Comscore Tracker

Cara Mereset HP Oppo Praktis dan Mudah

Berasa HP baru lagi deh!

Mengembalikan ponsel Oppo ke pengaturan pabrik memang menjadi solusi, terlebih ketika ponsel mengalami masalah seperti lag atau hang. Cara mereset HP Oppo pun cukup mudah. Dalam waktu kurang dari setengah jam, ponselmu akan kembali seperti baru.

Sebelum memulai untuk mengatur ponsel ke pengaturan pabrik, ada baiknya kamu mencadangkan terlebih dahulu data-data di dalam HP. Kamu bisa memindahkan data penting ke flashdisk atau memori eksternal. Dengan demikian, kamu tidak sampai kehilangan data penting yang ada di ponsel.

Cara mereset HP Oppo ini merupakan alternatif solusi apabila kamu tidak lagi bisa mengakses ponsel, baik karena lupa layar kunci ataupun hilang. Nah, berikut 3 cara reset HP Oppo di bawah ini dapat kamu pilih sesuai kebutuhan.

1. Cara mereset HP Oppo melalui pengaturan

Cara Mereset HP Oppo Praktis dan Mudahilustrasi pengaturan ponsel (unsplash.com/sten ritterfeld)

Jika kamu merasa kinerja ponsel menurun atau mudah nge-lag, tetapi kamu masih memiliki akses ke pengaturan, maka metode ini cocok untuk kamu coba. Langkah mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik melalui pengaturan menu ini hanya membutuhkan beberapa saat.

  1. Buka menu pengaturan ponsel
    Langkah pertama yakni membuka pengaturan atau pengaturan di ponselmu. Umumnya, menu ini digambarkan dengan ikon bergerigi.
  2. Pilih 'Additional Setting' atau 'Menu Tambahan'
    Gulir ke bawah dengan teliti hingga menemukan opsi 'Additional Settings' atau 'Menu Tambahan'. Keduanya dapat muncul tergantung pada pengaturan bahasa yang kamu terapkan di ponselmu. 
  3. Klik 'Back Up and Reset' Back Up and Reset’ 
    Kembali gulir hingga paling bawah untuk menemukan opsi 'Back Up and Reset' atau atur ulang dan cadangkan. Secara otomatis ponsel akan memasuki jendela baru yakni menu back up dan reset.
  4. Pilih 'Reset to Factory Settings'
    Pada menu back up and reset, kamu akan menemukan beberapa pilihan sesuai fitur yang disediakan ponsel. Paling terdapat dua opsi, yakni 'Erase Phone Storage' untuk membersihkan beberapa yang tersimpan di memori dan 'Remove All Contents and Settings/Reset Phones' untuk tidak menghapus semua pengaturan dan data. Pilih opsi kedua.

Kamu mungkin diminta memasukkan kata sandi layar untuk memverifikasi izin pengaturan pabrik. Cukup masukkan kata sandi yang kamu gunakan saat membuka ponsel.

Proses ini membutuhkan waktu beberapa saat. Jika sudah selesai, ponsel secara otomatis melakukan reboot dan saat kembali nyala ponsel telah siap digunakan seperti baru.

Nama pengaturan mungkin berbeda pada masing-masing ColorOS. Namun, secara umum langkah-langkah yang diterapkan sebagai cara mereset HP Oppo tetaplah sama.

Baca Juga: Ini Cara Reset HP Xiaomi dengan Mudah, Data Tetap Aman!

2. Cara mereset HP Oppo dari mode recovery

Cara Mereset HP Oppo Praktis dan Mudahilustrasi sistem operasi HP (9to5google.com)

Tidak lagi bisa mengakses ponsel karena lupa kata sandi memang menjadi hal lumrah yang sering dialami pengguna smartphone. Nah, untuk mendapatkan akses kembali, coba cara mereset HP Oppo berikut ini. 

Namun, mereset HP Oppo melalui mode recovery akan menghilangkan data yang ada di ponsel. Jadi, pastikan kamu sudah mencadangkan data-data penting ke memori eksternal baik Google Drive atau flashdisk, ya.

