Comscore Tracker

Patuhi 7 Cara Sederhana Ini Agar Gadget Androidmu Terhindar dari Virus

Bahaya banget lho kalau sampai telanjur "terinfeksi"

Ada banyak langkah pencegahan untuk menjaga ponselmu tetap bebas dan aman dari virus Android. Yang perlu kamu tahu, kalau Androidmu terinfeksi maka sudah tidak ada data-data yang aman di dalamnya. Bahkan, perlahan virus itu akan memperbanyak diri dan membuat Androidmu semakin kronis.

Mungkin kalau hanya terserang Adware, masih mudah dihapus. Namun, ada beberapa bug berbahaya yang kompleks seperti spyware dan mereka tidak sesederhana itu untuk dihilangkan. Jadi, selalu penting untuk mengambil jalan aman dan mengambil langkah-langkah pencegahan. 

1. Hanya download aplikasi dari Google Play Store

Patuhi 7 Cara Sederhana Ini Agar Gadget Androidmu Terhindar dari Viruspexels.com/Pixabay

Saat kamu mau meng-install aplikasi dari Google Play Store pun, kamu harus tetap memperhatikan review dan rating yang diberikan oleh pengguna lain. Karena, bukannya tidak mungkin aplikasi itu juga memiliki virus.

2. Jangan meng-install aplikasi dari sumber lain

Patuhi 7 Cara Sederhana Ini Agar Gadget Androidmu Terhindar dari Viruspexels.com/Pixabay

Ada alasannya mengapa Android memiliki pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk tidak bisa meng-install aplikasi dari luar. Salah satunya adalah karena adanya kemungkinan virus bisa masuk lewat aplikasi sembarangan itu. 

3. Jangan membuka pop-up ads yang muncul saat browsing

Patuhi 7 Cara Sederhana Ini Agar Gadget Androidmu Terhindar dari Virusyoutube.com/MJ Tube

Tidak semua iklan pop-up berbahaya. Meskipun sebagian besar iklan pop-up ini memang hanya berisi iklan dan akan mengarahkan kita ke situs pengiklan, beberapa pop-up bisa memaksamu untuk memasang malware di perangkatmu.

Baca Juga: Sebenarnya Perlu Gak Menginstal Antivirus di Android? Ini Jawabannya!

4. Jangan membuka link asing

Patuhi 7 Cara Sederhana Ini Agar Gadget Androidmu Terhindar dari Virustheandroidsoul.com/

Baik itu di email, sms, bahkan aplikasi chatting seperti whatsapp, jangan membuka link yang kamu tidak ketahui isinya apa. Seringkali, pesan-pesan broadcast yang dikirimkan oleh orang yang kita kenal di grup chatting itu bisa berisi link mencurigakan yang tidak boleh kamu buka kecuali kamu yakin benar kalau link itu sangat aman.

5. Rajin update versi Androidmu

Patuhi 7 Cara Sederhana Ini Agar Gadget Androidmu Terhindar dari Viruscbsistatic.com

Sangat penting untuk membuat versi Androidmu tetap up to date. Di dalam versi terbaru Android itu selain berisi fitur-fitur baru juga berisi perlindungan terbaru yang diberikan oleh perusahaan kepada ponselmu. Tidak ada salahnya untuk membuat ponselmu selalu terlindungi.

6. Baca permintaan izin yang ada setiap kamu mau meng-install aplikasi baru

Patuhi 7 Cara Sederhana Ini Agar Gadget Androidmu Terhindar dari Virus.fonpit.de

Saat kamu menekan tombol Install di Google Play store, perangkat Androidmu akan menampilkan kotak dialog yang berisi izin apa saja yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.
Jangan meremehkannya dan coba untuk setidaknya membaca garis besar tentang apa yang dibutuhkan. Kalau memang ada akses yang tidak ingin kamu ijinkan, atau data yang tidak ingin kamu berikan, jangan install aplikasi itu.

7. Miliki aplikasi keamanan antivirus yang baik

Patuhi 7 Cara Sederhana Ini Agar Gadget Androidmu Terhindar dari Virusblogspot.com

Banyak aplikasi antivirus yang sudah tersedia gratis. Baca setiap review yang diberikan oleh pengguna lainnya dan putuskan aplikasi mana yang menurutmu terbaik. Walaupun gratis, bukan berarti aplikasi itu pasti jelek lho.

Dengan melakukan 7 cara diatas, kamu sudah meminimalisir kemungkinan androidmu terserang oleh virus. Seperti kata peribahasa, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Baca Juga: Segera Atasi, Ini 8 Tanda Bahwa Androidmu Sudah Terserang Virus

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya