Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Belanja di Toko Online, Supaya Gak Kecewa Sis!

Karena apa yang keren di gambar, belum tentu sebagus aslinya

Toko online di zaman sekarang ini sudah bukan hal yang baru lagi. Hampir semua brand terkenal di dunia saat ini juga menjual produknya secara online di website resmi mereka. 

Ketika belanja di toko online, kamu harus jeli dan hati-hati. Kamu belum tahu kondisi barang sesungguhnya seperti apa karena apa yang kamu lihat di etalase toko online hanyalah gambarnya saja. Oleh karena itu supaya tidak kecewa ketika belanja di toko online, perhatikanlah 5 tips berikut ini.

1. Perhatikan review atau ulasan dari pembeli lainnya

5 Tips Cerdas Belanja di Toko Online, Supaya Gak Kecewa Sis!unsplash,com/Campaign Creators

Sebelum kamu membeli suatu produk di toko online, biasakan untuk membaca review atau ulasan dari pembeli lainnya yang sudah pernah membeli produk tersebut.

Jangan malas untuk membaca banyak ulasan, karena biasanya ada pembeli yang mencantumkan foto asli dari produk yang mereka beli tersebut. Dengan begitu kamu jadi tahu bentuk asli dari produk yang dijual, apa kekurangannya dan apa kelebihannya. Hal itu bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membelinya.

2. Jangan malas untuk membaca deskripsi produk

5 Tips Cerdas Belanja di Toko Online, Supaya Gak Kecewa Sis!pexels.com/rawpixel.com

Biasanya di etalase produk, sang pemilik toko online akan menuliskan dengan detail deskripsi dari produk yang dijualnya. Misalnya saja pakaian, biasanya akan dituliskan terbuat dari bahan apa, ukurannya berapa, dan tersedia dalam pilihan warna apa saja.

Namun memang ada juga penjual yang tidak menuliskan deskripsi barang yang dijualnya secara lengkap. Tapi jangan khawatir karena kamu bisa menanyakan hal ini melalui fitur chat dengan penjual.

Baca Juga: Pengin Produkmu Banjir Pesanan? Ini 4 Toko Online Populer di Indonesia

3. Jangan membeli dalam jumlah banyak sekaligus

5 Tips Cerdas Belanja di Toko Online, Supaya Gak Kecewa Sis!pexels.com/Negative Space

Kalau ini adalah pengalaman pertama kamu belanja di toko online tersebut, maka jangan membeli produk yang kamu inginkan dalam jumlah banyak sekaligus. Karena kamu belum tahu kualitas barang asli dari produk yang bersangkutan.

Cobalah untuk membeli 1 atau 2 produk dulu dan tunggu hingga produk tersebut sampai ke tanganmu. Kalau memang ternyata kualitas produknya bagus, selanjutnya kamu boleh memesannya lagi sebanyak yang kamu inginkan.

4. Pilih toko online yang punya rating bagus

5 Tips Cerdas Belanja di Toko Online, Supaya Gak Kecewa Sis!unsplash.com/Brooke Lark

Kalau kamu belanja online di marketplace, perhatikan rating dari para penjual yang ada di sana. Semakin tinggi rating, berarti semakin besar tingkat kepuasan para pembeli yang pernah membeli produk di toko tersebut. Itu berarti produk yang dijualnya memang berkualitas, sesuai dengan apa yang ada pada gambar dan deskripsi produknya.

Kalau masih kurang yakin, lebih baik kamu belanja di official online store dari produk yang kamu inginkan.

5. Jangan tergiur harga murah

5 Tips Cerdas Belanja di Toko Online, Supaya Gak Kecewa Sis!pexels.com/Bruce Mars

Jangan tergiur dengan harga murah yang ditampilkan di toko online. Ada harga ada kualitas. Produk yang bagus, harganya pun pasti tidak murah. Sekalipun produk tersebut sedang diskon, harganya pasti juga tidak akan jatuh sampai murah sekali.

Kalau kamu membeli produk yang murah, maka jangan berharap produk tersebut berkualitas bagus. Kualitasnya pasti sesuai dengan harganya. Kalau kamu sadar akan hal ini, maka kamu tidak akan terlalu kecewa kalau barang yang kamu beli kualitasnya di luar harapan kamu.

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan kalau kamu ingin membeli produk secara online. Supaya tidak kecewa, berhati-hati sebelum membeli itu perlu kamu lakukan.

Baca Juga: 6 Tipe Orang Ketika Belanja, Kamu Termasuk yang Mana?

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You