Selamat! Tiga Studio Game Indonesia Lulus Indie Games Accelerator 2022

Acara tahunan ini rutin diselenggarakan oleh Google

Singapura, IDN Times - Setelah menjalani pelatihan online serta mendapatkan bimbingan dari pakar dan mentor global selama sepuluh minggu, tiga founder studio game asal Indonesia berhasil lulus dari Indie Games Accelerator (IGA), program besutan Google Play, pada Selasa (13/12/2022).

Tiga orang tersebut adalah Shafiq Husein, Chief Executive Officer dan salah satu pendiri (CEO) Gambir Studio, Lucky Putra Dharmawan, CEO dan co-founder Eternal Dream Studio, serta Satriyo Aji Nugroho, founder Rigged Box Softworks. Mereka tidak sendirian, karena Indie Games Accelerator 2022 juga dihadiri oleh 30 studio game dari seluruh dunia.

Berlokasi di Developer Space, Google Singapore, seperti apa keseruannya? Geser ke bawah untuk mengetahui kisah lengkapnya!

1. Program ini dijalankan dengan sistem hybrid

Selamat! Tiga Studio Game Indonesia Lulus Indie Games Accelerator 2022Seluruh perwakilan studio game yang lulus dari Indie Games Accelerator 2022. (Dok. Google Asia Pacific)

Indie Games Accelerator 2022 disambut dengan antusias oleh semua pihak. Pasalnya, event tahunan ini kembali diadakan secara hybrid setelah dua tahun terhalang pandemi. Spesifiknya, program pelatihan dan mentorship diadakan secara online dan graduation day digelar dengan sistem tatap muka.

Pertama kali digelar pada tahun 2018, para developer game yang terpilih akan diberikan pelatihan, bimbingan, dan saran seputar produk, desain, dan monetisasi. Menurut Kunal Soni, Director Google Play untuk Asia Tenggara dan Australia, program ini bertujuan untuk membantu developer game baru yang berbakat dan penuh potensi agar mereka bisa menjadi perusahaan game yang sukses.

Lantas, apa yang membuat developer game indie terpilih dalam program ini? Apakah dari konsep yang ditawarkan, jumlah unduhan, atau potensi keuntungan di masa depan? Menurut Sami Kizilbash (Global Head, Accelerators and Regional Head, APAC DevRel Ecosystem), semua itu menjadi bahan pertimbangan.

"Dalam beberapa kasus, kami bahkan belum mewajibkan game tersebut diluncurkan. Jadi, mereka dapat menunjukkan kepada kita rekam jejak, tim, atau ide yang sedang mereka kembangkan," ungkapnya.

2. Industri game semakin menjanjikan dari waktu ke waktu

Selamat! Tiga Studio Game Indonesia Lulus Indie Games Accelerator 2022Sami Kizilbash mempresentasikan materinya dalam sesi hybrid media briefing. (IDN Times/Nena Zakiah)

Salah satu alasan mengapa Indie Games Accelerator diadakan adalah karena potensi pertumbuhan industri game yang sangat pesat, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Diperkirakan, jumlah revenue game global akan mencapai hampir 340 miliar dolar AS hingga tahun 2027, naik dari 198,40 miliar dolar AS pada tahun 2021.

Sumber revenue tersebut adalah dari iklan, pembelian dalam game (in-game purchases), dan langganan (subscription). Selain itu, semakin banyak orang yang rela mengeluarkan uang untuk game, baik untuk hiburan, nostalgia, maupun menjadi bagian dari komunitas.

Faktor yang mendorong pertumbuhan industri game adalah kemajuan teknologi, seperti augmented reality, artificial intelligence, penyediaan sarana untuk siaran langsung (live streaming), peningkatan koneksi internet, dan pilihan device yang beragam (diverse). Semua ini akan menyempurnakan game dan meningkatkan pengalaman yang dirasakan oleh pemain.

Baca Juga: 10 Game Indie Paling Sukses, Mana yang Sudah Kamu Mainkan?

3. Asia Pasifik adalah masa depan industri game

Selamat! Tiga Studio Game Indonesia Lulus Indie Games Accelerator 2022Plakat pertanda kelulusan yang diberikan oleh Google Play. (IDN Times/Nena Zakiah)

Yang diprediksi akan memimpin industri game pada tahun 2027 mendatang adalah negara-negara Asia Pasifik (APAC), terutama China, Jepang, Korea, dan India. Menurut Sami, 55 persen dari 3 miliar gamer di dunia berasal dari kawasan APAC!

Ia memaparkan beberapa trivia menarik, yaitu gamer dari APAC memiliki waktu bermain tertinggi, dengan rata-rata 17,4 jam per minggu. Selain itu, usianya lebih muda dengan rata-rata 34,3 tahun.

"APAC juga memiliki infrastruktur hebat untuk menciptakan perusahaan game yang mapan, seperti konektivitas internet yang baik, yang menawarkan kecepatan tinggi, latensi rendah, koneksi yang andal dan tidak terputus, serta tidak ada jeda, bahkan ketika traffic game mencapai puncaknya," jelasnya.

Salah satu negara yang diapresiasi Sami adalah Indonesia. Sebagai pasar game terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki identitas dan budaya yang sangat unik. Ia mencontohkan "The Sun Shines Over Us", game visual novel naratif buatan Eternal Dream Studio yang berlatar belakang sekolah menengah atas Indonesia atau "Selera Nusantara", game memasak kuliner Indonesia.

Dalam sesi Q&A, ia mengatakan bahwa developer game Indonesia mempunyai banyak peluang untuk mendapatkan keuntungan. Ini karena Indonesia memiliki banyak talenta dengan energi dan kreativitas luar biasa. Apalagi, banyak developer di luar wilayah metropolitan seperti Bandung atau Bali yang tidak kalah kreatif karena mereka berada di lingkungan yang santai dan kondusif untuk membuat game.

Senada dengan Sami, Kunal menegaskan bahwa terdapat lebih dari 10.000 developer game Indonesia yang terdaftar di Google Play. Selain itu, ada lebih dari 150 juta orang Indonesia yang mengunjungi Google Play setiap bulan untuk menemukan aplikasi dan game yang mereka inginkan.

4. Game mobile adalah sektor yang perlu digarap dengan serius

Selamat! Tiga Studio Game Indonesia Lulus Indie Games Accelerator 2022Joyce Law berbincang santai dalam sesi Fireside Chat. (IDN Times/Nena Zakiah)

Di Indonesia, pertumbuhan industri game didorong oleh eSports dan mobile gaming. Menurut Joyce Law, IGA Mentor dan Executive Committee Member of Singapore Games Association, kondisinya tidak jauh berbeda dengan negara-negara lain di mana mobile dan casual game masih menjadi primadona.

Ini karena mobile game bisa dijangkau oleh hampir semua orang serta dapat dimainkan di mana saja dan kapan saja. Fleksibilitas dan pilihan yang bervariasi membuat popularitasnya meroket dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut perempuan yang menyukai game Bejeweled ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Industri game kini tidak lagi didominasi oleh laki-laki, banyak perempuan yang terjun ke dalamnya. Sehingga, penting bagi developer game untuk menciptakan karakter perempuan yang kuat dan tidak diseksualisasi, dengan character development yang menarik.

Baca Juga: Wamendag Mau Industri Game RI Bisa Saingi Korsel hingga AS

Topik:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya