Comscore Tracker

Selain PS dan Xbox Generasi Baru, 5 Konsol ini Akan Rilis Tahun 2020

Mampukah konsol-konsol ini merebut hati para gamer?

Tahun 2020 adalah tahun di mana industri konsol game akan memasuki babak baru. Setelah pada tahun 2019 diumumkan bahwa Sony dan Microsoft sedang mempersiapkan konsol generasi terbaru mereka, PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Eits, tapi tahun 2020 bukan hanya mutlak milik dua kekuatan di industri konsol game tersebut. Ada pula konsol-konsol game lain yang menawarkan konsep unik dan akan bersaing untuk merebut hati para gamer.

1. Polymega

Selain PS dan Xbox Generasi Baru, 5 Konsol ini Akan Rilis Tahun 2020looper.com

Konsol game ini hadir untuk para gamer yang kangen memainkan game-game lawas favorit mereka. Bersama Polymega, gamer dapat memainkan game-game yang pernah rilis di konsol NES, SNES, Sega Genesis, Neo Geo, dan PS1. Kita bisa bebas memainkan judul-judul game di banyak konsol jadul hanya dalam satu konsol.

Polymega memiliki mode opsi yang bisa diganti-ganti, opsi CD untuk memainkan game-game PS1, serta opsi kartrid untuk membaca judul-judul game NES, SNES, dan Genesis. Konsol ini dibuat oleh Playmaji, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di California, Amerika Serikat. Polymega dijadwalkan akan dirilis pada Februari 2020.

2. TurboGrafx-16 Mini

Selain PS dan Xbox Generasi Baru, 5 Konsol ini Akan Rilis Tahun 2020gamezillamedia.com

Konsol ini merupakan versi mini dari TurboGrafx-16 yang pernah rilis di akhir tahun 80'an. TurboGrafx-16 Mini, disebut juga PC Engine Mini di Jepang atau PC Engine CoreGrafx Mini di Eropa, adalah konsol game khusus buatan Konami yang terinspirasi model TurboGrafx-16 NEC, rancangan Hudson Soft. Konsol ini dijadwalkan rilis pada Maret 2020 bersama 57 pre-loaded gamenya.

3. Evercade

Selain PS dan Xbox Generasi Baru, 5 Konsol ini Akan Rilis Tahun 2020ouronlinegame.net

Evercade adalah konsol portable terbaru berbasis kartrid yang unik, karena gamer bisa memainkan game-game retro rilisan Atari, Interplay, dan Namco dalam satu genggaman. Evercade menggunakan kartrid pihak ketiga, yang nama di setiap kartrid terdiri dari kompilasi yang berisi 6 hingga 20 game. Konsol game Evercade ini akan dirilis pada April 2020.

Baca Juga: 9 Game Digimon Terbaik di Konsol PS1, Bikin Anak 90an Nostalgia Banget

4. Intellivision Amico

Selain PS dan Xbox Generasi Baru, 5 Konsol ini Akan Rilis Tahun 2020looper.com

Di masa lalu, Intellivision merupakan salah satu dari sedikit pesaing di tengah dominasi Atari. Mereka terkenal karena menawarkan controller dan grafis superior di masanya. Pada tahun 2020, Intellivision mencoba 'bangkit dari kubur' dengan merilis Intellivision Amico.

Konsol ini dapat menjalankan banyak permainan bergrafis 2D dengan gameplay sederhana. Game bergrafis 3D mungkin masih bisa dijalankan, asalkan mudah dimainkan dan mudah dipelajari. Intellivision Amico akan rilis dipasaran pada Oktober 2020.

5. Atari VCS

Selain PS dan Xbox Generasi Baru, 5 Konsol ini Akan Rilis Tahun 2020thepopinsider.com

Sudah 27 tahun berlalu sejak Jaguar dirilis, dan nampaknya Atari akan kembali ke pasar konsol pada tahun 2020 dengan merilis VCS. Meskipun dari luar terlihat mirip dengan Atari 2600, tapi konsol ini memiliki semua keunggulan yang dimiliki konsol modern: resolusi 4K, Bluetooth controller, kemampuan streaming, dan masih banyak lagi. Atari VCS diharapkan dapat memainkan game-game modern dan streaming media hiburan melalui OS berbasis Linux.

Di konsol ini pengguna dapat mengunduh dan menginstal game-game kompatibel lainnya. Terdapat pula Mode Sandbox yang akan memungkinkan pengguna menginstal OS lain, seperti menjalankan OS Windows dan memainkan game Fortnite melalui Epic Games Launcher. Terlihat menarik bukan?

Itulah 5 konsol game selain PlayStation 5 dan Xbox Series X yang siap meramaikan pasar konsol di tahun 2020. Mampukah konsol-konsol ini mencuri perhatian gamer dan mengganggu dominasi pasar PS dan Xbox?

Baca Juga: Sega Dreamcast dan 6 Konsol Game Lain Ini Gagal Secara Mengenaskan

Muhammad Faisal Photo Writer Muhammad Faisal

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya