Comscore Tracker

Gak Nyangka, 8 App Populer Ini Dibuat dengan Bahasa Pemrograman Phyton

Apakah ada aplikasi yang kamu gunakan sehari-hari?

Bahasa pemrograman apa yang paling populer saat ini? Menurut laman Stackify, 5 bahasa pemrograman yang paling populer di tahun 2019 adalah Java, C++, JavaScript, Ruby dan Phyton. Untuk yang paling terakhir, Phyton banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi GUI desktop, situs website dan aplikasi website.

Lantas, aplikasi apa saja yang ditulis dengan bahasa pemrograman Phyton? Aplikasi di bawah ini adalah contohnya. Mana yang paling sering kamu gunakan?

1. Dropbox

Gak Nyangka, 8 App Populer Ini Dibuat dengan Bahasa Pemrograman Phytonpopsci.com

Dropbox pertama kali diluncurkan pada September 2008. Phyton berperan besar terhadap Dropbox, baik aplikasi komputer atau server ditulis dengan bahasa pemrograman ini. Menurut Drew Houston, salah satu pendiri Dropbox, Phyton dipilih karena kesederhanaan, fleksibilitas dan keanggunannya, ungkap laman Code Institute.

2. Spotify

Gak Nyangka, 8 App Populer Ini Dibuat dengan Bahasa Pemrograman Phytonbillboard.com

Siapa yang mengandalkan Spotify untuk memutar lagu-lagu kesayangan? Rupanya, Spotify yang dirilis pada 7 Oktober 2008 ditulis dengan bahasa pemrograman Phyton! Menurut laman X1 Group, Phyton bertanggung jawab atas sistem back-end dan analitik Spotify. Sekitar 80 persen dari layanan Spotify ditulis dengan bahasa pemrograman Phyton.

3. Netflix

Gak Nyangka, 8 App Populer Ini Dibuat dengan Bahasa Pemrograman Phytonhypebeast.com

Kamu adalah penganut netflix and chill? Belum sah rasanya bila belum tahu kalau Netflix ditulis dalam bahasa pemrograman Phyton! Menurut laman X1 Group, Phyton bertanggung jawab untuk seluruh analisis data dan rekomendasi mesin. Selain itu, Netflix memakai Phyton untuk otomatisasi keamanan, klasifikasi risiko, remediasi otomatis dan identifikasi kerentanan, ujar laman ZD Net.

4. Instagram

Gak Nyangka, 8 App Populer Ini Dibuat dengan Bahasa Pemrograman Phytonlifewire.com

Aplikasi kesayangan kita ini ternyata ditulis dengan bahasa pemrograman Phyton! Dengan Phyton, Instagram meluncurkan aplikasi yang sederhana, minimalis namun berjalan cepat untuk berbagi gambar. Phyton digunakan untuk bagian back-end, sementara bagian front-end ditulis dengan bahasa pemrograman React Native.

Baca Juga: 6 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Paint Terbaik untuk Mac 2019

5. Facebook

Gak Nyangka, 8 App Populer Ini Dibuat dengan Bahasa Pemrograman Phytonmedium.com

Sekitar 21 persen dari keseluruhan kode Facebook ditulis dengan bahasa pemrograman Phyton. Sisanya, Facebook ditulis dalam banyak bahasa, termasuk PHP, C, C++, Erlang dan lainnya. Sebagian besar bahasa pemrograman Facebook ditulis dengan PHP, sementara C++, Java, Phyton dan Erlang dipakai di bagian back-end, ungkap laman Stack Overflow.

6. Google

Gak Nyangka, 8 App Populer Ini Dibuat dengan Bahasa Pemrograman Phytoninsider.com

Phyton adalah bahasa pemrograman resmi di Google, selain Java dan C++. Sebagian besar algoritma pencarian di Google ditulis dalam bahasa pemrograman Phyton dan C++. Phyton dianggap bisa menangani sejumlah besar data secara mulus dengan kinerja yang cepat dan aman, terang laman X1 Group. 

7. Quora

Gak Nyangka, 8 App Populer Ini Dibuat dengan Bahasa Pemrograman Phytonhindustantimes.com

Quora memerlukan bahasa pemrograman yang handal, fleksibel dan sederhana. Akhirnya, pendiri Quora memutuskan memilih Phyton sebagai bahasa pemrograman utama. Menurutnya, keterbacaan dan efisiensi Phyton menjadikannya bahasa pemrograman yang lebih unggul dibanding PHP, ungkap Paragyte Technologies.

8. Reddit

Gak Nyangka, 8 App Populer Ini Dibuat dengan Bahasa Pemrograman Phytonalphr.com

Terakhir, aplikasi yang ditulis dengan bahasa pemrograman Phyton adalah Reddit. Pada mulanya, Reddit ditulis dengan Common Lisp, namun ditulis ulang dengan Phyton sejak Desember 2005. Hal ini dilakukan karena Phyton memberi akses yang lebih luas ke perpustakaan kode, memiliki sifat yang ringkas serta fleksibilitas yang bisa diandalkan.

Nah, itulah 8 aplikasi yang ditulis dengan bahasa pemrograman Phyton. Aplikasi mana nih yang paling sering kamu gunakan sehari-hari?

Baca Juga: 5 Aplikasi Terbaik Pengubah Gambar 2D Menjadi 3D Secara Instan

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You