Comscore Tracker

4 Cara Test Speed IndiHome yang Paling Cepat dan Akurat

Siapa yang internetnya pakai IndiHome?

Saat membeli paket WiFi, kamu akan mendapat kecepatan internet sesuai paket yang dipilih. Besaran bandwidh ini memengaruhi seberapa cepat kemampuan mengunggah dan mengunduh file dari internet. 

Ada kalanya internet melaju cepat, tetapi gak jarang tiba-tiba seperti 'siput ngantuk' alias lemot parah. Nah, jika kamu menggunakan provider IndiHome, ada cara test speed IndiHome. Langkah ini bisa kamu coba untuk mengetahui seberapa cepat jaringan internet yang sedang digunakan.

Cara test speed IndiHome

Sesuai namanya, test speed IndiHome merupakan fitur untuk mengetahui kecepatan jaringan internet dari provider terkait. Pengecekan jaringan penting untuk mengukur kelancaran dan kecepatan Wi-Fi yang sedang kamu gunakan.

Ada beberapa cara speedtest IndiHome, bisa menggunakan aplikasi khusus atau hanya bermodal browser dan internet. Hasil yang ditampilkan pada situs maupun aplikasi tersebut, merupakan angka pengukuran riil dari kecepatan internetmu. 

1. Google speed test

4 Cara Test Speed IndiHome yang Paling Cepat dan Akuratilustrasi speed test IndiHome Google (IDN Times/Laili Zain)

Perusahaan raksasa Google bukan hanya menyediakan mesin pencari super lengkap, tetapi juga alat pengukur kecepatan internet tanpa tambahan aplikasi. Google bekerja sama dengan Measurement Lab (M-Lab) untuk melakukan speed test selama kurang dari 30 detik. 

Pengujian ini mampu mengukur kecepatan unduh, unggah, dan latensi koneksi dari jaringan internet yang sedang digunakan. Latensi merupakan ukuran seberapa cepat kamu  mendapatkan respons dari server yang diukur dalam milidetik (md).

Sebagai catatan, cara ini terbatas hingga 700 Mbps saja. Meski begitu, masih sangat cocok untuk test speed IndiHome. Nah, begini cara menggunakannya:

  1. Hubungkan perangkat yang hendak digunakan untuk tes kecepatan dengan jaringan internet 
  2. Buka browser Google 
  3. Ketikkan 'uji kecepatan internet' atau 'Google speed test' di kotak pencarian
  4. Terdapat boks keterangan mesin uji kecepatan internet Google, klik 'Jalankan Uji Kecepatan' di pojok kanan bawah untuk memulai tes
  5. Tunggu hingga proses pengujian selesai.

Google akan menunjukkan hasil uji kecepatan internet IndiHome dengan menampilkan dua angka berdampingan. Sebelah kiri adalah kecepatan unduhan, sedangkan sebelah kanan kecepatan unggahan yang seluruhnya ditampilkan dalam satuan Mbps. Selain itu, ada keterangan latensi, server location, hingga keterangan kecepatan jaringan. 

2. Speedtest.net

4 Cara Test Speed IndiHome yang Paling Cepat dan Akuratilustrasi speedtest by Ookla (IDN Times/Laili Zain)

Cara test speed IndiHome selanjutnya menggunakan layanan dari Speedtest. Fitur cek kecepatan internet dari Speedtest tersedia melalui aplikasi sesuai perangkat, mulai dari iOS, Android, Mac, bahkan Apple TV. Namun, jika kamu gak mau ribet, fasilitas Speedtest bisa dijalankan cukup melalui browser.

Ookla adalah perusahaan yang menaungi Speedtest. Fasilitas ini sudah tersedia sejak 2006 dan klaimnya telah menguji lebih dari 40 miliar jaringan di seluruh dunia. Langkah-langkah pengujiannya cukup sederhana, yakni:

  1. Hubungkan perangkat dengan jaringan internet yang ingin diukur kecepatannya
  2. Buka browser pencarian, misalnya Google Chrome
  3. Ketikkan https://www.speedtest.net/id 
  4. Untuk memulai pengujian, klik 'Mulai' di halaman awal situs Speedtest
  5. Tunggu beberapa saat hingga pengukuran selesai.

Kamu akan melihat ilustrasi dengan warna ungu dan biru yang futuristik. Hasil uji kecepatan ditampilkan menggunakan angka dan diukur dengan satuan Mbps. Kamu pun bisa mengetahui ping'internet, koneksi, provider internet, alamat IP hingga lokasi server. Uniknya, pengguna bisa memberikan rating terhadap provider yang digunakan. 

Baca Juga: 9 Aplikasi Beli Tiket Bioskop Online, Gak Perlu Antre Lagi

3. Fast.com

4 Cara Test Speed IndiHome yang Paling Cepat dan Akuratilustrasi hasil Fast.com (IDN Times/Laili Zain)

Mau cara test speed IndiHome lebih cepat dan tampilan lebih sederhana? Pakai Fast.com, saja. Dibanding dua langkah sebelumnya, Fast.com menyediakan fasilitas uji kecepatan internet lebih sederhana dan praktis. Cara uji kecepatan IndiHome, yakni:

  1. Hubungkan perangkat dengan jaringan internet IndiHome
  2. Buka mesin pencarian, misalnya Google Chrome
  3. Masukkan 'Fast.com' di kolom pencarian, tekan enter

Begitu memasuki laman Fast.com, pengujian kecepatan internet akan otomatis berlangsung tanpa perlu klik-klik tambahan. Tunggu kurang dari 30 detik dan hasilnya sudah tampil di layar. 

Saat mengaksesnya, ada kalanya hanya muncul kecepatan pengunduhan saja. Namun, jangan panik, tinggal klik opsi 'Tampilkan Info Lainnya' atau 'Show More Info' untuk memunculkan hasil pengujian secara lengkap. Dari sini, kamu bisa melihat  pengunggahan, pengunduhan, latensi, lokasi, dan sebagainya. 

4. Speedsmart.net

4 Cara Test Speed IndiHome yang Paling Cepat dan Akuratilustrasi speedsmart (IDN Times/Laili Zain)

Perangkat test speedIndiHome lainnya adalah Speedsmart.net. Selain situs, fasilitas uji kecepatan ini juga tersedia melalui aplikasi yang bisa diunduh di AppStore maupun Google Play Store.

Speedsmart.net menghadirkan tampilan pengujian yang clean serta penjelasan yang mudah dipahami. Cara menggunakannya pun sederhana, serupa dengan opsi lainnya, yakni:

  1. Hubungkan perangkat ke jaringan IndiHome
  2. Buka mesin pencarian, seperti Google Chrome. Jika berkenan untuk mengunduh aplikasi maka pasang terlebih dahulu aplikasi Speedsmart. Namun, tutorial ini menggunakan situs 
  3. Di halaman awal, klik 'Start Test' untuk mulai pengujian
  4. Tunggu dalam hitungan detik.

Layar akan menampilkan dua garis hijau dan biru sebagai perbandingan kecepatan internet untuk pengunduhan dan pengunggahan. Selain kecepatan keduanya, tes ini juga menyediakan hasil ping internet serta jitter result

Test speed IndiHome merupakan langkah mudah untuk mengetahui kecepatan jaringan internet yang kamu gunakan. Dengan begitu, kamu bisa langsung membuat laporan ketika mendapati internet lemot atau mengalami gangguan. 

Baca Juga: Cara Mengganti Password WiFi IndiHome dengan Cepat Sesuai Router 

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya