Comscore Tracker

Cara Membuat Grafik di Excel dari Data Secara Otomatis

Bikin data tersaji dengan baik~

Cara mudah memahami data adalah dengan memvisualkannya menjadi grafik. Terdapat banyak alat yang dapat digunakan untuk mengubah tabel menjadi grafik, salah satunya Microsoft Excel

Cara membuat grafik di Excel cukup sederhana. Jika sudah ada datanya cukup masukkan lalu pilih bentuk grafik yang diinginkan. Adapun jenis grafik yang tersedia di Microsoft Excel bervariasi. Bahkan tersedia pada Excel 2007 maupun versi terbarunya Excel 365.

Jenis dan bentuk grafik di Microsoft Excel

Cara Membuat Grafik di Excel dari Data Secara Otomatisilustrasi Ms. Excel (pexels.com/mikhail nilov)

Excel menyediakan berbagai macam bentuk grafik yang terbagi dalam enam jenis. Berikut uraiannya:

  1. Grafik column berbentuk garis dengan sumbu vertikal dan horizontal. Grafik ini  cocok untuk menyajikan perbandingan satu kategori data dalam rentang waktu, jumlah, dan nilai.
  2. Grafik bar berupa bar batang. Grafik ini digunakan untuk menampilkan perbandingan antar item pada sumbu vertikal dan nilainya di sepanjang sumbu horizontal.
  3. Line chart berupa grafik garis yang menampilkan data distribusi secara merata. Grafik ini biasa digunakan untuk data berkelanjutan yang membutuhkan periodisasi dari waktu ke waktu.
  4. Grafik pie berbentuk bulat dan biasa digunakan pada data persentase atau besaran bagian tertentu.
  5. Grafik area serupa dengan line chart. Grafik ini pun sering diaplikasikan pada data yang membutuhkan rentang waktu. Namun fungsinya juga bisa membantu menunjukkan hubungan antar bagian secara keseluruhan.
  6. Surface adalah grafik yang dapat mengubah data menjadi bentuk 3D serta menunjukkan kombinasi antar kumpulan data. Warna dan pola pada grafik ini menunjukkan area dengan nilai dalam rentang yang sama. 

Baca Juga: Sering Dipakai, Ini 7 Rumus Excel Wajib Hafal bagi Pemula

Cara membuat grafik di Excel

Cara Membuat Grafik di Excel dari Data Secara Otomatisilustrasi Ms. Excel (freepik.com/rawpixel.com)

Setelah mengetahui grafik beserta fungsinya, maka kamu dapat memilih model yang paling sesuai dengan data. Selanjutnya, ikuti cara membuat grafik di Microsoft Excel berikut. 

1. Pindahkan tabel data ke Microsoft Excel

Jika datamu tidak ada di Microsoft Excel, maka harus dipindahkan terlebih dahulu. Caranya, salin data > lalu buka Microsoft Excel > dan pilih paste atau paste khusus di baris dan kolom sesuai keinginan.

Setelah masuk di sheet Microsoft Excel beri keterangan baris atau kolom. Tahap membuat ini penting dilakukan agar tidak keliru menafsirkan sumbu pada grafik yang dibuat. 

2. Sorot semua data > Insert > pilih grafik

Pilih semua data dengan memblok atau menyorot baris dan kolom yang memuat data. Isi keterangan lalu buka tab 'Insert' pada menu bar.

Pada tab 'Insert' kamu akan menemukan berbagai ikon yang mewakili jenis-jenis grafik. Pilih salah satu yang sesuai dengan bentuk data sebagaimana telah disebutkan di atas. 

Apabila bingung, gunakan menu 'Recommended Charts' untuk mendapatkan jenis grafik yang sesuai dan cocok untuk menafsirkan data. Pemilihan bentuk grafik yang tepat dapat mempermudah visualisasi dan penafsiran data.

3. Tambahkan judul grafik

Begitu memilih bentuk grafik Excel akan secara otomatis menyajikan data dalam bentuk visual. Namun biasanya grafik tersebut belum memuat keterangan sehingga kamu perlu menambahkan judul agar lebih mudah dipahami.

Untuk judul, gunakan kata yang jelas dan padat supaya grafiknya tepat dan jelas. Lalu, kamu juga bisa menyesuaikan kembali keterangan pada masing-masing poin grafik. 

4. Atur dan sesuaikan grafik

Setelah berhasil mengikuti cara membuat grafik di Excel, selanjutnya sesuikan kembali ukuran, bentuk, desain, hingga elemen yang ada di dalamnya. Kemudian, atur pula grafik hingga penempatan, informasi, serta visual di dalamnya tepat dan mudah dijangkau. 

Pengaturan serta perubahan letak grafik bisa dilakukan melalui tab 'Desain Bagan' pada menu bar. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan berikut.

Cara edit grafik di Excel

Cara Membuat Grafik di Excel dari Data Secara Otomatisilustrasi grafik (unsplash.com/adeolu eletu)

Setelah grafik dibuat tak jarang ada beberapa hal yang perlu diubah. Baik dari bentuk, informasi, ataupun value grafik.

Jika begitu, kamu tidak perlu harus membuat grafik baru. Excel menyediakan fitur editing yang memungkinanmu untuk mengatur kembali grafik yang telah dibuat.

1. Menambahkan elemen grafik

Menambahkan elemen grafik dapat membantu mempermudah visualisasi data. Jika ingin menambahkan elemen, cukup ikuti langkah berikut: 

  • Klik grafik untuk memunculkan menu 'Desain Bagan' di bagian menu bar
  • Pilih 'Tambahkan Elemen Bagan' yang bisa ditemui di paling kiri tool bar
  • Klik menu dropdown sesuai elemen yang ingin ditambahkan

2. Mengubah gaya dan warna grafik

Gaya dan warna grafik juga dapat diubah supaya mudah dibedakan. Caranya: 

  • Klik grafik untuk memunculkan menu 'Desain Bagan' di bagian menu bar
  • Pilih 'Ubah Warna' di bagian window group untuk mengubah warna atau pilih style yang tersedia di jendela gaya untuk mengubah desain grafik

3. Menukar baris menjadi kolom atau sebaliknya

Microsoft Excel juga menyediakan opsi untuk mengubah bentuk data dari baris menjadi kolom, atau sebaliknya. Menu ini bisa ditemukan di bagian kanan menu pengubah gaya grafik.

Caranya, cukup klik grafik > 'Desain Bagan' > Tukar Baris/Kolom.  Selanjutnya, Excel akan otomatis mengubah bentuk data dalam grafik.

4. Menyesuaikan ukuran font legenda

Keterangan grafik yang terlalu besar dapat menutupi tampilannya. Oleh karena itu kamu bisa menyesuaikan ukuran font. Caranya,

  • Klik masing-masing keterangan grafik yang ingin diubah ukuran font-nya
  • Buka menu Home
  • Klik opsi ukuran font untuk memunculkan dropdown angka, pilih ukura yang sesuai

Langkah-langkah di atas juga bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan warna, jenis font, dan batas garis. 

Cara membuat grafik di Excel ini cukup mudah diikuti. Buatmu yang sering memvisualisasikan data bisa mengikuti cara di atas agar grafik tersaji dengan baik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Membuat Ranking di Excel dengan Mudah

Topic:

  • Laili Zain
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya