Comscore Tracker

Ini 7 Hal yang Tak Disadari Bisa Kamu Lakukan di Instagram Pt. 2 

Selangkah lebih maju dalam bermain Instagram!

Apa yang biasanya kamu lakukan ketika online di Instagram? Melihat unggahan feed atau story terbaru? Memberi likes dan komentar ke teman-teman? Atau stalking gebetan dan idola? Hal tersebut terdengar biasa saja dan dilakukan oleh banyak orang. Akibatnya, kita merasa cepat bosan bermain Instagram karena hanya itu-itu saja yang dilakukan.

Ingin pengalaman bermain Instagram menjadi lebih maksimal? Tanpa sadar, kamu bisa melakukan hal-hal ini di Instagram. Simak dan terapkan, yuk!

1. Menambahkan font unik di bio Instagram

Ini 7 Hal yang Tak Disadari Bisa Kamu Lakukan di Instagram Pt. 2 avantgraphic.com

Merasa bosan dengan tampilan bio Instagram yang itu-itu saja? Kamu bisa mengubah font di bio Instagram untuk membuatnya tampil beda. Caranya, kamu hanya perlu mengetikkan keyword 'font Instagram' di kolom pencarian Google. Ada banyak pilihan website yang menyediakan fitur untuk mengubah font di Instagram.

Misalnya, Instagram Fonts Generator yang beralamat di https://igfonts.io . Kamu hanya perlu mengetikkan kata yang diinginkan. Setelah itu, akan muncul berbagai opsi font dan pilih mana yang kamu suka. Copy font tersebut, lalu buka profil Instagram. Klik edit profil dan kamu bebas mengganti nama, username dan bio dengan font tersebut.

2. Mengubah Instagram menjadi dark mode

Ini 7 Hal yang Tak Disadari Bisa Kamu Lakukan di Instagram Pt. 2 instagram-engineering.com

Dark mode sangat digemari di era sekarang. Tidak hanya diterapkan di Twitter, dark mode kini bisa dicoba di Instagram. Untuk iOS, kamu perlu melakukan update ke iOS 13, lalu update aplikasi Instagram. Setelahnya, klik Setting > Display & Brightness. Dalam sekejap, kamu bisa mengaktifkan dark mode di iOS milikmu.

Untuk pengguna Android, kamu perlu melakukan update ke Android 10 lalu update aplikasi Instagram. Setelahnya, klik Setting > Display > Advanced. Lalu, pilih dark mode dan tampilan Instagram akan berubah seketika. Selamat! Dengan fitur dark mode, kamu bisa memainkan Instagram dengan nyaman tanpa khawatir sakit mata.

3. Membuat album dari postingan yang disimpan

Ini 7 Hal yang Tak Disadari Bisa Kamu Lakukan di Instagram Pt. 2 wccftech.com

Saking banyaknya postingan yang kita simpan, kita kadang-kadang kesulitan mencarinya karena tertimbun oleh postingan lain. Tenang, kamu bisa membuat album, merapikan dan mengklasifikasinya agar lebih mudah dicari. Dengan ini, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga agar tidak melakukan scrolling sampai bawah.

Caranya, pertama-tama pergilah ke profil Instagram, lalu pilih Saved dan ketuk ikon "+" di pojok kanan atas. Selanjutnya, buatlah nama untuk koleksi postingan yang kamu simpan. Klik "Selanjutnya" untuk membuat album. Taraaa! Album pun sudah jadi. Kamu bisa menambahkan koleksi sesuai kategori yang kamu inginkan.

4. Tetapkan pengingat harian

Ini 7 Hal yang Tak Disadari Bisa Kamu Lakukan di Instagram Pt. 2 uptodown.com

Akhir-akhir ini, kamu merasa terlalu sering bermain Instagram? Bahkan, bisa sampai 5 jam dalam sehari? Jika kamu mulai merasa bahwa waktu bermain Instagram terlalu berlebihan dan mulai toxic, segera tetapkan pengingat harian. Fungsinya, untuk mengingatkanmu apabila kamu bermain Instagram terlalu banyak dalam sehari.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Caranya adalah pergi ke profil Instagram lalu klik Pengaturan > Aktivitas Anda > Setel Pengingat Harian. Lalu, tetapkan waktu pengingat harian sesuai yang kamu kehendaki. Misalnya, kamu ingin bermain Instagram hanya 1,5 jam dalam sehari. Setelah 1,5 jam, Instagram akan mengirim notifikasi pada kita.

Baca Juga: Ini 7 Hal yang Tak Disadari Bisa Kamu Lakukan di Instagram Pt. 1

5. Mengizinkan komentar dari akun tertentu saja

Ini 7 Hal yang Tak Disadari Bisa Kamu Lakukan di Instagram Pt. 2 adweek.com

Kamu merasa kesal akibat banyaknya komentar spam yang bermunculan di kolom komentar Instagram-mu? Tidak usah buru-buru memblokir mereka! Kamu bisa mengontrol komentar dari orang lain agar Instagram milikmu bebas dari spam. Caranya adalah pergi ke Pengaturan > Privasi > Komentar > Izinkan Komentar Dari.

Setelah itu, kamu bisa memilih apakah akan mengizinkan komentar dari semua orang, pengikut anda atau orang yang anda ikuti saja. Dengan demikian, orang yang ada di luar kategori itu tidak akan bisa meninggalkan komentar di postingan kita. Kamu juga bisa memblokir komentar dari orang tertentu yang tidak kamu sukai.

6. Mengetahui informasi pribadi seputar akun kita sendiri

Ini 7 Hal yang Tak Disadari Bisa Kamu Lakukan di Instagram Pt. 2 tinuiti.com

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan di Instagram. Salah satunya adalah mengetahui data tentang akun kita sendiri. Cara mengaksesnya adalah dengan membuka Pengaturan > Keamanan > Data Akses. Lalu, kamu bisa menjelajahi data-data pribadi seputar akun kita sendiri. Misalnya, kamu bisa melihat kapan kamu membuat akun Instagram.

Kamu juga bisa melihat perubahan privasi akun (dari publik ke privat atau sebaliknya). Selain itu, kamu bisa melihat perubahan kata sandi, alamat email sebelumnya, nomor telepon sebelumnya, nama pengguna sebelumnya dan lain sebagainya. Menariknya lagi, riwayat pencarian dan riwayat cerita pun bisa kita lihat!

7. Mengaktifkan autentikasi dua faktor agar akun kita lebih aman

Ini 7 Hal yang Tak Disadari Bisa Kamu Lakukan di Instagram Pt. 2 macstories.net

Terakhir, kamu bisa mengaktifkan autentikasi dua faktor supaya akun Instagram milikmu lebih aman. Cara mengaksesnya adalah dengan membuka Pengaturan > Keamanan > Autentikasi Dua-Faktor. Setelahnya, kamu bisa memilih apakah autentikasi itu dilakukan dengan mengirim sms ke nomor handphone, melalui aplikasi autentikasi atau keduanya.

Dengan demikian, apabila akun Instagram dimasuki oleh orang lain, Instagram akan langsung mengirim kode keamanan untuk mengonfirmasi apakah yang berusaha masuk ke akun tersebut adalah benar kita. Fitur ini akan membantu apabila sewaktu-waktu akun kita berusaha diretas oleh orang lain. Do this for your safety!

Nah, itulah 7 hal yang tak terduga yang bisa dilakukan di Instagram. Di antara semua tip yang telah dijabarkan, mana saja yang telah kamu praktikkan?

Baca Juga: 7 Aplikasi Instagram Planner, Cocok untuk Pelaku Bisnis dan Selebgram

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You