Comscore Tracker

Privasi Makin Aman, WhatsApp Luncurkan Fitur ‘Sekali Lihat’

Mengirimkan gambar dan video kini semakin aman

Mengambil foto atau video telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup kita. Akan tetapi, tidak semua hal yang kita bagikan perlu menjadi jejak digital yang permanen dan menghabiskan ruang penyimpanan di smartphone kamu.

Untuk memberi kendali yang lebih besar atas privasi pengguna dan apa yang mereka kirim, hari ini WhatsApp meluncurkan fitur 'Sekali Lihat' yang dapat menghilangkan foto dan video dari chat setelah dibuka.

Melalui fitur ini, pengguna dapat merasa lebih nyaman dan aman untuk mengirimkan hal-hal yang mungkin sensitif, seperti kata sandi Wi-Fi, kepada pengguna lain. Informasi selengkapnya mengenai fitur 'Sekali Lihat' dapat kamu temukan di bawah ini!

1. Apa itu fitur ‘Sekali Lihat’

Privasi Makin Aman, WhatsApp Luncurkan Fitur ‘Sekali Lihat’Fitur 'Sekali Lihat' di WhatsApp (dok. WhatsApp)

Fitur ‘Sekali Lihat’ adalah tambahan terbaru pada aplikasi WhatsApp agar privasi pengguna semakin aman. Dengan adanya ‘Sekali Lihat’, kamu bisa mengirim gambar atau video di WhatsApp yang akan hilang ketika sudah dilihat oleh penerima.

Ketika pesan telah dilihat, baik kamu maupun penerima tidak akan bisa meneruskan, menyimpan, memberikan bintang, atau membagikan pesan kepada orang lain. Jika gambar atau video tidak dilihat selama 14 hari, maka secara otomatis media tersebut akan kedaluwarsa.

2. Cara menggunakan fitur ‘Sekali Lihat’

https://www.youtube.com/embed/bOxYprpFgYk

Langkah-langkah untuk mengirimkan media ‘Sekali Lihat’ kurang lebih sama seperti mengirimkan media seperti biasanya. Setelah kamu memilih media untuk dikirimkan, kamu harus mengetuk simbol angka 1 yang ada di sebelah tombol kirim. Kemudian, kirimkan media tersebut dan foto atau video hanya akan bisa dilihat sekali saja oleh penerima.

Perlu diperhatikan bahwa kamu harus mengaktifkan fitur ’Sekali Lihat’ setiap kali kamu ingin mengirimkan media sekali lihat. Jika kamu tidak mengaktifkannya, maka foto atau video akan terkirim seperti biasa.

Baca Juga: Cara Bikin Pesan Hilang Otomatis di WhatsApp, Privasi Terjaga

3. Diluncurkan untuk menjaga privasi pengguna

Privasi Makin Aman, WhatsApp Luncurkan Fitur ‘Sekali Lihat’Tampilan penggunaan fitur 'Sekali Lihat' (dok. WhatsApp)

Masalah kebocoran data sudah sering terjadi. Informasi-informasi yang bersifat penting dan privasi dicuri oleh oknum dan dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat merugikan. Bahkan, informasi ini bisa digunakan untuk memeras seseorang.

Fitur ‘Sekali Lihat’ dibuat terenkripsi secara end-to-end. Hal ini berarti yang dapat melihat pesan hanyalah pengirim dan penerima. Bahkan, pihak WhatsApp juga tidak dapat melihat pesan yang kamu kirimkan. Dengan hadirnya fitur ini, diharapkan informasi terutama dalam bentuk gambar atau video yang bersifat personal dapat lebih terjaga dan tidak menyebar.

Hadirnya fitur ‘Sekali Lihat’ pada WhatsApp akan membuat kamu merasa lebih aman dan nyaman ketika ingin mengirimkan gambar atau video. Namun, kamu juga harus tetap waspada ketika mengirimkan pesan. Pastikan kembali pesan yang kamu ingin kirimkan dan selalu berhati-hati ketika menggunakan Internet.

Seberapa pentingkah menurutmu fitur terbaru WhatsApp ini? Bagikan jawabanmu di kolom komentar.

Baca Juga: Data Pribadimu Mahal, 7 Tips Amankan Privasi Akun Medsos

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya