Comscore Tracker

5 Fitur di Aplikasi Strava yang Bikin Termotivasi Olahraga

Manfaatkan fiturnya semaksimal mungkin, ya!

Ada banyak aplikasi pelacak olahraga yang beredar di pasaran. Salah satunya adalah Strava, yang sangat terkenal dan memiliki sekitar 76 juta pengguna di seluruh dunia. Strava paling banyak dipakai untuk melacak aktivitas fisik seperti berlari atau bersepeda.

Kalau dimanfaatkan dengan baik, fitur-fitur dalam aplikasi Strava bisa bikin kita termotivasi olahraga, lho! Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Rajin mengikuti tantangan

5 Fitur di Aplikasi Strava yang Bikin Termotivasi OlahragaFitur "Challenges" di aplikasi Strava. (IDN Times/Nena Zakiah)

Mengutip situs website resminya, Strava menawarkan beberapa jenis tantangan (challenge) sebagai cara yang menyenangkan untuk memotivasi dan mendorong seseorang mencapai tujuan tertentu. Tantangannya bisa berlangsung sehari, beberapa hari, beberapa minggu, hingga sebulan penuh.

Kita diminta untuk mencapai target jarak, ketinggian, atau waktu tertentu. Bisa juga berupa aktif berolahraga beberapa hari dalam seminggu atau memenuhi 300 menit aktivitas fisik dalam 3 minggu, misalnya.

Tantangan tersebut berupa jalan kaki, lari, bersepeda, berenang, mendaki, latihan beban, CrossFit, yoga, dan lainnya. Setiap kali kita berhasil menuntaskan tantangan, muncul tanda centang dengan tulisan "completed".

Kemudian, ada badge yang tersimpan di koleksi Trophy Case kita. Selain itu, kita bisa melihat nama kita beserta urutannya dalam leaderboard ranking, yang berisi nama orang-orang di seluruh dunia yang mengikuti tantangan itu. Keren!

2. Membuat tantangan sendiri dengan teman-teman

5 Fitur di Aplikasi Strava yang Bikin Termotivasi OlahragaFitur "Group Challenges" di aplikasi Strava. (IDN Times/Nena Zakiah)

Jika tantangan yang disediakan Strava kurang seru atau terlalu sedikit, kita bisa membuat tantangan sendiri dengan teman-teman. Untuk versi gratis, kita hanya bisa membuat tiga Group Challenges saja.

Pertama, pilih tipe tantangan yang disepakati bersama. Apakah aktivitas terbanyak (dari segi jarak, waktu, dan ketinggian)? Upaya tercepat (dengan jarak yang telah ditentukan)? Atau aktivitas tunggal terpanjang?

Lalu, kamu bisa menentukan jarak tempuh (dengan satuan meter, kilometer, mil, dan kaki) atau durasi (dengan satuan menit dan jam). Pilih jenis olahraga, yang total keseluruhannya berjumlah 34 jenis olahraga.

Terakhir, kamu bisa menentukan tanggal dimulai dan berakhirnya tantangan. Tak lupa, berikan nama dan deskripsi untuk tantangan tersebut. Klik "Create" dan voila! Tantangan yang kamu buat sudah jadi!

3. Bergabung ke dalam klub

5 Fitur di Aplikasi Strava yang Bikin Termotivasi OlahragaFitur "Clubs" di aplikasi Strava. (IDN Times/Nena Zakiah)

Merasa kurang semangat olahraga? Gabung ke dalam klub saja! Dengan masuk ke klub, kita bisa berkenalan dan berinteraksi dengan sesama penyuka olahraga.

Interaksi yang dimaksud berupa memberikan komentar, kudos (semacam likes), atau bahkan saling mengikuti akun Strava masing-masing. Siapa tahu, suatu saat bisa bertemu dan janjian olahraga bareng!

Tidak hanya bergabung ke dalam klub yang sudah terbentuk, kita juga bisa mendirikan klub sendiri. Ini adalah forum yang sempurna untuk berbagi konten, menyebarkan berita, mengatur acara, serta mendapatkan feedback dari sesama anggota.

Baca Juga: Mengenal Google Fit, Aplikasi Pemantau Kebugaran dalam Genggaman 

4. Koleksi lencana sebanyak-banyaknya sebagai bentuk kebanggaan

5 Fitur di Aplikasi Strava yang Bikin Termotivasi OlahragaKoleksi badge dalam "Trophy Case" di aplikasi Strava. (IDN Times/Nena Zakiah)

Strava menjelaskan bahwa Trophy Case menampilkan semua tantangan yang sudah kita selesaikan. Setiap lencana (badge) kita akan dipajang sesuai urutan tanggal penyelesaian.

Bagaimana cara mengakses Trophy Case? Pertama, buka aplikasi Strava. Lalu pergi ke You > Profile > geser layar ke bawah dan klik All Trophies. Menariknya, kita bisa membagikan pencapaian kita ke sosial media seperti Twitter dan Facebook serta aplikasi perpesanan seperti WhatsApp.

5. Membandingkan statistik kita dengan pengguna lain melalui fitur Segments

5 Fitur di Aplikasi Strava yang Bikin Termotivasi OlahragaLeaderboard dalam fitur "Segments" di aplikasi Strava. (IDN Times/Nena Zakiah)

Fitur lain yang bisa dijelajahi adalah Segments. Dengan ini, kita bisa membandingkan statistik olahraga kita dengan pengguna lain di suatu track. Tetapi, fitur lengkap hanya bisa diakses dengan berlangganan (subscribe).

Gambar di atas adalah statistik orang-orang yang beraktivitas di Lapangan Thor, Surabaya. Satu putaran mengelilingi lapangan jaraknya 410 meter. Di sebelah kanan pengguna, yang atas merujuk pada durasi tempuh untuk satu putaran, sementara yang bawah adalah pace (waktu tempuh rata-rata per kilometer).

Menurut Strava dalam situs website resminya, Segments adalah fitur yang bagus untuk melacak kemajuan kinerja kita dan melihat seperti apa statistik kita jika dikomparasi dengan pengguna lain. Kita akan bekerja keras supaya peringkat kita di leaderboard naik!

Nah, itulah beberapa fitur di aplikasi Strava yang membuat kita semakin termotivasi olahraga. Bagaimana, semangatmu sudah berkobar, belum?

Baca Juga: Lagi Booming, Ini 7 Aplikasi Wajib untuk Bersepeda supaya Efektif

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya