5 Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET saat Browsing Internet

Gak perlu panggil teknisi

Pernahkah kamu sedang asyik 'berselancar' atau sibuk googling, eh, tiba-tiba situs yang dituju tidak termuat? Alih-alih memunculkan hasil yang kita mau, malah muncul tulisan 'This site can't be reached, the connection was reset'. Ketika ditelisik lagi, di bagian bawah ada keterangan ERR_CONNECTION_RESET. Kenapa, ya?

Kalau kamu penasaran kenapa, baca sampai akhir, ya. Artikel IDN Times kali ini juga akan membantumu memecahkan masalah tersebut dengan cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET. Perlu banget, nih!

Kenapa muncul ERR_CONNECTION_RESET?

Pertanyaan paling mendasar, nih, kenapa muncul keterangan ERR_CONNECTION_RESET saat sedang browsing? Apakah ini dalang yang memicu situs tidak bisa memuat?

Sejatinya, ERR_CONNECTION_RESET adalah keterangan yang menunjukkan browser gagal membuat koneksi dengan web tujuanmu. Artinya, server tidak dapat mengirimkan data ke browser yang digunakan. Kode ini khusus untuk Google Chrome dan kamu mungkin menemukan pesan serupa di browser lain.

Apa yang memicu kegagalan hubungan antara browser dan server tersebut? Nah, yang pasti bukan orang ketiga, ya. Biasanya, hal itu bisa terjadi karena beberapa kemungkinan. Termasuk masalah VPN, firewall atau antivirus yang memblokir koneksi, pengaturan proxy, hingga tumpukan cache

Baca Juga: 2 Cara Melewati Captcha Otomatis di Chrome dan iPhone

Cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET

Bagaimana cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET? Tentunya hal itu disesuaikan dengan penyebab masalahnya. Namun, jika kamu tidak yakin, bisa coba lakukan hal-hal berikut secara bergantian.

1. Cek VPN yang digunakan

5 Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET saat Browsing Internetilustrasi VPN (pexels.com/Stefan Coders)

VPN biasanya digunakan untuk menyembunyikan identitas saat berselancar di dunia maya. Hal ini memang membuatmu bisa mengakses situs yang mungkin seharusnya tidak bisa diakses. Agar bisa efektif digunakan saat browsing, VPN harus terus tersambung. 

Ketika VPN tidak sengaja terputus, aksesmu ke situs yang seharusnya tidak bisa diakses pun ikut dibatasi lagi. Oleh karena itu, muncul keterangan koneksi terputus dan website tidak muncul.

Situs web yang coba kamu kunjungi memblokir koneksimu ketika menggunakan IP yang disembunyikan oleh VPN. Jika hal ini masalahnya, kamu justru perlu mematikan VPN terlebih dahulu.

2. Atur ulang pengaturan TCP/IP

TCP/IP alias Transmision Control Protocol/Internet Protocol merupakan serangkaian aturan yang digunakan untuk menghubungkan jaringan di internet. Mengubah setelan TCP/IP secara manual mungkin menyebabkan gangguan jaringan sehingga muncul keterangan ERR_CONNECTION_RESET saat sedang browsing.

Oleh karena itu, cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET dengan mengatur ulang pengaturan TCP/IP ini. Kamu bisa akses melalui pengaturan jaringan di perangkatmu dan perbarui jika memang ada pembaruan.

3. Matikan antivirus dan firewall

5 Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET saat Browsing Internetilustrasi antivirus palsu (freepik.com/rawpixel)

Antivirus dan firewall memang dibutuhkan perangkat untuk melindungi diri dari kemungkinan serangan malware kapan pun saat sedang browsing. Akan tetapi, ada kalanya antivirus dan firewall bersifat sangat agresif sehingga mencegahmu membuka situs tertentu. 

Satu-satunya cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET jika penyebabnya adalah antivirus atau firewall adalah dengan mematikannya. Kamu bisa mengaktifkannya lagi setelah selesai berselancar dan menemukan kebutuhanmu di dunia maya.

4. Bersihkan cache peramban

Tahukah kamu kalau sebagian besar sampah dari kegiatan browsing menggunakan peramban masih tersimpan bahkan setelah laptop dimatikan? Nah, sampah-sampah ini menumpuk menjadi caches yang memberatkan peramban. Alhasil, mungkin menganggumu ketika sedang berselancar di internet.

Solusinya, kosongkan cache secara rutin untuk meringankan bebannya. Caranya, buka Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Hapus data penjelajahan > centang opsi gambar dan file dalam cache

5. Nonaktifkan server proxy

5 Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET saat Browsing Internetproxy dan VPN (dok. PureVPN)

Cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET yang juga perlu kamu coba adalah mematikan server proxy. Alasannya, peladen proxy mungkin saja gagal membuat sambungan ke web atau justru karena tidak bisa terhubung ke server proxy.

Kamu bisa mengaturnya melalui pengaturan. Jika menggunakan Windows, caranya dengan langkah berikut:

  1. Klik Start
  2. Ketik 'Internet Options' di peramban
  3. Selanjutnya, pilih hasil yang muncul di jendela Internet Properties,
  4. Pilih tab 'Koneksi'
  5. Pilih 'Pengaturan LAN' 
  6. Masuk ke opsi 'Gunakan server proxy untuk LAN Anda'
  7. Matikan centang pada 'Deteksi pengaturan secara otomatis'
  8. Klik 'OK' untuk menyimpannya.

Semua cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET ini bisa kamu selesaikan sendiri tanpa bantuan teknisi, kok. Namun, jika penyebabnya adalah gangguan internet, kamu mungkin perlu menghubungi provider layananmu, ya.

Baca Juga: Apa Itu 404 Not Found? Ini Arti dan Cara Mengatasinya

Topik:

  • Laili Zain Damaika
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya