Comscore Tracker

7 Rekomendasi Aplikasi yang Membantumu Tidur Lelap, Coba yuk! 

Dijamin bikin tidurmu semakin nyenyak

Akhir-akhir ini, kamu merasa kesulitan tidur? Sering insomnia, tidur tak nyenyak dan mudah terbangun di malam hari? Untuk mengatasinya, kamu tidak hanya perlu memperbaiki pola makan dan olahraga. Mengunduh beberapa aplikasi tertentu ternyata bisa membuat tidur kita menjadi lebih nyenyak, lho!

Penasaran, aplikasi apa saja yang bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak? Dan seberapa efektif aplikasi tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Noisli

7 Rekomendasi Aplikasi yang Membantumu Tidur Lelap, Coba yuk! youtube.com

Ingin mendengarkan suara-suara tertentu sebelum tidur? Seperti suara angin, hujan deras, guntur, kicau burung atau derau mesin kopi? Kamu bisa mendapatkannya di aplikasi bernama Noisli. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android atau iOS.

Suara yang dihasilkan aplikasi ini memberikan efek menenangkan dan membuat kita cepat terlelap. Selain itu, suara ini membuatmu fokus ketika bekerja dan meningkatkan produktivitas. FYI, kamu perlu membayar Rp29 ribu untuk mengakses aplikasi ini.

2. Slumber

7 Rekomendasi Aplikasi yang Membantumu Tidur Lelap, Coba yuk! tubikstudio.com

Kamu tak akan menemukan aplikasi ini di Google Playstore, karena Slumber hanya tersedia untuk pengguna iOS. Slumber menawarkan kombinasi pengalaman yang membantu kita untuk tertidur, jelas laman Good Housekeeping.

Contohnya, di dalamnya ada cara untuk bermeditasi, cerita pengantar tidur atau suara yang menenangkan. Kamu juga bisa memilih suara latar, seperti hujan atau debur ombak di laut untuk diputar selama kita tidur. Untuk mendapatkan akses penuh, kamu perlu membayar sekitar $40 per tahun. Apakah worth it?

3. Ten Percent Happier

7 Rekomendasi Aplikasi yang Membantumu Tidur Lelap, Coba yuk! twitter.com/10percent

Masih ada banyak aplikasi yang bisa kamu coba, salah satunya adalah Ten Percent Happier. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna iOS dan Android. Di dalamnya, ada panduan untuk bermeditasi dalam berbagai topik, seperti kecemasan, fokus atau parenting.

Selain itu, ada pula meditasi yang membuat kita rileks dan mudah tertidur. Menariknya lagi, ada podcast dengan bermacam-macam topik yang bisa membuat pikiranmu tenang. Namun, kamu perlu membayar sekitar $15 per bulan atau $100 per tahun.

4. Headspace

7 Rekomendasi Aplikasi yang Membantumu Tidur Lelap, Coba yuk! tidbits.co

Satu lagi aplikasi yang membantumu bermeditasi dan tertidur lebih nyenyak, yaitu Headspace. Di dalamnya, ada banyak panduan meditasi tentang beragam topik, mulai dari kesehatan fisik, manajemen stres, kecemasan dan pengembangan diri.

Aplikasi ini didesain untuk mengurangi stres, lebih fokus dan merasa lebih baik. Ketika pikiran sudah tenang dan damai, maka akan memudahkan kita untuk tidur. Selain itu, ada fitur Sleep Music di mana kamu bisa mendengarkan suara tertentu agar tidur lebih lelap.

Baca Juga: 7 Cara Agar Bisa Dapat Cukup Tidur dan Lebih Nyenyak, Makin Sehat deh!

5. Pzizz

7 Rekomendasi Aplikasi yang Membantumu Tidur Lelap, Coba yuk! themarysue.com

Apa yang bisa Pzizz lakukan untuk membantumu tidur lebih nyenyak? Pzizz akan mengatur timer yang tergantung pada durasi tidur kita. Saat kita terlelap, Pzizz akan memainkan suara yang menenangkan, ungkap laman Good Housekeeping.

Agar efeknya kian maksimal, kamu perlu memakai headphone atau earbuds. Tetapi, jika tidur dengan benda tersebut membuat kita kurang nyaman, cukup memakai speaker bawaan dari smartphone saja. Mudah, kan?

6. Calm

7 Rekomendasi Aplikasi yang Membantumu Tidur Lelap, Coba yuk! calm.com

Masih banyak aplikasi yang bisa kamu coba, salah satunya adalah Calm. Dengan aplikasi ini, kamu bisa bermeditasi dan tidur lebih nyenyak. Selain itu, panduan meditasi di dalamnya akan mengurangi stres, kecemasan dan membuat tidur lebih pulas.

Bukan hanya itu, ada pula topik tentang fokus dan konsentrasi, rasa bersyukur, memaafkan, kepercayaan diri, hubungan dan lain sebagainya. Jika kamu suka didongengi, ada cerita pengantar tidur untuk orang dewasa. Komplit banget, deh!

7. Sleep Cycle

7 Rekomendasi Aplikasi yang Membantumu Tidur Lelap, Coba yuk! sleepcycle.com

Jika aplikasi-aplikasi sebelumnya memiliki fitur tentang panduan meditasi, suara yang menenangkan atau kisah pengantar tidur, lain halnya dengan aplikasi bernama Sleep Cycle ini. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melacak dan mempelajari pola tidur kita setiap hari!

Kamu bisa melacak pola tidur dari malam hingga bangun di pagi hari, mendapatkan analisis yang lengkap dan disertai dengan jam alarm. Menariknya lagi, kamu bisa mengekspor data ke Microsoft Excel jika kamu ingin menganalisis lebih lanjut.

Nah, itulah 7 aplikasi yang membantumu supaya tidur lebih nyenyak dan pulas. Tertarik mencoba aplikasi yang mana?

Baca Juga: Tanpa Ribet, 7 Tips Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya