Comscore Tracker

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Musisi, Membantu Banget!

Tanpa disadari, kamu pasti membutuhkannya

Seorang musisi membutuhkan aplikasi untuk menunjang hobi dan profesinya. Misalnya, aplikasi tuner untuk menentukan akurasi setelan alat musik. Atau aplikasi audio recording untuk merekam lagu dari perangkat smartphone.

Memang, aplikasi ini tidak bisa menggantikan perangkat lunak profesional yang dijalankan di PC atau Mac. Namun setidaknya ini bisa membantu! Apa sajakah aplikasi yang dimaksud?

1. gStrings Tuner

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Musisi, Membantu Banget!androidauthority.com

Penting untuk memastikan instrumen atau alat musik kita mengeluarkan nada yang jelas. Gunakan gStrings Tuner untuk menyetem gitar dan instrumen lain, seperti biola, piano, viola, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini memungkinkan untuk mengukur nada musik dan mendukung berbagai frekuensi. gStrings Tuner tersedia dalam versi gratis tetapi berisi iklan dan versi berbayar seharga US$3,99 (Rp59 ribu). Karena kualitasnya, gStrings Tuner telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store.

2. Audio Evolution Mobile Studio

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Musisi, Membantu Banget!apkpure.com

Dengan Audio Evolution Mobile Studio, kamu bisa menciptakan musik dengan aplikasi. Bahkan, aplikasi ini punya instrumen serta alat bawaan yang bisa dimainkan secara digital. Fitur lainnya adalah dukungan untuk antarmuka audio USB, perekaman multi-track, dukungan MIDI, berbagai efek audio, dan fitur pengeditan.

Laman Android Authority merekomendasikan aplikasi ini untuk merekam dan mengedit musik di smartphone. Tapi, aplikasi ini tidak gratis. Kamu perlu membayar Rp139 ribu untuk menjalankan aplikasi ini.

3. Metronome Beats

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Musisi, Membantu Banget!apkpure.com

Saat bermain musik, kita perlu memperhatikan tempo agar tidak terlalu lambat atau terlalu cepat. Gunakan aplikasi metronom bernama Metronome Beats yang diluncurkan oleh Stonekick. Aplikasi ini mendukung 1-300 detak per menit.

Menariknya, Metronome Beats mendukung pemutaran latar belakang. Sehingga, kita bisa beralih ke aplikasi lain dan metronom tetap berjalan. Tak usah ragu, sebab aplikasi ini gratis dan mendapatkan lebih dari 10 juta unduhan di Google Play Store.

4. MuseScore

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Musisi, Membantu Banget!apkpure.com

Ingin membuat partitur musik? Coba pakai aplikasi MuseScore. Aplikasi ini juga tersedia dalam versi desktop di mana kita bisa membuat notasi musik. Kurang lebih, ada sekitar 1 juta catatan musik (sheet music) gratis yang bisa diakses di MuseScore.

Catatan musik ini bisa dimainkan dengan berbagai instrumen, mulai dari piano, biola, terompet, seruling, dan lainnya. Kamu bisa menemukan sheet music dari komposer klasik sampai musisi pop. 

Tersedia versi gratis, tetapi ada pula versi berbayar. Per bulan dipatok tarif US$6,99 (Rp104 ribu) dan per tahun sekitar US$49,99 (Rp746 ribu). Walau agak pricey, tapi sebanding dengan manfaatnya!

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Kolase Foto Instagram, Supaya Makin Keren!

5. Hi-Q MP3 Voice Recorder

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Musisi, Membantu Banget!4appsapk.com

Apa keunggulan Hi-Q MP3 Voice Recorder dari aplikasi perekam suara lainnya? Aplikasi ini bisa mengambil sampel audio 44kHz, bisa merekam dalam format MP3, mendukung format WAV, OGG, M4A, dan FLAC, jelas laman Android Authority.

Aplikasi ini cocok untuk musisi yang ingin merekam ide atau lagu baru yang sedang mereka kerjakan. Di versi gratis, kamu hanya bisa merekam dengan durasi maksimal 10 menit per sesi. Upgrade ke versi berbayar seharga $3,49 (Rp52 ribu) untuk merekam tanpa batas waktu.

6. Ultimate Guitar

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Musisi, Membantu Banget!ultimate-guitar.com

Lupa-lupa ingat dengan chord gitar? Unduh Ultimate Guitar: Tabs & Chords saja! Aplikasi ini menyediakan 1,4 juta chord dan tab untuk gitar, ukulele, dan bass. Dilengkapi pula dengan not, partitur dan lirik lagu. Lengkap!

Tersedia versi berbayar dengan akses ke 250.000+ tab interaktif dengan pemutaran suara yang realistis. Ultimate Guitar juga menyediakan tuner yang akurat dan metronom yang presisi.

Versi pro bisa diakses dengan membayar US$5,99 (Rp89 ribu) per bulan atau US$39,99 (Rp597 ribu) untuk keanggotaan selamanya. Worth it!

7. KORG Kaossilator

7 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Musisi, Membantu Banget!futuremusic-es.com

KORG Kaossilator merupakan aplikasi synthesizer di mana kita bisa menciptakan musik instrumental dengan menggerakkan jari di panel sentuh. Ada beragam pilihan suara, mulai dari suara elektronik, akustik, hingga drum.

Totalnya ada 150 suara bawaan di aplikasi ini. Kamu bisa menciptakan musik EDM, hip-hop, techno, house music, dubstep, nu-disco, dan elektro. Ada 35 macam skala yang bisa dipilih, mulai dari chromatic, mayor, minor, hingga blues. Untuk mengakses aplikasi ini, kamu perlu membayar Rp239 ribu dulu.

Nah, itulah 7 aplikasi yang berguna untuk musisi. Install di device masing-masing, yuk!

Baca Juga: 7 Aplikasi Perekam Panggilan Terbaik, Bisa untuk Menyimpan Bukti

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya