Comscore Tracker

Housekeeping Robot, Teknologi Canggih Pengganti Asisten Rumah Tangga

Pengin rumah bersih? Robot ini bisa melakukannya untukmu!

Teknologi yang semakin canggih terasa kian memanjakan manusia. Segalanya menjadi serba instan, mudah dan cepat. Peran manusia pun semakin tergantikan oleh mesin, membuat manusia semakin bergantung pada teknologi.

Nah, jika kamu sedang malas untuk bersih-bersih, ada baiknya jika kamu melirik teknologi baru ini: housekeeping robot! Dikenal juga dengan sebutan maid robot, peran robot satu ini adalah untuk membantu membersihkan rumah. Intip yuk keunikannya!

1. Bisa memotong rumput di halaman rumahmu

Housekeeping Robot, Teknologi Canggih Pengganti Asisten Rumah Tanggaforthesmarthome.com

Malas membersihkan rumah sendiri? Jika kita berkecukupan, tinggal merekrut asisten rumah tangga untuk membuat rumah kita bersih seperti sedia kala. Namun, bagi kalian yang ingin merasakan kecanggihan teknologi, bisa mempertimbangkan untuk membeli housekeeping robot!

Tren 2018 yang dipaparkan dalam laman My Robot Center menunjukkan adanya tren pembelian untuk robot lawn mower, yaitu robot yang difungsikan khusus untuk memotong rumput di halaman rumah kita. Dengan adanya housekeeping robot ini, kita bisa duduk santai dan membiarkan robot menggantikan pekerjaan rumah tangga kita.

2. Sanggup menyelam untuk membersihkan kolam renang

Housekeeping Robot, Teknologi Canggih Pengganti Asisten Rumah Tanggapcmag.com

Kendala bagi pemilik kolam renang adalah harus membersihkannya setiap satu atau dua kali seminggu. Hal ini untuk mencegah kotor serta munculnya lumut pada keramik kolam. Namun, bagi yang sedang sibuk dan tak sempat membersihkan kolam renangnya, jangan khawatir! Cukup tambahkan pool cleaner robot pada keranjang belanjamu.

Robot ini memiliki performa yang sangat baik serta memiliki sistem penyaringan ganda. Asyiknya, robot ini bisa dikontrol via aplikasi di smartphone kita. Meskipun begitu, robot ini termasuk pricey. Setidaknya, kamu harus merogok kocek hingga US$ 1.499 atau setara dengan Rp21,3 juta demi mendapatkan robot ini. 

3. Bertemu Rosie, housekeeping robot pertama di dunia

Housekeeping Robot, Teknologi Canggih Pengganti Asisten Rumah Tanggamaidbot.com

Sedari lama, manusia melakukan berbagai pengembangan dan uji coba pada robot. Fungsinya, untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah. Nah, kini harapan itu telah terwujud. Let's meet Rosie, the world housekeeping robot!

Meski berukuran kecil, Rosie memiliki kemampuan yang cukup tangguh. Ia bisa membersihkan lantai dari berbagai debu dan kotoran. Gak cuma dipakai dalam skala rumah tangga, robot ini juga dikomersilkan untuk menjadi housekeeping robot di hotel, lho!

Rosie dikembangkan oleh Maidbot, perusahaan berbasis teknologi asal Ithaca, New York, Amerika Serikat. Bila sebuah hotel ingin menyewa jasa Rosie, bisa disewa dengan harga US$ 419 per bulannya.

Baca Juga: Makin Futuristis, 7 Robot ini Bakalan Bantuin Kamu Membereskan Rumah

4. Adakah housekeeping robot yang harganya lebih terjangkau?

Housekeeping Robot, Teknologi Canggih Pengganti Asisten Rumah Tanggawired.com

Bila melihat harga housekeeping robot lain yang mahal, rasanya mustahil bagi kita untuk memiliki salah satunya. Eits, kata siapa? Robot pembersih debu Xiaomi Mi Robot Vacuum Cleaner dipasarkan dengan harga 4,4 juta rupiah di salah satu digital marketplace, Tokopedia.

Bila dibandingkan dengan merk Roomba, harga yang ditawarkan terpaut jauh. Harga Roomba Robot paling murah US$ 299 - US$ 1.099 atau setara dengan Rp4,3 juta hingga Rp15,6 juta.

5. Ada housekeeping robot yang bisa ke luar angkasa, lho!

Housekeeping Robot, Teknologi Canggih Pengganti Asisten Rumah Tanggabgr.com

Housekeeping robot satu ini mengembang tugas yang besar, lho. Namanya Astrobee, diciptakan oleh NASA, nantinya robot satu ini akan membantu tugas astronaut di luar angkasa.

"Robot ini diciptakan untuk membantu astronaut mengurangi waktu yang mereka habiskan untuk tugas-tugas rutin dan membuat astronaut fokus pada hal yang hanya bisa dikerjakan oleh manusia saja," tutur NASA dalam laman BGR.com.

Robot ini bisa bekerja melalui pengendali jarak jauh dan dirancang untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti mengambil inventaris, mendokumentasikan eksperimen dengan kamera bawaan mereka atau bekerja sama memindahkan muatan ke seluruh stasiun ISS.

6. Apakah robot akan menggantikan keberadaan manusia?

Housekeeping Robot, Teknologi Canggih Pengganti Asisten Rumah Tanggaedition.cnn.com

Karena kecanggihan teknologi, robot diprediksi akan menggantikan manusia. Ternyata, hal itu benar-benar terbukti! Contohnya Walmart, salah satu perusahaan terbesar di Amerika Serikat yang melakukan pemutusan hubungan kerja kepada karyawannya dan menggantinya dengan 3.000 buah robot!

Robot ini terdiri dari 1.500 pembersih lantai, 300 pemindai rak otomatis, 1.200 fast unloaders (robot pembongkar) serta 900 robot untuk menangani pesanan online. Mereka bergerak secara otonomi, di mana tak memerlukan bantuan manusia untuk beroperasi.

7. Housekeeping robot dapat dengan mudah ditemukan di hotel dan penginapan

Housekeeping Robot, Teknologi Canggih Pengganti Asisten Rumah Tanggaroboticsbusinessreview.com

Jika kalian berkunjung ke Singapore, mampirlah ke YOTEL Singapore. Di sini, kamu bisa menemukan pelayan bukan dalam wujud manusia, tapi robot! Robot ini diproduksi oleh Techmetics, perusahaan teknologi berbasis Singapore dan meluncurkan housekeeping robot bernama Techi Butler.

Robot ini dirancang untuk industri perhotelan, fungsinya untuk melayani jasa pengiriman kamar. Misalnya, kamu membutuhkan handuk baru atau air mineral, maka robot inilah yang akan mampir ke kamar hotelmu untuk mengantarkan pesanan yang kamu inginkan. Keren kan?

Nah, itu tadi beberapa trivia unik seputar housekeeping robot. Tertarik untuk membeli salah satu robot itu? 

Baca Juga: 9 Fakta Unik Tentang Robot Pintar, Menuju Dunia yang Jauh Lebih Modern

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya