Kenapa Apple Intelligence Cuma Ada di iPhone 15 Pro?

Apple Intelligence memerlukan memori yang besar

Intinya Sih...

  • Apple Intelligence hanya berfungsi di iPhone 15 Pro, Pro Max, iPad, dan Mac dengan chip seri M.
  • John Giannandrea mengklarifikasi bahwa biaya yang mahal membuat Apple Intelligence terbatas pada perangkat baru.
  • Kapasitas RAM dan NPU besar menjadi kunci untuk menjalankan Apple Intelligence di sistem operasi terbaru Apple.

Ketika Apple mengumumkan “Apple Intelligence” di Worldwide Developer Conference (WWDC) minggu lalu, dikatakan bahwa serangkaian fitur AI hanya akan berfungsi di iPhone 15 Pro dan Pro Max. Apple Intelligence juga hanya tersedia di iPad dan Mac dengan chip seri M.

Hal ini tampaknya diterima dengan baik oleh banyak pengguna. Tidak sedikit yang mengkritik Apple karena sengaja membatasi Apple Intelligence pada perangkat yang lebih baru untuk meningkatkan penjualan.

Namun, Apple kini telah mengklarifikasi mengapa serangkaian fitur AI, sebagai bagian dari Apple Intelligence, terbatas pada perangkat yang lebih baru.

Apple Intelligence memerlukan biaya yang mahal

Kenapa Apple Intelligence Cuma Ada di iPhone 15 Pro?ilustrasi kecerdasan buatan (pexels.com/cottonbro studio)

John Giannandrea, wakil presiden senior Apple untuk pembelajaran mesin dan strategi AI, menyatakan bahwa alasan Apple Intelligence hanya bisa digunakan di seri iPhone 15 Pro karena biaya yang dibutuhkan sangat mahal. 

Pernyataan tersebut ia sampaikan di salah satu talk show di WWDC saat ditanyakan oleh John Gruber dari Daring Fireball.  

Meskipun Apple Intelligence dapat dijalankan pada iPhone lama yang kurang bertenaga, kecepatannya tidak akan cukup.

“Inferensi model bahasa yang besar membutuhkan komputasi yang sangat mahal... Secara teori kamu bisa menjalankan model ini pada perangkat yang sangat lama, namun akan sangat lambat sehingga tidak berguna,” kata Giannandrea.

Lebih lanjut, kapasitas RAM dan NPU yang besar menjadi kunci untuk menjalankan Apple Intelligence. Pihak Apple mengatakan bahwa kompatibilitas Apple Intelligence bergantung pada "banyak dimensi sistem", dan bahwa "RAM adalah salah satunya."

Fitur Apple Intelligence

Apple Intelligence, bukanlah aplikasi atau chatbot seperti ChatGPT. Sebaliknya, ini adalah lapisan kecerdasan buatan terintegrasi yang tertanam dalam sistem operasi versi terbaru Apple.

Apple Intelligence pada dasarnya adalah jenis AI yang berjalan secara asli di iPhone atau Mac. Karena dijalankan di perangkat, maka teknologi memerlukan banyak daya pemrosesan. Ini sebabnya hanya perangkat Apple tertentu yang dapat menjalankannya.

Fitur AI Apple Intelligence mencakup Siri baru, alat tulis dengan bantuan AI, transkrip panggilan real-time, dan kemampuan membuat emoji unik, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Perbandingan Apple Intelligence Vs Galaxy AI, Mana yang Lebih Canggih?

Topik:

  • Achmad Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya