Comscore Tracker

Ternyata 7 Teknologi Ini Pernah Diprediksikan dalam Film Fiksi Ilmiah Lho!

Makin lama makin canggih nih!

Kalau dulu mungkin kita hanya bisa menyaksikan 'teknologi canggih' lewat layar kaca, kini beberapa diantaranya sudah ada yang diwujudkan lho. Dulu sih rasanya gak mungkin ada di masa depan ya, tapi lihat deh sekarang. Teknologi semakin maju dan berkembang bahkan yang gak pernah terpikirkan sama sekali oleh kita.

Tapi tahu gak sih, sebenarnya teknologi yang kita gunakan saat ini pernah 'diprediksikan' dalam film fiksi ilmiah zaman dulu nih. Begitu pula sekarang, teknologi yang hanya bisa kita saksikan dalam film, mungkin akan terwujud belasan atau puluhan tahun mendatang. Siapa yang tahu kan?

Nah, buat membuktikannya, kita lihat dulu deh yuk 7 teknologi yang pernah diprediksikan dalam film fiksi ilmiah berikut ini!

1. Translator

Sebagai alat plot yang menghilangkan masalah karena harus menjelaskan mengapa orang asing semua berbicara bahasa Inggris, Translator telah menjadi bahan pokok fiksi ilmiah selama bertahun-tahun.

Awalnya, kebutuhan akan hal ini muncul pertama kali dalam novel Murray Leinster pada 1945 berjudul First Contact, kemudian juga muncul di Star Trek, Doctor Who, dan The Hitchhiker's Guide to the Galaxy dalam sebuah plot 'The Babblefish'.

Kemudian nama Babble Fish diangkat oleh Yahoo! sebagai nama aplikasi terjemahan multibahasa berbasis web yang diluncurkan pada tahun 1997. Setelahnya, muncul deh berbagai aplikasi penerjemah yang sering kita gunakan saat ini seperti Google Translate, Bing, dan lain-lain.

2. A.I Assistant

Sebagai pengguna smartphone, mungkin kamu udah gak asing lagi dengan Siri, Alexa ataupun Google Assistant. Jenis Artificial Intelligence Assistant alias A.I Assistant ini sudah pernah diimpikan dalam banyak karya fiksi ilmiah mencakup komputer yang fungsi utamanya dapat dioperasikan melalui suara dan gagasan tentang kecerdasan buatan.

Dalam novel sekaligus film berjudul 2001: A Space Odyssey, terdapat HAL 9000 yang merupakan A.I. pengendali sistem pesawat ruang angkasa Discovery One dan berinteraksi dengan awak astronot kapal. Contoh lainnya adalah "Mother" sebuah komputer kapal di film Alien.

Kini, teknologi ini sudah tersebar di mana-mana melalui berbagai platform meski pertama kali dikenalkan ke masyarakat luas pada 2011 melalui iPhone 4s.

3. Raygun

Siapa yang butuh peluru saat kamu sudah bisa menyalakan energi yang jauh lebih futuristik? Faktor bentuk dan skala senjata ini bervariasi tergantung cerita.

Raygun pertama kali muncul sebagai referensi di The Messiah of the Cylinder. Sementara itu, Star Trek memperkenalkan "phaser", selanjutnya di Star Wars, Stormtroopers membawa "blaster." Bahkan James Bond menggunakannya di Moonraker, film paling 'fiksi ilmiah' dari film 007.

Contoh senjata laser kehidupan nyata saat ini adalah meriam laser 200W yang 400 kali lebih kuat daripada laser paling berbahaya, ATHENA modular Lockheed Martin. Di masa depan, raksasa pertahanan tersebut mengklaim meriam lasernya akan membantu melindungi tentara dari ancaman seperti pesawat tak berawak.

4. Komputer Tablet

Perangkat komputer tablet yang jelas muncul di film klasik 2001: A Space Odyssey. Penampilan fiksi ilmiah yang lebih banyak lagi untuk komputer tablet, hadir di Star Trek.

Ada clipboard elektronik di Star Trek yang asli, tapi mereka jauh lebih umum dalam seri lanjutannya seperti di Star Trek: The Next Generation dan seri berikutnya. Mereka bahkan menyebutnya Personal Access Display Device (PADD).

Kini komputer pintar atau tablet phone sudah dirilis oleh berbagai merek ternama termasuk Apple dengan iPad-nya.

5. Holograms

Terdapat adegan fiksi ilmiah yang lebih ikonik daripada film dari Star Wars, di mana Luke Skywalker mendapat pesan hologram dari Princess Leia. Meski sekarang pun proyeksi holografik tidak terlalu populer, tapi di Universitas Brigham Young, para peneliti telah menunjukkan teknologi yang melibatkan hologram 3D yang jernih dan realistis untuk diproyeksikan ke udara.

6. Video Call

Seperti beberapa item dalam daftar ini, panggilan video diperkenalkan ke khalayak massal pada tahun 1968 melalui film 2001: A Space Odyssey. Video Call ini juga identik dengan serial TV Thunderbirds, di mana ada adegan Jeff Tracy menggunakan panggilan video untuk berkomunikasi dengan anak-anaknya.

Sekarang, video call bisa diakses di berbagai platform sosial media setelah sebelumnya dipionir oleh Skype dan Apple's FaceTime.

7. Smart Watch

Dick Tracy sebenarnya bukan fiksi ilmiah, tapi jam tangannya bisa dikatakan begitu. Selama bertahun-tahun, banyak yang menulis tentang teknologi komunikasi berbentuk jam tangan. Polisi berpakaian preman yang memaki radio dua arah di pergelangan tangannya pernah populer tahun 1946 dan memperbaharuinya ke perangkat video call dua arah pada tahun 1964.

Apple Watch menjadikan teknologi ini dalam wujud nyata, dan kemudian memperbaikinya dengan Apple Watch Series 3. Kemudian disusul oleh berbagai merek teknologi yang ikut memproduksi jam tangan pintar.

jcnd Photo Verified Writer jcnd

thalitajacinda.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya