Comscore Tracker

8 Aplikasi Android dan iOS yang Mendukung Foto Format RAW, Coba yuk!

Dijamin kualitas fotomu lebih paripurna

Memotret foto dengan format RAW memiliki banyak keuntungan dibanding menjepret dengan format JPEG. Di antaranya, kamu bisa mendapatkan kualitas gambar terbaik, bisa mengoreksi gambar yang over exposure atau under exposure dengan mudah, mendapatkan detail foto yang lebih baik dan lain sebagainya.

Foto dengan format RAW tidak hanya bisa diedit lewat aplikasi di PC, tetapi bisa juga lewat aplikasi di smartphone. Bukan hanya mengedit, tetapi kamu juga bisa menjepret gambar dengan format RAW! Aplikasi apa saja yang bisa dicoba? Simak rekomendasinya di sini!

1. Adobe Lightroom

8 Aplikasi Android dan iOS yang Mendukung Foto Format RAW, Coba yuk!youtube.com

Dengan Adobe Lightroom, kamu bisa mengimpor, mengedit dan mensinkronkan foto yang memiliki format RAW. Fitur ini tersedia sejak Juli 2016 dan bisa dipakai hingga sekarang.

Dengan dukungan format RAW, kamu bisa menyesuaikan white balance, mengedit highlight, mengakses data warna asli dan lainnya dengan mudah dan cepat. Foto yang sudah diedit bisa langsung disimpan di gadget dan diunggah di sosial media. 

2. ProShot

8 Aplikasi Android dan iOS yang Mendukung Foto Format RAW, Coba yuk!windowscentral.com

Aplikasi selanjutnya yang bisa dicoba adalah ProShot. Sama seperti Lightroom, Proshot juga menyediakan dukungan untuk RAW (.DNG).

Untuk mengaktifkan RAW, buka panel pengaturan dan ketuk tombol JPEG. Mode ini akan berganti antara JPEG, JPEG + RAW atau RAW saja. Dengan fitur ini, kamu bisa menjepret gambar dengan format RAW. Tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua device mendukung fitur ini, ya!

3. ProCam

8 Aplikasi Android dan iOS yang Mendukung Foto Format RAW, Coba yuk!igeeksblog.com

Aplikasi ProCam tersedia ekslusif untuk pengguna iOS. Dengan ProCam, kamu bisa memotret foto dengan format RAW, baik dalam mode otomatis maupun manual.

Fitur ini tersedia untuk semua iOS device yang memiliki kamera beresolusi 12 megapiksel. Foto dengan format RAW ini akan disimpan dengan format DNG dan bisa langsung diedit di aplikasi yang sama, jelas laman Pro Camera melalui website resminya.

4. MuseCam

8 Aplikasi Android dan iOS yang Mendukung Foto Format RAW, Coba yuk!geckoandfly.com

Satu lagi aplikasi yang tersedia khusus untuk iOS, yaitu MuseCam! Dengan aplikasi ini, kamu bisa menjepret foto dengan format RAW sekaligus mengeditnya langsung apabila sudah selesai memotret.

MuseCam membebaskan penggunanya untuk menyesuaikan rona, mengatur saturasi, bermain dengan kurva dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memotret foto secara manual lewat aplikasi MuseCam ini. Super lengkap!

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Foto yang Wajib Dimiliki oleh Fotografer Profesional

5. 500px

8 Aplikasi Android dan iOS yang Mendukung Foto Format RAW, Coba yuk!geckoandfly.com

Lagi-lagi, aplikasi dengan dukungan format RAW tersedia khusus untuk pengguna iOS. Mari berkenalan dengan aplikasi bernama 500px ini! 500px menyediakan fitur agar penggunanya bisa memotret dengan format RAW.

Sehingga hasil foto akan tampil dengan kualitas tertinggi, lebih halus dan mudah untuk diedit. Selain itu, foto dengan format RAW memiliki noise yang lebih sedikit daripada foto dengan format JPEG.

6. Halide

8 Aplikasi Android dan iOS yang Mendukung Foto Format RAW, Coba yuk!cultofmac.com

Aplikasi iOS lain yang mendukung format RAW adalah Halide. Ketika kita menjepret foto dengan format RAW, maka hasil yang disimpan adalah dua versi sekaligus, yakni RAW dan JPEG.

Namun, bersiap-siaplah, karena hasil gambar yang disimpan dengan format RAW memiliki ukuran yang sangat besar, yakni di atas 12 MB! Setelah memotret, jangan lupa untuk mengeditnya agar mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal.

7. Flannl

8 Aplikasi Android dan iOS yang Mendukung Foto Format RAW, Coba yuk!appadvice.com

Masih banyak aplikasi lain yang bisa dicoba. Salah satunya adalah Flannl yang tersedia untuk pengguna iOS.

Dengan Flannl, kamu bisa memotret gambar dengan format RAW. Ketika gambar selesai diambil, foto akan disimpan dalam format DNG. Menariknya lagi, kamu bisa mengatur kamera secara manual, seperti mengubah ISO, shutter speed, white balance atau aperture. All in one!

8. CameraPixels

8 Aplikasi Android dan iOS yang Mendukung Foto Format RAW, Coba yuk!improvephotography.com

Terakhir, ada aplikasi Camera Pixels yang bisa kamu coba. Sama seperti yang lain, aplikasi ini tersedia ekslusif untuk pengguna iOS.

Tak cuma bisa mengatur kamera secara manual, seperti mengutak-atik ISO, shutter speed, aperture dan white balance, kamu juga bisa menjepret foto dengan format RAW dan akan tersimpan secara otomatis dengan format DNG. Cara penggunaannya pun mudah dipahami, bahkan oleh awam sekalipun!

Nah, itulah 8 aplikasi yang bisa mengambil gambar dalam format RAW, baik di iOS maupun Android. Tertarik mencoba salah satu di antaranya?

Baca Juga: 7 Tips Edit Foto dengan Snapseed, Agar Hasil Jepretanmu Makin Kece

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You