Comscore Tracker

Maksimalkan Fitur Dropbox dengan Mengaplikasikan 7 Tip Berikut Ini

Supaya gak bingung menyimpan file di Dropbox lagi!

Selain Google Drive, Dropbox adalah pilihan kita untuk menyimpan file. Selain itu, Dropbox juga bisa digunakan untuk sinkronisasi file dan membagikan berkas ke orang lain.

Meski hanya menyediakan penyimpanan gratis 2 GB saja, namun Dropbox tetap digunakan oleh banyak orang. Dropbox dikenal aman, simpel dan mudah dipahami.

Untuk membuat pengalaman memakai Dropbox semakin optimal, kamu bisa menerapkan tip berikut ini. Geser layarmu ke bawah untuk membaca, ya!

1. Mengembalikan file yang telah dihapus

Maksimalkan Fitur Dropbox dengan Mengaplikasikan 7 Tip Berikut Inieaseus.com

Jangan buru-buru merasa panik jika tak sengaja menghapus file. Sebab, kita bisa mengembalikan ulang file yang telah dihapus di Dropbox. Pertama, buka bagian antarmuka web dan klik File Terhapus > Restore.

File yang telah dihapus akan disimpan selama 30 hari sebelum dihapus untuk selamanya, jelas laman Gizmodo. Jika kamu membeli add-on Extended Version History atau mendaftar ke Dropbox Business, file yang terhapus bisa bertahan lebih lama dari 30 hari.

2. Membatasi waktu berbagi tautan

Maksimalkan Fitur Dropbox dengan Mengaplikasikan 7 Tip Berikut Initakecontrolbooks.com

Berbagi file adalah hal yang biasa dilakukan di Dropbox. Namun, bisa jadi bulan depan kamu berubah pikiran. Untungnya, Dropbox dirancang dengan tanggal kedaluwarsa. Jadi, kamu bisa mengawasi siapa saja yang bisa mengakses file dan folder di  Dropbox-mu.

Kamu bisa memilih memberi tanggal kedaluwarsa 7 hari atau 30 hari. Jika tidak cocok dengan opsi tersebut, kamu bisa memilih Custom Date untuk menentukan sendiri tanggal kedaluwarsa yang kamu mau. Berguna banget!

3. Meminta file dari orang lain

Maksimalkan Fitur Dropbox dengan Mengaplikasikan 7 Tip Berikut Initechjunkie.com

Setelah acara pesta yang menyenangkan, kamu ingin mengunggah foto-foto keseruan pesta tersebut. Tetapi, file foto-foto itu ada di temanmu. Eitss.. Jangan khawatir! Kamu bisa meminta file yang kamu inginkan ke orang lain lewat Dropbox!

Caranya mudah, cukup buka https://www.dropbox.com/requests, lalu log-in dengan akun Dropbox milikmu. Lalu, kamu bisa membuat permintaan ke temanmu untuk mengungggah dan berbagi file yang kamu butuhkan. Jika sudah, kamu akan mendapat tautan dan akses menuju file tersebut. As easy as that!

4. Melindungi aplikasi Dropbox dengan nomor PIN

Maksimalkan Fitur Dropbox dengan Mengaplikasikan 7 Tip Berikut Inigizmodo.com

Merasa kesal karena teman membuka gadget kita tanpa izin? Apalagi, kalau ada file yang bersifat privat di dalam Dropbox kita. Jangan buru-buru marah, kamu bisa melindungi aplikasi Dropbox seluler milikmu dengan nomor PIN!

Nomor PIN ini tergolong sederhana dan hanya berjumlah 4 digit angka saja. Jangan sampai lupa, ya! Kalau kamu salah memasukkan nomor PIN selama 10 kali berturut-turut, maka Dropbox akan log-out secara otomatis. Kamu juga bisa memakai sidik jari untuk membuka aplikasi, sehingga jadi lebih aman!

Baca Juga: 7 Aplikasi Cloud Storage Terbaik Untuk Android yang Aman dan Efisien

5. Mendapatkan tambahan ruang penyimpanan secara gratis

Maksimalkan Fitur Dropbox dengan Mengaplikasikan 7 Tip Berikut Iniexpertreviews.co.uk

Siapa bilang kalau kamu harus membayar untuk menambah ruang penyimpanan di Dropbox? Kamu bisa mendapatkannya secara cuma-cuma, kok! Bagaimana caranya? Ada beberapa cara, yaitu dengan menyarankan teman memakai Dropbox, kamu bisa mendapatkan ruang penyimpanan 1 GB gratis dengan maksimal 32 GB!

Selain itu, kamu juga bisa menyambungkan akun Facebook dan Twitter untuk mendapatkan masing-masing 125 MB. Tambahan 125 MB lagi bisa kamu dapatkan jika mengikuti akun Twitter Dropbox. Begitu pula dengan memberi feedback mengapa kamu menyukai Dropbox, kamu bisa memperoleh 125 MB secara cuma-cuma. Lumayan, kan?

6. Memindai dokumen lewat kamera

Maksimalkan Fitur Dropbox dengan Mengaplikasikan 7 Tip Berikut Initheverge.com

Ini merupakan fitur baru di aplikasi Dropbox khusus iOS. Yep, fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna Apple saja untuk saat ini. Kamu bisa memindai dokumen lewat kamera iPhone dan mengunggahnya ke aplikasi Dropbox langsung.

Kalau kamu memakai akun bisnis yang berbayar, maka fiturnya akan semakin lengkap! Fitur ini dilengkapi dengan Optical Character Recognition (OCR), jadi kamu bisa mencari teks yang dibutuhkan dalam dokumen. Mirip 'search in page' gitu deh!

7. Mengakses file tanpa internet

Maksimalkan Fitur Dropbox dengan Mengaplikasikan 7 Tip Berikut Inifonepaw.com

Terakhir, kamu bisa mengakses file di Dropbox tanpa koneksi internet. Ini berguna jika kamu sedang berada di tempat yang minim sinyal atau saat kuota internet sedang habis. Caranya mudah, pertama-tama, pilih file yang kamu ingin akses saat sedang offline.

Lalu, ketuk ikon di sebelah kanan dan aktifkan "Tersedia Offline". Setelahnya, Dropbox akan mengunduh file yang kamu butuhkan sehingga bisa diakses jika tak ada akses internet. Untuk melihat file, ketuk "Offline". Gampang banget, kan?

Nah, itulah 7 tip untuk memaksimalkan penggunaan Dropbox yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat dan segera terapkan, ya!

Baca Juga: 5 Cloud Storage Gratis yang Bisa Kamu Manfaatkan Sehari-hari

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You