Comscore Tracker

Pernah Merasakan? Ini 10 Fitur Windows Terburuk Sepanjang Masa Pt.2

Menurutmu, mana yang paling buruk?

Bisa dibilang, OS Windows adalah sistem operasi yang paling sukses dan banyak digunakan saat ini. Menurut laman Global Stat Counter, Windows memimpin dengan raihan 77,93 persen dan disusul oleh Mac OS di urutan kedua dengan market share 15,93 persen. Sisanya diisi oleh Linux, Chrome OS dan Free BSD.

Tidak selamanya fitur Windows inovatif dan interaktif. Ada kalanya Windows menciptakan fitur yang gagal atau kurang berhasil di pasaran. Apa saja fitur yang dimaksud?

1. USB pada OS Windows 95

Pernah Merasakan? Ini 10 Fitur Windows Terburuk Sepanjang Masa Pt.2howtogeek.com

Saat ini, kita sedang dimanjakan dengan kehadiran USB 3.0. USB jenis ini 10 kali lebih cepat dari USB 2.0, sehingga kita bisa mentransfer data dengan cepat.

Namun, berbeda dengan USB yang muncul di era OS Windows 95. Windows 95 datang mendahului USB standar, sehingga perlu dukungan tambahan lewat patch Windows 95 OSR 2.1. Ribet, ya?

2. Windows Genuine Advantage

Pernah Merasakan? Ini 10 Fitur Windows Terburuk Sepanjang Masa Pt.2barp.internetdsl.pl

Bertahun-tahun lalu, Windows meluncurkan Windows Genuine Advantages. Dengan ini, kamu bisa memeriksa apakah OS Windows yang kamu pakai itu bajakan atau asli.

Namun, beberapa pengguna mengeluhkan hal ini. Pasalnya, notifikasi pop-up dari fitur ini tetap muncul walau mereka sudah menggunakan OS Windows versi orisinal, ungkap PC World.

3. Notifikasi pop-up Windows Update

Pernah Merasakan? Ini 10 Fitur Windows Terburuk Sepanjang Masa Pt.2serverfault.com

Satu lagi notifikasi pop-up menyebalkan dari Windows. Kali ini 'pelakunya' adalah Windows Update yang ada di OS Windows 7. Notifikasi ini terus muncul agar kita melakukan reboot PC dengan segera.

Apabila kita tidak melakukannya, notifikasi ini akan muncul setiap 10 menit sekali. Menurut pengguna, notifikasi ini sangat annoying.

4. End task yang tidak bekerja optimal

Pernah Merasakan? Ini 10 Fitur Windows Terburuk Sepanjang Masa Pt.2pc-freak.net

Rasanya menyebalkan ketika PC kita hang. Lebih menyebalkannya lagi, ketika kita berusaha mengakhiri aplikasi yang lemot itu dengan fitur End Task, tapi fitur itu tidak bekerja dengan optimal.

Meski sudah mengklik End Process berulang kali, tapi PC kita tetap hang. Ini terjadi pada pengguna OS Windows XP, jelas laman PC World.

5. Notifikasi pop-up User Account Control

Pernah Merasakan? Ini 10 Fitur Windows Terburuk Sepanjang Masa Pt.2microsoft.com

Apakah notifikasi pop-up yang menyebalkan itu sudah selesai? Ada satu lagi yang mengesalkan, yaitu notifikasi User Account Control (UAC). Sebenarnya, tujuan UAC baik, yaitu memastikan bahwa program yang berjalan aman.

Namun, pop-up ini menyebalkan karena kita diminta untuk memasukkan username dan kata sandi setiap kali hendak menjalankan suatu program atau aplikasi. Tentunya, ini menyita waktu lebih dan membuat kita terganggu.

Baca Juga: Lebih dari 30 Tahun, Ini Evolusi Sistem Operasi Windows dari Microsoft

6. Notifikasi iklan di Windows 10

Pernah Merasakan? Ini 10 Fitur Windows Terburuk Sepanjang Masa Pt.2windows.com

Notifikasi menyebalkan tidak berhenti di OS Windows 7. Di Windows 10, masih ada notifikasi pop-up yang mengganggu.

Parahnya lagi, notifikasi yang muncul kadang-kadang tidak terlalu penting, seperti notifikasi yang memberitahukan iklan dari situs website. Iklan ini akan muncul jika kita tidak sengaja menghidupkan notifikasi di situs tersebut.

7. Notifikasi ActiveX

Pernah Merasakan? Ini 10 Fitur Windows Terburuk Sepanjang Masa Pt.2dummies.com

Tak sedikit pengguna yang mengeluh karena notifikasi ActiveX. Salah satunya ialah Shane di situs Microsoft Community. Ia mengeluhkan notifikasi ActiveX di OS Windows Vista miliknya dan berkata kalau notifikasi itu mencegah halaman browser memuat informasi.

Namun, hal ini bisa diatasi dengan mengklik Tools > Internet Options > Security > Internet > Custom Level > ActiveX Controls and Plug-insSetelahnya, pilih Run > hapus centang di sebelah PromptLalu pilih untuk menonaktifkannya.

8. Registry

Pernah Merasakan? Ini 10 Fitur Windows Terburuk Sepanjang Masa Pt.2microsoft.com

The Registry bisa jadi salah satu fitur terburuk yang ada di Windows. Menurut laman PC World, Microsoft agak teledor dengan menempatkan banyak bagian penting dari data konfigurasi Windows di satu tempat. Dengan demikian, jika ada satu masalah kecil, maka akan membuat PC milikmu menjadi bencana.

9. Internet explorer 6

Pernah Merasakan? Ini 10 Fitur Windows Terburuk Sepanjang Masa Pt.2myce.com

Kita semua paham kalau kecepatan jelajah Internet Explorer jauh di bawah Mozilla Firefox atau Chrome. Begitu pula dengan Internet Explorer 6 yang dirilis pada 27 Agustus 2001. Namun, menurut situs penasihat keamanan Secunia, ada 24 kerentanan yang belum diperbaiki di Internet Explorer 6.

Akibatnya, keamanan browser buatan Microsoft ini kerap diragukan. Pengguna takut jika data pribadi mereka diretas oleh hacker, mengingat rentannya Internet Explorer 6 ini. Tak heran jika pengguna lebih memilih memakai browser lain dibanding Internet Explorer 6.

10. Microsoft Network (MSN)

Pernah Merasakan? Ini 10 Fitur Windows Terburuk Sepanjang Masa Pt.2reddit.com

The last one, ada Microsoft Network (MSN). Layanan instant messaging ini memiliki sejumlah kekurangan, tetapi yang paling menonjol adalah kita tidak bisa mengontrol siapa yang menambahkan kita ke daftar kontak mereka. Orang asing ini bisa melakukan percakapan pada kita meski kita tidak menginginkannya.

Tak heran, jika banyak pengguna MSN memilih untuk menghapus pertemanan atau memblokir mereka. Bukan hanya itu, orang lain juga bisa menyisipkan file berisi virus serta bisa meretas akun hotmail kita, jelas laman The WritePass Journal. Pengguna MSN sepakat kalau sistem keamanannya perlu diperbaiki.

Nah, itulah 10 fitur yang paling buruk sepanjang masa yang perlu kamu ketahui. Kalau menurutmu, mana yang paling annoying?

Baca Juga: Pernah Mengalami? 10 Fitur Windows Paling Buruk Sepanjang Masa Pt.1

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You