Beberapa seri ponsel Oppo sudah bisa menggunakan touchscreen saat masuk ke mode recovery. Jika ponselmu belum termasuk, maka gunakan volume naik dan turun untuk mengarahkan dan tombol power untuk memilih. 

  1. Matikan perangkat 
    Pencet tombol power sedikit lebih lama guna mematikan perangkat yang tidak lagi memiliki akses kunci layar. Tunggu beberapa saat hingga ponsel benar-benar mati. 
  2. Tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan
    Langkah ini merupakan ‘pintu masuk’ menuju mode recovery. Lakukan selama beberapa saat hingga layar ponsel kembali nyala dan memunculkan keterangan recovery mode atau ColorOs recovery.
  3. Pilih pengaturan bahasa 
    Sebelum memulai reset HP Oppo, kamu akan diminta memilih bahasa tampilan pengaturan recovery mode. Artikel ini berpedoman pada pengaturan bahasa Inggris, ya.
  4. Pilih opsi ‘Wipe Data and Cache’
    Langkah mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik dimulai dengan memilih opsi ‘Wipe Data and Cache’. Begitu loading ke menu berikutnya, kembali pilih ‘Wipe Data and Cache’. Jadi diulangi dua kali, ya.
  5. Berikan akses penghapusan data
    Pada ponsel versi terbaru, umumnya akan muncul ‘wipe all data and removable applications’ sebelum penghapusan dimulai. Klik ‘yes’ untuk memberikan akses menghapus dan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.

Proses penghapusan data akan berlangsung kurang lebih selama dua menit. Tunggu hingga selesai hingga muncul pesan ‘data and cache wiped successfully’. Jika sudah, maka langkah selanjutnya menghidupkan kembali ponsel.

Caranya sederhana, cukup pilih opsi ‘Reboot’ dan klik ‘Yes’ atau ‘OK’. Secara otomatis, ponsel akan kembali hidup dengan pengaturan kosong sebagaimana bawaan pabrik. Ponsel siap digunakan kembali dan kamu bisa langsung mengatur ulang setelan waktu, tempat, serta hal esensial lainnya. 

3. Cara mereset HP Oppo melalui Find My Mobile

Cara Mereset HP Oppo Praktis dan Mudahilustrasi Find My Device (unsplash.com/daniel romero)

Kehilangan ponsel dengan data penting di dalamnya memang bikin panik. Guna menghindari penyalahgunaan data, kamu bisa langsung menghapusnya secara jarak jauh. Caranya:

  1. Siapkan gawai lain yang bisa diakses
    Untuk menggunakan fitur ‘Find My Mobile’, kamu membutuhkan bantuan perangkat lain yang bisa terhubung ke internet. Ini termasuk HP, laptop, tablet, atau juga komputer. 
  2. Buka browser dan website Find My Mobile
    Melalui mesin pencari, masuk ke situs https://google.com/android/find. Tunggu hingga laman memuat secara sempurna.
  3. Isi data diri 
    Fitur ini memanfaatkan layanan Google, kamu bisa memasukkan identitas diri berupa email Google dan sandi. Pastikan email tersebut terhubung dengan ponsel yang hendak dihapus data dari jarak jauh, ya.
  4. Pilih ponsel tertaut yang hendak dihapus data
    Di sebelah kiri, akan muncul ponsel mana saja yang tertaut dengan alamat email milikmu. Cukup klik ponsel yang hilang atau yang ingin diatur ulang.
  5. Pilih perintah ‘Hapus Data’ dan izinkan akses penghapusan
    Jika sudah, cukup klik opsi ‘Hapus Data’ dan ikuti langkah selanjutnya sesuai instruksi. Tunggu sejenak dan data dalam ponsel akan terhapus tanpa harus menemukan ponsel terlebih dahulu. 

Cara mereset HP Oppo di atas bisa dilakukan pada semua tipe, ya. Hanya saja, kamu mungkin perlu menyesuaikan bahasa atau keterangan tampilan sesuai pada versi operating system ponsel. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Reset HP Vivo, Mudah dan Cepat!

Topic:

  • Laili Zain
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya