jenis pencarian

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat Waktumuamazonaws.com

Kamu juga bisa menggunakan “OR” ketika ingin mencari lebih dari satu kata atau frasa sekaligus. Misalnya, kuda, keledai, dan sapi.

Sisipkan “OR” di antara setiap kata, kamu akan mendapatkan hasil pencarian dari ketiganya. Menariknya, kamu bisa melakukannya kepada lebih dari dua frasa sekaligus. 

Baca Juga: Cara Melacak Nomor HP Hilang dengan Google Maps

6. Gunakan tanda bintang ketika lupa kata yang ingin dicari

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat Waktumuquickanddirtytips.com

Ada kalanya kita ingin mencari nama orang atau lirik lagu tapi tidak ingat kata-katanya secara utuh. Tenang saja, Google bisa membantumu mengingatnya, kok.

Cukup tambahkan tanda bintang pada kata yang tidak kamu ingat. Misalnya, “Nadiem * gojek” atau “kuakui * melunglai”. Coba, deh!

7. Ingin mencari file tertentu di Google? Coba cara ini!

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat WaktumuIDN Times/Izza Namira

Saat membutuhkan jurnal, dokumen, atau presentasi milik orang lain, kita bisa mencarinya dengan spesifik di Google. Cukup tambahkan “filetype:[jenis dokumen]” di mesin pencarimu. Mesin pencari tersebut bisa menampilkan hasil berupa doc, docx, pdf, ppt, dan lain-lain.

Misalnya kamu ingin mencari tentang komunikasi verbal dalam bentuk pdf, ketikkan “komunikasi verbal filetype:pdf”. Hasil yang ditampilkan pun semua yang berjenis file pdf, yang sebagian besar adalah jurnal dan skripsi.

8. Gunakan Google sebagai kalkulatormu

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat WaktumuIDN Times/Izza Namira

Kamu harus menghitung angka yang rumit? Coba masukkan saja ke mesin pencarian. Google akan mengerjakannya untukmu. Coba saja lihat gambar di atas. Kini kamu tak perlu repot-repot membawa kalkulator ke mana-mana.

9. Menerjemahkan bahasa secara langsung lewat mesin pencari

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat WaktumuIDN Times/Izza Namira

Kamu ingin menerjemahkan satu kata atau frasa asing ke bahasa Indonesia? Tak perlu repot-repot masuk ke Google Translate. Kamu bisa mengetikkannya secara langsung di mesin pencari dengan formula “translate [kata] to [bahasa]”.

Misalnya, “translate breakfast to bahasa Indonesian”. Gunakan formula tersebut dalam bahasa Inggris, ya!

10. Mengonversi mata uang dan unit-unit pengukuran

Ini 10 Trik Mencari Kata Lebih Akurat di Google, Menghemat WaktumuIDN Times/Izza Namira

Google bisa mengonversi berbagai macam mata uang dan unit pengukuran dengan sangat cepat. Cukup ketikkan apa yang ingin kamu konversi di mesin pencarian, dengan formula “[unit] to [unit]”.

Misalnya, “USD to Rupiah”. Google akan menampilkan kalkulator konversi yang bisa langsung kamu gunakan. Tak perlu repot-repot lagi!

Gimana, mudah sekali, kan? Kini kamu bisa menggunakan formula-formula di atas untuk mencari kata dan frasa dengan lebih akurat. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 10 Trik Google Maps yang Menarik untuk Dicoba, Navigasi Makin Seru!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You