Comscore Tracker

Ini 5 Aplikasi Cerita Fiksi dalam Bentuk Chat Interaktif di Android

Liat isi chat orang lain yuk, yang ada konten ceritanya

Membaca cerita fiksi dalam berbagai genre, harus membeli buku. Namun, dengan kemajuan saat ini, sudah banyak situs yang menyediakan platform untuk menulis cerita fiksi. Dengan hadirnya situs tersebut, penulis cerita fiksi dapat membagikan karyanya dalam bentuk seperti membaca e-book.

Tak hanya dalam format tulisan Panjang, sekarang cerita fiksi dapat digarap dalam bentuk meniru suatu chatroom. Apalagi diakses hanya melalui smartphone. Misalkan seperti cerita annie96 is typing yang jadi pembicaraan pada tahun 2017.

Sekarang sudah ada beberapa aplikasi di Android yang bisa menyajikanmu cerita fiksi dalam format interaktif tersebut. Apa aja ya?

1. Tap

https://www.youtube.com/embed/JgiOLD4DrJo

Tap rilis di bawah nama Wattpad, salah satu situs yang menjadi favorit para penulis cerita fiksi. Tap dihadirkan pada tahun 2017.

Dalam aplikasi ini dihadirkan jenis cerita yang pilihannya sama dengan Wattpad. Tetapi, cerita-cerita yang dihadirkan ada yang hadirkan dari pihak Tap, dan ada juga yang ditulis oleh pengguna Tap.

Tap Original hadirkan cerita yang disiapkan untuk para pengguna. Melansir dari Tech Crunch, Tap Originals menyajikan cerita tidak hanya dalam bentuk chat, tetapi dengan media, seperti video, suara, dan foto. Bahkan hadir juga fitur untuk memilih akhir dari cerita tersebut.

Cerita yang dihadirkan dalam Tap Original, tidak hanya menampilkan sebuah chatroom. Terkadang  akan ada muncul sebuah telepon dari karakter bahkan video call. Hal yang membuat sangat nyata lagi adalah voice notes. Seakan pengguna sedang berada di handphone orang lain.

Nama Tap pun ada karena untuk melihat bubble chat selanjutnya, pengguna harus menekan layar mereka, seperti bahasa inggrisnya Tap. Tap memberikan waktu untuk pengguna, atau bisa membeli akan bisa menikmati fitur Tap tanpa membayar. Tap berkapasitas 12 MB.

2. Hooked

Ini 5 Aplikasi Cerita Fiksi dalam Bentuk Chat Interaktif di Androidappsamurai.com

Hooked menjadi aplikasi cerita interaktif nomor satu di Play Store pada tahun 2017. Aplikasi ini lahir lebih dulu daripada Tap, yaitu pada tahun 2015. Hooked ditemukan oleh Prerna Gupta. Namun, pada aplikasi ini, hanya cerita horor saja.

Prerna Gupta mengatakan memang tujuannya membuat sesuatu yang disukai remaja dan millennial, tidak dapat diganggu. “Horor menjadi hal yang pertama terpikirkan,” ujar Prerna, dikutip dari cnbc.com.

Sama halnya dengan Tap, format penyajian cerita di Hooked sama seperti membaca dalam chatroom. Melansir dari Business Insider, ketika mengunduh aplikasi dan membukanya langsung disajikan cerita dalam format chatroom iPhone. Ceritanya tentang gadis yang sedang sendirian di rumah.

Hooked gratis selama pengguna membacanya dalam enam menit. Karena dalam Hooked, akan ada batasan waktu. Jika waktumu sudah habis akan hadir tulisan “you ran out of hoot”. Tetapi tenang, kamu akan diberi waktu untuk menunjukkan berapa lama sebelum bisa kembali membaca cerita. Atau kamu bisa membelinya.

