Comscore Tracker

7 Cara Menemukan Hashtag yang Tepat untuk FYP TikTok

Hashtag penting untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan

Ada sebagian orang yang main TikTok untuk having fun. Tapi, ada juga yang ingin agar semakin populer. Agar populer dan di-notice banyak orang, kamu harus pintar memilih hashtag. Fungsi hashtag adalah untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan agar semakin dikenal.

Tanpa berlama-lama, inilah cara menemukan hashtag yang tepat untuk TikTok supaya makin terkenal. Gulirkan layarmu ke bawah, yuk!

1. Temukan hashtag yang relevan

7 Cara Menemukan Hashtag yang Tepat untuk FYP TikToknytimes.com

Bagaimana cara menemukan hashtag yang relevan? Kamu bisa menemukan hashtag yang sesuai dengan isi kontenmu. Misalnya, kamu membuat konten untuk duet lagu dengan kreator lain, berikan hashtag #duet, #duetme, dan #duetmechallenge.

Gunakan hashtag yang relevan supaya orang dengan minat yang sama bisa menemukan kontenmu. Jika kamu memasukkan hashtag yang tidak ada kaitannya dengan isi konten, kamu mungkin dianggap mendompleng hashtag tertentu agar kontenmu dilihat dan mungkin tak akan dilirik sama sekali.

2. Buatlah konten berdasarkan hashtag yang sedang trending saat ini

7 Cara Menemukan Hashtag yang Tepat untuk FYP TikTokdailymail.co.uk

Coba klik menu "Discover" dan tekan "Hashtag", maka kamu akan menemukan sederet hashtag yang sedang trending saat ini. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengetahui berapa kali hashtag itu digunakan.

Dari sini, kamu mungkin akan menemukan ide baru untuk konten TikTok. Ingatlah quote populer yang ada di film Heartbreak Ridge: "Improvise, adapt, overcome". Kamu bisa meniru konten orang lain, namun lakukan improvisasi agar tidak mirip 100 persen dan tetap ada ciri khasmu.

3. Ketahui hashtag yang paling sering digunakan di TikTok

7 Cara Menemukan Hashtag yang Tepat untuk FYP TikToktuexpertoapps.com

Lakukan riset mengenai hashtag apa yang paling umum dan banyak digunakan di TikTok. Kalau menurut laman Influencer MarketingHub, hashtag TikTok yang paling umum digunakan adalah #tiktok, #explore, #follow, #like, #followforfollowback, #video, dan #love.

Sementara, hashtag yang paling populer dan banyak digunakan adalah #foryoupage, #fyp, #foryou #viral, #bestvideo, #tiktok4fun, #thisis4u, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan hashtag ini, ada kemungkinan video TikTok-mu dilihat banyak orang. Rajin-rajinlah untuk riset dan browsing, ya!

4. Coba padukan hashtag yang spesifik dan populer

7 Cara Menemukan Hashtag yang Tepat untuk FYP TikTokthinkmonsters.com

Tahukah kamu kalau tiga hashtag populer (#fyp, #foryou, dan #foryoupage) memiliki 6 triliun penayangan di TikTok? Sehingga, terkadang memakai hashtag ini tidak membuat video kita populer. Justru sebaliknya, video kita akan "tenggelam" di lautan hashtag.

Laman Later.com menyarankan untuk menggabungkan hashtag populer dan spesifik. Contoh, menggabungkan hashtag #fyp, #foryou, dan #foryoupage dengan 2-3 hashtag yang spesifik yang sesuai dengan isi konten dan audiens kita.

It's about trial and error. Terkadang cara ini berhasil, namun tak jarang pula gagal. Teruslah mencoba dan sesekali pantau analytics kita.

Baca Juga: Ini 7 Cara Mudah Menjadi Viral dan Populer di TikTok

5. Gunakan Hashtag Finder Tools atau sejenisnya

7 Cara Menemukan Hashtag yang Tepat untuk FYP TikTokTikTokHashtags.com

Inilah cara tercepat untuk menemukan hashtag di TikTok, yakni menggunakan alat pencari hashtag. Platform seperti ini memang lebih banyak tersedia untuk Instagram, tetapi untuk TikTok, kamu bisa menuju ke situs TikTokHashtags.com, saran laman Influencer MarketingHub.

Dengan alat ini, kamu bisa menemukan hashtag yang relevan dalam hitungan detik. Yang perlu kita lakukan hanya memasukkan kata kunci yang diinginkan, lalu platform ini akan memunculkan hashtag lain yang masih berkaitan.

6. Pastikan hashtag itu mudah dicari

7 Cara Menemukan Hashtag yang Tepat untuk FYP TikTokoldtowncrier.com

Tak kalah penting, hashtag itu harus mudah untuk ditemukan. Dan hashtag itu memiliki kesesuaian dengan apa yang dicari. Misalnya, kita ingin mencari tentang cara mewarnai rambut, gunakan hashtag #hairdye. Atau, jika ingin mencari cara membuat eyeliner yang benar, gunakan hashtag #eyelinertutorial.

Kemungkinan besar, hasil yang muncul sesuai dengan hashtag tersebut. Jadi pastikan kamu menggunakan hashtag yang tepat dan relevan agar mudah ditemukan oleh orang lain.

7. Membuat hashtag sendiri? Kenapa tidak?

7 Cara Menemukan Hashtag yang Tepat untuk FYP TikTokdisruptiveadvertising.com

Tak ada salahnya untuk membuat hashtag sendiri. Ini bisa menjadi signature atau ciri khasmu. Gunakan frasa yang unik, catchy, dan mudah diingat. Misalnya, jika namamu adalah Jenna dan konten TikTok-mu adalah review makanan, gunakan hashtag #ApprovedByJenna.

Contoh lain dalam skala korporasi adalah hashtag #FentyBeautyHouse yang dipopulerkan oleh perusahaan kecantikan Fenty Beauty milik Rihanna. Hashtag ini tidak hanya berisi produk yang dipasarkan oleh Fenty Beauty, tetapi juga menciptakan komunitas daring yang berisi para make up enthusiast.

Nah, itulah cara menemukan hashtag yang tepat untuk TikTok supaya semakin populer dan dikenal banyak orang. Coba terapkan dan semoga berhasil!

Baca Juga: Cara Menemukan Hashtag Instagram yang Tepat, Postinganmu Akan Ramai

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya