Comscore Tracker

Sulit Pahami Matematika? Yuk Tonton 7 Channel Ini di YouTube

Dijamin jago matematika #4GPlusKuat #MakinKuatInternetan

Bagi sebagian orang, matematika merupakan pelajaran yang sulit. Angka-angka dan rumusan yang harus dihapal sering membuat sakit kepala. Namun, matematika sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari, misalnya saat melakukan proses jual beli. Mau tidak mau, kita harus mempelajarinya.

Saat ini, YouTube merupakan laman penyedia konten video yang banyak ditonton. Nah, YouTube juga mempunyai banyak video tentang matematika. Penasaran channel  YouTube apa saja yang membuatmu tidak pusing lagi dengan matematika? Let's check this out!

1. Belajar Asik Matematika dan Fisika

https://www.youtube.com/embed/gfRPNbYmw6k

Channel ini adalah salah satu channel  untuk belajar matematika dengan Bahasa Indonesia. Materi yang dibahas berupa pelajaran matematika per topik mulai dari kelas 7 SMP sampai dengan 12 SMA.

Selain itu, ada juga penyelesaian soal secara gamblang yang sering kamu temui di buku pelajaran matematika. Channel ini juga menyediakan livestream untuk membahas materi tertentu yang bisa kamu saksikan langsung saat berlangsungnya livestream.

2. Gulam Halim

https://www.youtube.com/embed/ocmLGu-puKE

Channel matematika lainnya yang berbahasa Indonesia dimiliki oleh Gulam Halim. Channel ini kebanyakan membahas tentang penyelesaian matematika dalam soal tes, seperti UN, SBMPTN, bahkan tes CPNS. Sangat cocok bagi kamu yang hanya memahami matematika dalam bentuk contoh soal.

Baca Juga: Butuh Rekomendasi Gadget? 5 Channel YouTube Ini Bisa Kamu Subscribe

3. Numberphile

https://www.youtube.com/embed/IKwkX35bcdw

Jika kamu bosan menonton channel matematika yang hanya membahas soal, channel Numberphile menarik untuk kamu tonton. Channel ini berbeda dengan channel matematika pada umumnya karena membahas fakta unik matematika, seperti misteri angka 1010011010.

Channel  berbahasa Inggris ini dibuat oleh Brady Haran, seorang filmmaker dan jurnalis asal Australia. Dukungan penuh dari MSRI (Mathematical Sciences Research Institute) di Berkeley, Amerika Serikat, juga membuat konten-konten pada channel ini semakin inovatif.

4. NancyPi

https://www.youtube.com/embed/qJrrZQgSkO8

Nancy, seorang alumnus MIT (Massachusetts Institute of Technology), Amerika Serikat, membuat channel matematika bernama NancyPi. Ia menvideokan dirinya menjelaskan materi matematika dan penyelesaian soal. Materi matematika yang dijelaskan kebanyakan berupa matematika kompleks, seperti materi kalkulus, aljabar, diferensial, dsb.

Pembahasan yang detail dan mudah dimengerti membuat channel ini cocok bagi siswa dan mahasiswa yang mempelajari materi matematika tersebut. Selain, itu ada juga video Questions & Answers yang akan dijawab oleh Nancy.

5. Tecmath

https://www.youtube.com/embed/RwvCAlo9j2c

Bingung mencari channel yang membahas materi matematika SD? Silakan buka channel Tecmath ini! Channel ini kebanyakan membahas tentang materi matematika untuk anak SD, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dll.

Ilustrasi yang menarik akan menjamin anak betah menonton channel ini. Untuk anak yang sulit memahami matematika, channel  ini juga menyediakan tips dan trik cepat penyelesaian matematika yang tidak didapatkan di sekolah.

6. Ten Marks

https://www.youtube.com/embed/WcCVWHpcpAc

Tidak hanya siswa saja, guru juga butuh channel matematika. Ten Marks adalah salah satu channel matematika untuk siswa dan guru. Untuk para siswa dan guru, channel ini menyediakan video materi matematika dengan ilustrasi grafik yang detail.

Sebaliknya, untuk para guru, terdapat video metode pengajaran matematika kepada siswa. Channel ini merupakan bagian dari perusahaan e-commerce Amazon yang bertujuan untuk memotivasi siswa mempelajari matematika.

7. Vi Hart

https://www.youtube.com/embed/6acbBrLoi14

Kalo kamu ingin menonton video matematika yang sangat unik dan berbeda dari channel lain, channel  Vi Hart jawabannya! Channel ini dimiliki oleh Victoria Hart, seorang matematikawan Amerika Serikat yang mengklaim dirinya sebagai ahli matematika rekreasi.

Video yang disajikan channel ini berupa aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Keunikan videonya berupa ilustrasi menawan sesuai topik video yang divideokan secara langsung. Channel ini sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar matematika secara anti-mainstream dan fun.

Biar belajar dengan nonton video matematikamu tidak tersandung batasan kuota internet, maka kamu harus menggunakan jaringan 4G Plus dari IM3 Ooredoo. Paket internetnya besar sehingga kamu #MakinKuatInternetan.

Ditambah lagi, video yang kamu tonton lancar jaya karena jaringannya #4GPlusKuat. Yuk cek jangkauan jaringan internet 4G Plus IM3 Ooredoo di link https://indosatooredoo.com/4gplus. Jangan lupa pakai ya guys!

Baca Juga: Cerita Seputar Internet Dapat 15 Juta Rupiah? Simak Caranya di Sini!

Nuraina Fika Lubis Photo Community Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try hardly to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You