Comscore Tracker

7 Alasan Kamu Harus Menggunakan Linux Dibandingkan dengan OS lainnya

Gak sesulit yang kamu bayangkan kok!

Jika kamu bosan atau ingin pindah OS yang kamu gunakan saat ini, seperti Windows OS atau MacOS, maka Linux bisa jadi alternatif OS-mu. Dalam artikel ini saya akan mencoba meyakinkan kamu untuk bermigrasi ke Linux. 

Mungkin kamu masih bingung lebih baik mana Linux dibandingkan dengan OS lain, setelah membaca artikel ini kamu akan menemukan jawabanya. Oh ya, untuk menggunakan Linux kamu tidak perlu membeli laptop atau komputer baru, cukup dengan sisa ruang harddisk yang memadai maka kamu bisa menggunakan Linux berdampingan dengan OS lamamu. Kamu juga bisa full-migration dengan mengganti OS lama mu dengan OS Linux di laptopmu. Jadi jangan khawatir mencari laptop baru untuk ganti OS. 

Oke, saya akan memberikan 7 alasan penting kamu harus menggunakan Linux. Yuk, disimak!

1. OS ini gratis!

7 Alasan Kamu Harus Menggunakan Linux Dibandingkan dengan OS lainnyatheodysseyonline.com

Kelebihan Linux yang paling kuat dibandingkan dengan OS lainya adalah sifatnya yang open-source dan itu berarti completely-free. Seluruh distro yang tersedia dapat kamu unduh dengan gratis tanpa membeli lisensinya. Ini berarti resiko OS bajakan sangat minim. Dibandingkan dengan Windows OS yang banyak terdapat crack atau keygen yang tersebar memungkinkan adanya OS Windows yang palsu.

Untuk mendapakan versi original Windows OS kamu diharuskan membeli lisesinya yang harganya selangit, sampai menyentuh angka jutaan rupiah. Sedangkan untuk menggunakan Linux kamu hanya perlu mengunduh dan menginstallnya secara gratis tanpa ada lisensi dan semacamnya.

Tidak hanya lisensinya saja yang gratis, melainkan seluruh aplikasi yang tersedia di linux bisa kamu unduh tanpa membayar sepeser pun. Itu juga termasuk seluruh aplikasi yang berbayar pada OS lainya. Hal yang tidak akan terjadi pada Windows OS maupun MacOS yang mengharuskan kamu membayar banyak untuk aplikasi resminya.

2. Aman dari virus

7 Alasan Kamu Harus Menggunakan Linux Dibandingkan dengan OS lainnyapexels/Pixabay

Windows OS sangat rentan terhadap serangan malware, virus, trojan dan berbagai ancaman hardware maupun software lainya. Itu juga akan mengharuskan kamu untuk selalu mengaktifkan anti-virus untuk menangani hal tersebut. Terkadang anti-virus berbayar pun masih belum bisa sepenuhnya melindungi PC mu.

Sedangkan Linux tidak memerlukan software untuk menangani hal tersebut. Karena sistem operasi ini tidak dijalankan penuh oleh mesin yang rawan oleh serangan hacker. Jika terdapat perubahan sistem atau perbaruan, mesin tidak menjalankannya secara otomatis, melainkan perlu persetujuan pengguna.

Sehingga penggunaan Linux sangat bergantung kepada penggunanya. Itu juga berarti Linux sangat menjaga privasi kamu dalam menggunakan OS ini. Hal itu didukung dengan OS ini tidak akan membuat dan mengupload aktifitas yang kamu lakukan pada OS ini.

3. Ringan

7 Alasan Kamu Harus Menggunakan Linux Dibandingkan dengan OS lainnyatwitter.com/linuxlite

Jika kamu memiliki laptop dengan spesifikasi pas-pasan untuk menggunakan Windows OS sehingga membuat jalannya sistem terasa lambat, maka linux sangat cocok dengan laptopmu. Banyak distro linux yang memiliki hardware requirements yang sangat minim. hanya dengan RAM 1 GB dan CPU hanya 1Ghz cukup untuk menjalankan distro linux tertentu tanpa kehilangan kecepatan dan tetap full-featured

Linux juga terkenal karena konsumsi hardware yang tidak banyak. Bahkan ada distro linux yang dapat berjalan hanya dengan RAM 256MB dan CPU yang sudah usang. Sehingga ini akan menjadi nilai lebih untuk menggunakan Linux ketika laptop mu terasa sangat lamban dan tidak powerful jika menggunakan OS lain.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Rekomendasi Game untuk PC Berbasis Linux

4. Gampang digunakan

7 Alasan Kamu Harus Menggunakan Linux Dibandingkan dengan OS lainnyasoftpedia.com

Salah satu persepsi yang tidak benar tentang linux adalah OS yang hanya bisa digunakan oleh yang pro saja. Harus bisa commandline lah, harus bisa coding lah, dan sebagainya. No, it's not true. Kini Linux telah hadir dengan tampilan yang sangat mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula. 

Karena Linux telah memiliki GUI yang modern dan telah tersedia desktop environment yang sangat keren dan mudah digunakan. Banyak distro linux yang memiliki interface mirip Windows OS sehingga memudahkan dalam adaptasi dengan OS lamamu.

Distro Linux memungkinkan pengguna untuk memilih salah satu dari berbagai desktop environment yang tersedia: Cinnamon, MATE, KDE, Xfce, LXDE, GNOME, dll. Jika kamu adalah pengguna Windows dan ingin bermigrasi ke Linux, WINE (Wine Is Not an Emulator) dapat diinstal ke Linux agar kamu dapat menggunakan aplikasi Windows pada sistem Linux.

5. Gak perlu ribet

7 Alasan Kamu Harus Menggunakan Linux Dibandingkan dengan OS lainnyathewindowsclub.com

Ada kalanya Windows tiba-tiba menampilkan pesan yang mengganggu yang mengatakan bahwa mesin perlu direboot. Selain menampilkan "Menerapkan pembaruan 5 dari 361", Windows akan membingungkan kamu dengan beberapa jenis pembaruan yang penting, keamanan, definisi, rollup pembaruan, paket layanan, alat, paket fitur. 

Saya tidak ingat berapa kali Windows reboot terakhir kali untuk menerapkan pembaruan. Ketika menjalani pembaruan perangkat lunak atau menginstal/menghapus perangkat lunak pada sistem Linux, umumnya tidak perlu reboot mesin. Sebagian besar perubahan konfigurasi sistem dapat dilakukan ketika sistem sedang aktif.

6. Bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu

7 Alasan Kamu Harus Menggunakan Linux Dibandingkan dengan OS lainnyaquora.com

Tidak diragukan lagi bahwa Windows memiliki banyak perangkat lunak komersial yang tersedia. Linux, di sisi lain, menggunakan perangkat lunak open source yang tersedia secara gratis. Linux dipersenjatai dengan manajer paket yang mudah digunakan yang membantu menginstal dan uninstal aplikasi perangkat lunak yang diinginkan. Linux dipersenjatai dengan tema desktop yang layak tentunya berjalan lebih cepat daripada Windows.

Namun Windows OS tidak memiliki pilihan tampilan atau fitur. Kamu mungkin hanya mengetahui beberapa pilihan paket yang tersedia pada Windows, dengan semakin murah paketnya semakin sedikit pula fiturnya. Pada hakikatnya fitur windows hanya "itu-itu" saja.

Sebaliknya, kamu akan menemukan banyak distribusi Linux yang melayani berbagai kebutuhan yang berbeda. Jadi, kamu dapat memilih untuk menginstal salah satu distro Linux yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, ada distribusi Linux untuk hackers, ada distribusi Linux untuk programmers, ada distribusi Linux untuk komputer yang sangat lama, ada juga distribusi linux untuk pemula atau pengguna biasa. Ada Linux untuk semua orang.

7. Dukungan penuh dari komunitas

7 Alasan Kamu Harus Menggunakan Linux Dibandingkan dengan OS lainnyaPexels/Rawpixel

Mungkin hal terbaik tentang Linux adalah komunitas Linux. Kamu tidak akan pernah merasa sendirian di dunia Linux. Terlepas dari berbagai blog panduan Linux, cukup mampir ke forum apa pun untuk masalah apa pun yang kamu alami pada PC mu, seseorang akan selalu berusaha membantu menyelesaikan masalah kamu. Hal itu merupakan bentuk dukungan dari komunitas Linux.

Ada banyak pengguna Linux aktif yang selalu siap untuk menanggapi tantangan-tantangan yang sedang kamu hadapi yang relevan yang mungkin telah dialami oleh pengguna lain. Jumlah pengguna komunitas yang aktif di forum tersebut lebih dari jumlah anggota aktif di forum yang berfokus pada Windows.

Banyak kelebihan-kelebihan yang dimiliki Linux yang tidak dimiliki oleh OS lain. Banyak juga distro linux yang dapat kamu pilih yang cocok untuk kebutuhan kamu. Dan semua distro tersebut juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh OS lain. Alasan diatas dapat menjadi pertimbangan kamu dalam menggunakan linux. Untuk memperdalam tiap-tiap alasan kamu dapat merasakannya ketika sudah menggunakan salah satu dari distro linux tersebut.

Jika kamu masih tetap menggunakan Windows sebagai OS utamamu, alasan apa yang menjadi pertimbanganmu untuk memilihnya di Linux? Jika kamu sudah beralih, dan menggunakan Linux, manfaat apa lagi yang bisa kamu dapatkan? Banyak hal yang dapat diulas jika membahas Linux vs Windows.

Beri tahu kami pendapat kamu di bagian komentar di bawah ini ya

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menggunakan Linux

Ravi Anang Photo Verified Writer Ravi Anang

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya
  • Paulus Risang

Just For You