Jika memutuskan untuk keluar dari aplikasi, kamu akan tetap mendapatkan notifikasi dari Hooked. Bahkan bisa mengirimkan notif dalam bentuk seakan ada yang mengirim pesan, melansir dari businessinsider.sg. Hooked diunduh secara gratis dan bermuatan 15 MB. 

Baca Juga: Rekomendasi 8 Aplikasi Pembuat Logo terbaik, Gak Usah Bingung Lagi nih

3. Yarn

Ini 5 Aplikasi Cerita Fiksi dalam Bentuk Chat Interaktif di Androidtheverge.com

Pada dasarnya aplikasi Yarn menyajikan tampilan chatroom. Namun, Yarn lebih membuat seakan kamu lagi kepo dan masuk ke dalam chat seseorang. Yarn pertama kali rilis tahun 2017 oleh Mammoth Media.  

Melansir dari Tech Crunch, cerita yang hadir memiliki tema. Hal yang membuat berbeda, hadirnya percakapan fiksi antar selebriti, bahkan grup chat. Yarn juga memiliki truth or dare dan waktu menggunakan personal asisten seperti Siri. Dalam aplikasi ini, foto dan video pun juga hadir.

Selain itu, beberapa film series pun bekerja sama dengan Yarn. Melansir dari digiday.com, pada Januari 2019 bekerja sama dengan film berseri Hack’d yang bergenre thriller. Cerita-cerita di aplikasi ini terdiri dari beberapa episode.

Sama dengan aplikasi lainnya, jika menggunakan Yarn secara gratis, untuk melanjutkan ke episode selanjutnya setelah harus menunggu selama 25 menit. Pengguna dapat menikmati Yarn Premium dengan membayar. Namun, Yarn dapat diunduh secara gratis dengan kapasitas 13 MB.

4. Seen

Ini 5 Aplikasi Cerita Fiksi dalam Bentuk Chat Interaktif di Androidyoutube.com

Berbeda dengan sebelumnya, Seen dikenalkan sebagai sebuah game. Game interaktif tentang percakapan antar Mark dan Nicole, siswa SMA. Pengguna akan memerankan Mark. Polychroma Games yang merilis aplikasi ini.

Tidak hanya game, sama seperti aplikasi lainnya, pengguna dapat membuat ceritanya sendiri melalui aplikasi ini. Format ketika membuka aplikasi Seen pun seakan tampilan layar handphone untuk pesan SMS.

Belum terlalu banyak review atas aplikasi ini, namun bisa diunduh dengan gratis. Untuk menikmati beberapa fitur, kamu harus mempunyai koin. Seen memiliki kapasitas 19 MB.

5. Cliffhanger

Ini 5 Aplikasi Cerita Fiksi dalam Bentuk Chat Interaktif di Androidyoutube.com

Tidak berbeda jauh dengan aplikasi lainnya, Cliffhanger menyajikan cerita-cerita dalam bentuk chat. Seperti game, kamu bisa memilih dua jawaban untuk cerita yang kamu pilih. Seperti namanya, cerita bergenre horor dan romansa dikemas dengan ketegangan. Apa yang akan dipilih untuk membalas chat, akan berpengaruh pada jalan cerita percakapan.

Dalam Cliffhanger, ceritanya memiliki bab-bab. Lalu, kamu juga bisa menemukan petunjuk yang dapat dilihat dari chat orang lain. Kamu juga akan mendapatkan gambaran tentang karakter yang bersangkutan, melansir iphoneinformer.com. Cliffhanger dapat diunduh gratis dan memiliki kapasitas 21 MB.

Sudah mulai banyak aplikasi yang dibuat dalam format seperti chatroom. Namun, sayangnya tidak semua dapat menarik perhatian dan terlalu banyak kemiripian. Tetapi tidak ada cerita yang sama kok dalam lima aplikasi di atas. Jangan lupa diunduh ya!

Baca Juga: 10 Aplikasi Lock Smartphone Terbaik, Gak Perlu Takut HP Dibobol Orang

Topic:

  • Rachel Rinesya
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You