Comscore Tracker

4 Langkah Mudah Bikin DIY Bokeh Warna Warni, Pemula Pasti Bisa!

Rahasia bokeh keren

Bokeh dalam fotografi merupakan suatu seni indah untuk menghasilkan POI lebih tajam. Bokeh sendiri adalah bagian kabur atau tidak fokus dalam sebuah foto. Karakter bokeh itu dipengaruhi oleh aperture pada lensa, biasanya berbentuk lingkaran atau segienam. Kamu bisa membuat efek lain supaya terlihat lebih keren hanya dengan sebuah karton. Kamu bisa menghasilkan bentuk-bentuk lucu seperti hati, bintang, dan lain-lain.

Langkah 1

4 Langkah Mudah Bikin DIY Bokeh Warna Warni, Pemula Pasti Bisa!vvens.com

Posisikan lensa atau penutup lensa di tengah kertas. Gambar mengelilingi tepinya agar mendapat perkiraan ukuran lensa. Gambar bentuk bokeh di tengah lingkaran tersebut.

Langkah 2

4 Langkah Mudah Bikin DIY Bokeh Warna Warni, Pemula Pasti Bisa!pinterest.com

Gunakan cutter dan potong bentuk bokehmu. Semakin kecil gambar bentuk bokehmu, semakin kecil juga efek bokeh yang nanti akan terjadi. Kamu harus menggunakan aperture lebih sempit, untuk memunculkan efeknya.

Baca juga: Bukan Sulap, 9 Foto Ini Cuma Hasil Jepretan Long Exposure

Langkah 3

4 Langkah Mudah Bikin DIY Bokeh Warna Warni, Pemula Pasti Bisa!brancamarga.wordpress.com

Guntinglah penutup bokeh (gambar lingkaran) yang sudah kamu buat sebelumnya. Lebihkan gambar lingkaran sekitar satu setengah inci dari tepi lingkaran. Ukuran ini dibuat agar dapat membungkus ujung lensa dengan baik.

Langkah 4

4 Langkah Mudah Bikin DIY Bokeh Warna Warni, Pemula Pasti Bisa!crafthubs.com

Penutup bokeh sudah siap, lalu tempelkan pada lensamu. Ikatkan karet gelang mengelilingi lensa. Mudahnya untuk praktik, posisikan kamera dalam modus Aperture Priority dan pilih aperture terlebar. Atur fokus secara manual dan tentukan fokusnya (POI).

4 Langkah Mudah Bikin DIY Bokeh Warna Warni, Pemula Pasti Bisa!improvephotography.com

Gimana, mudah dan cepat banget kan cara membuatnya? Sekarang kamu bisa membuat foto bokehmu terlihat lebih kece. Pilihan warna pada kertas karton pun mempengaruhi hasilmu, warna terang akan menghasilkan efek bokeh haze (abstrak), kalau kamu tidak ingin efek seperti itu, bisa menggunakan warna karton hitam.

Baca juga: 11 Akun DIY Kece yang Wajib Diikuti Anak Kos Mulai Sekarang!

Topic:

Just For You