Comscore Tracker

Cara Main Rent Please Landlord Sim, Siap Jadi Juragan Kosan!

Gamenya dulu, juragan beneran kemudian~

Game Rent Please Landlord Sim mendadak ramai dibicarakan. Bahkan permainan sempat trending di Twitter serta menjadi FYP TikTok. Gameplay ini memosisikan pemain sebagai juragan kos-kosan yang juga mengelola lingkungan sekitarnya. 

Jadi manajer bisnis properti, bagaimana cara main Rent Please Landlord Sim? Yuk, simak uraiannya sampai habis! Jangan lupa redeem kode untuk dapat bonus tambahan!

Mengenal game Rent Please Landlord Sim

Rent Please Landlord Sim merupakan permainan simulator. Seperti disebutkan sebelumnya, pemain adalah seorang pemilik penyewaan properti kos-kosan. Di sini, kamu harus mendekorasi kamar yang disewakan, melengkapi fasilitas di sekitar, dan melakukan ekspansi bisnis dengan memperbanyak kos-kosannya. 

Permainan yang dikembangkan oleh Shimmer Games Co. ini punya tantangan berbeda pada tiap levelnya. Di awal permainan, kamu hanya bisa mengelola satu kamar tipe personal. Nantinya, pemain perlu mengumpulkan uang untuk membesarkan bisnis. 

Pemilik kos juga bakal menerima feedback penghuni. Mau pujian ataupun complain dari penyewa kamar, semuanya dapat memengaruhi index happiness penyewa. Makin rendah indeks tersebut, bonus yang didapatkan pun semakin sedikit.

Lantas, bagaimana cara mengumpulkan uang di Rent Please Landlord Sim hingga bisa mengembangkan bisnisnya? Simak panduan di bawah ini.

Cara main Rent Please Landlord Sim

Cara Main Rent Please Landlord Sim, Siap Jadi Juragan Kosan!ilustrasi cara main Rent Please Landlord Sim (play.google.com)

Pertama, kamu perlu mengunduh permainan ini terlebih dahulu. Penyimpanan aplikasinya sekitar 1,2 GB dan tersedia di Google Play Store maupun App Store. Sebelum mengunduh, pastikan storage ponselmu cukup, ya.

Jika sudah terinstal, kamu bisa mulai menjalankan aplikasi. Di awal, kamu akan mendapati pop-up yang berisi kisah awal mengapa pemain bisa menjadi juragan kosan. Selain itu, pop-up tersebut akan mengarahkanmu dalam step by step permainan. Simak dengan teliti bagian tersebut.

Beberapa poin penting dari permainan Rent Please Landlord Sim, yakni:

  • Membuka kamar yang disewakan

Caranya, ketuk kamar yang hendak dibuka, lalu akan muncul pop-up berisi syarat agar kamar bisa dibuka. Jika syarat terpenuhi, maka tombol berubah warna hijau dan bisa diklik. Sementara itu, tombol berwarna pudar jika uangmu kurang, level belum mencukupi, atau tidak ada pasokan listrik dan air. 

  • Upgrade fasilitas kamar

Umumnya, setiap kamar dilengkapi dengan kasur, kamar mandi, meja belajar, pantry, dan beberapa pernak-pernik lainnya. Setiap perlengkapan dibagi menjadi beberapa tingkatan. Nah, kamu bisa meng-upgrade-nya dengan klik kamar yang ingin diperbaiki > Furniture > pilih perlengkapan yang ingin diubah. 

  • Recruit tenant

Tentu kamu perlu mencari penyewa kamar, kan? Caranya, ketuk kamar yang akan disewakan > pilih 'Tenants' pada opsi yang muncul di layar > pilih 'Recruit'. Nantinya, akan muncul peta dan kategori penyewa pada layar. Misalnya, pada area 'Sillycon Valley', penyewanya adalah tipe overworker yang menuntut fasilitas bagus. 

Tipe penyewa yang tersedia akan berbeda sesuai tingkatan level. Jika cocok, klik 'Recruit' dengan uang maupun menonton iklan. Setelahnya, klik 'Confirm' dan penyewa akan on the way masuk kamar baru.

  • Lengkapi fasilitas sekitar

Sebagaimana disebut pada poin sebelumnya, masing-masing tenant memiliki karakteristik masing-masing. Ada yang tidak menuntut banyak, tetapi ada pula yang ingin fasilitas tinggal lengkap. Maka dari itu, kamu perlu membuka restoran, laundry, taman, toko, layanan kesehatan, hingga gym. Tenang, semua akan tersedia bertahap sesuai level.

  • Memastikan pasokan air dan listrik

Bukan hanya mengelola kamar, kamu juga harus memastikan pasokan air dan listrik memadai. Apabila sudah sampai levelnya, pemain perlu rutin meningkatkan kapasitas keduanya. Caranya, cukup buka 'Power Supply Room' atau 'Water Supply Room' dan lakukan pembelian menggunakan uang game. Ini penting dilakukan, sebab jika kamu kekurangan air dan listrik, maka tidak akan bisa membuka kamar baru atau fasilitas tinggal lainnya.

Baca Juga: 7 Game yang Dimainkan BTS, Army Wajib Coba!

Bonus, redeem, dan pembelian dalam game

Cara Main Rent Please Landlord Sim, Siap Jadi Juragan Kosan!ilustrasi redeem kode di Rent Please Landlord Sim (IDN Times/Laili Zain)

Makin tinggi fasilitas yang kamu sediakan untuk penyewa, semakin tinggi pula biaya sewanya. Maka dari itu, kamu perlu rutin meng-upgrade kapasitas dan fasilitas di kamar indekos. Termasuk kasur, shower mandi, bahkan antrean pada area umum. Jika tidak, penghuni akan memberikan feedback negatif sehingga bisa menurunkan community satisfaction index.

Kamu akan mendapatkan uang secara berkala dari setiap penyewa. Selain itu, kamu juga mendapatkan bonus tambahan setiap kali membuka aplikasi. Kalau ingin mendapatkan uang lebih, bisa rutin menonton iklan, lalu tukarkan dengan uang. 

Ada juga fitur 'gift from the game development team' yang bisa kamu dapatkan dengan klik ikon diamond alias intan di bagian kanan bawah. Jika masih kurang, tersedia store pembelian dengan ikon keranjang di pojok kiri bawah.

Dalam toko, kamu bisa membeli uang dalam game dengan pembayaran uang asli. Selain itu, tersedia juga diamond package atau ad-free pack jika ingin mendapatkan bonus tanpa harus nonton iklan. 

Jangan lupa, redeem kode berikut untuk mendapatkan bonus tambahan: 

  • welcome untuk mendapatkan uang permainan sejumlah 100 ribu
  • Halloween untuk mendapatkan uang permainan sejumlah 100 ribu dan 100 diamonds
  • thanku11 untuk mendapatkan uang permainan sejumlah 100 ribu
  • Thx4following untuk mendapatkan uang permainan sejumlah 100 ribu
  • Fe8a0caa untuk mendapatkan uang permainan sejumlah 100 ribu.

Uang tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk upgrade kamar, fasilitas umum, hingga membuka kamar baru. Mantap, kan?

Cara main Rent Please Landlord Sim memang cukup sederhana. Meski begitu, permainan simulasi ini cukup menghibur di tengah aktivitas sehari-hari yang padat. Tertarik mencoba jadi juragan kosan?

Baca Juga: 6 Game yang Dimainkan Jin BTS, Seru Sampai Teriak-Teriak!

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya