Comscore Tracker

5 Tips yang Harus Kamu Penuhi saat Lakukan Puasa Gadget

Semuanya harus dibarengi dengan niat

Saat ini keadaan ketergantungan pada internet dan gadget merupakan suatu kewajaran. Bahkan, kamu sendiri pun pasti pernah mengalami ketergantungan gadget dan tidak dapat jauh gadget milikmu.

Faktanya, ketergantungan pada gadget memberikan dampak buruk bagi psikologis dan kesehatanmu. Oleh sebab itulah kamu perlu melakukan puasa gadget minimal satu hari. 

Puasa gadget merupakan hal yang sangat sulit. Namun, kamu dapat melakukan tips di bawah ini agar lebih mudah. 

1. Uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting bagimu

5 Tips yang Harus Kamu Penuhi saat Lakukan Puasa Gadgetunsplash.com/Timothy Buck

Saat kamu ingin lepas ketergantungan pada gadget, maka yang paling pertama kamu lakukan adalah uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting. Sediakanlah maksimal delapan aplikasi saja pada gadgetmu dan gunakan aplikasi tersebut seperlunya saja, yakni 3 jam dalam sehari. 

2. Matikan koneksi data dan wifi pada gadget

5 Tips yang Harus Kamu Penuhi saat Lakukan Puasa Gadgetunsplash.com/freestock.org

Supaya puasa gadgetmu bisa berjalan dengan maksimal, maka yang harus kamu lakukan adalah mematikan koneksi data dan wifi pada gadget. Setelah mematikan gadget, kamu harus menaruh gadget sejauh mungkin dari hadapanmu. Fungsinya adalah agar pikiranya tidak fokus hanya pada gadget saja. 

3. Cari kesibukan lain yang tidak berhubungan dengan gadget

5 Tips yang Harus Kamu Penuhi saat Lakukan Puasa Gadgetunsplash.com/Marco Xu

Mematikan koneksi data maupun wifi pada gadget akan membuatmu merasa kesepian dan hampa. Oleh sebab itu, carilah kesibukan lain yang dapat menyenangkan dirimu, seperti menekuni hobi dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Saat kamu sibuk dengan hal lain, maka kamu tidak akan merasa bahwa dirimu sedang benar-benar puasa gadget. 

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Memanfaatkan Gadget untuk Kerja dari Rumah

4. Bila mendesak, gunakan gadget seperlunya

5 Tips yang Harus Kamu Penuhi saat Lakukan Puasa Gadgetunsplash.com/Romain V

Bila ada keadaan mendesak saat dirimu melakukan puasa gadget dan hal itu tidak dapat kamu kesampingkan, maka kamu boleh untuk membuka gadget asalkan sesuai dengan kebutuhan. Setelah kebutuhan akan kepentingan mu selesai, maka kamu harus menyimpan kembali gadget milikmu. 

5. Jangan main gadget saat ngobrol dengan orang lain

5 Tips yang Harus Kamu Penuhi saat Lakukan Puasa Gadgetunsplash.com/Mimi Thian

Saat kamu hendak berusaha untuk menjauhkan diri dari rasa ketergantungan pada gadget, kini saatnya kamu lebih menghargai waktu. Terutama waktu saat bertemu dan berbincang dengan teman atau kerabat lainya. Simpanlah gadget dan hargai perbincangan dengan terus mendengarkan serta merespon dengan baik. 

Kelima tips di atas harus kamu lakukan semuanya tanpa terkecuali. Setelah puasa gadgetmu berhasil dilakukan, maka ke depanya kamu akan mudah untuk menjauh dari ketergantungan gadgetmu. 

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Agar Kumpul Bareng Sahabat Tidak Diganggu Gadget

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya