Comscore Tracker

5 Penyebab Kompresor AC Mati, Perhatikan agar AC Tetap Dingin!

AC indoor menyala tapi kipas hidup?

Pernah mengalami unit AC indoor  menyala tapi kipasnya tetap hidup? Namun, udara di ruangan tidak dingin. Jawabnya adalah kompresor AC mati, tetapi kipas hidup.

Kompresor merupakan komponen yang tidak bisa lepas dalam sistem udara pada unit AC. Fungsi utamanya untuk mengeluarkan panas dari dalam ruangan. Berikut ini beberapa hal yang harus kita ketahui apa saja penyebab kompresor AC mati. 

1. Freon habis

5 Penyebab Kompresor AC Mati, Perhatikan agar AC Tetap Dingin!ilustrasi ac outdoor (pexels.com/Ellie Burgin)

Freon pada AC yang semakin berkurang bahkan habis tentunya membuat AC menjadi tidak dingin. Bahkan dapat menyebabkan kompresor mati. Freon bisa habis umumnya karena ada kobocoran. Jadi cek berkala AC-mu ya.

2. Kompresor mati total

5 Penyebab Kompresor AC Mati, Perhatikan agar AC Tetap Dingin!ilustrasi reparasi ac (pexels.com/Richard How Long)

Kompresor diibaratkan jantung dari AC. Kompresor bisa mati total karena mengalami overheating, di mana filter udara tersumbat sehingga evaporator tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, kompresor terlalu panas kemudian mati total. Solusinya hanya satu, yaitu menggantinya dengan kompresor yang baru.

Baca Juga: Jangan Asal, Begini Cara Mematikan Kulkas yang Benar 

3. Tegangan tidak stabil

5 Penyebab Kompresor AC Mati, Perhatikan agar AC Tetap Dingin!ilustrasi jaringan kabel ac (Pexels.com/Jose Carlos)

Tegangan tidak stabil seringkali dialami para pemilik AC. Tegangan voltase yang tidak stabil bisa disebabkan ada kabel atau voltase listrik yang bermasalah.

4. Masalah di thermisator ac

5 Penyebab Kompresor AC Mati, Perhatikan agar AC Tetap Dingin!ilustrasi ac rusak (pexels.com/Dickenson)

Thermistor bertugas mengelola suhu sesuai dengan perintah yang diberikan melalui remot AC. Kerusakan pada bagian ini berakibat unit Indoor gagal mengirim arus listrik ke kompresor sehingga AC tidak dingin. Biasanya masalah ini ditandai dengan kipas dan unit outdoor tidak menyala sedangkan kompresor mati.

5. Overload kompresor putus atau rusak

Mesin kompresor biasanya dilengkapi overload yang berfungsi memutuskan arus yang masuk ke kompresor jika ampere terlalu tinggi. Kerusakan pada overload akan tentunya akan mengganggu kinerja kompresor dan menyebabkan AC tidak dapat memproduksi udara dingin. Inilah sebabnya kipas hidup tapi AC tidak dingin.

Setelah mengetahui penyebab kompresor mati, akan lebih baik jika kita juga mengenali bagaimana cara merawat AC yang benar. Berikut ini sekilas tips merawat AC yang bisa dicoba.

6. Tips merawat ac

5 Penyebab Kompresor AC Mati, Perhatikan agar AC Tetap Dingin!ilustrasi ac ruangan (pexels.com/ Max Vakhtbovych)
  • Rutinlah membersihkan filter AC : Penyaringan atau filter yang kotor menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin. Kamu bisa membersihkan filter AC secara rutin minimal satu bulan sekali, atau dua kali jika di rumah memiliki hewan peliharaan berbulu.
  • Tidak menggunakan suhu di bawah 22 derajat C : Seringkali kita terburu-buru untuk mendapatkan suhu ruangan yang dingin. Misalnya dengan menurunkan suhu langsung di bawah 20”. Jika ini adalah AC standar (non-inverter) dan langsung pada suhu ini dapat membuat kompresor bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang rendah. Penggunaan AC yang seperti itulah yang dapat membuat AC cepat rusak dan tidak bertahan lama.
  • Periksa Freon dan cuci AC : Freon adalah pendingin AC dan cara agar AC tetap dingin dengan memastikan tidak kekurangan Freon. Hal ini memerlukan teknisi, jadi buatlah jadwal perawatan AC dengan teknisi secara rutin, misalnya 3 bulan sekali.

Setelah mengetahui penyebab kompresor mati, baiknya kita mampu menjaga dan merawat alat elektronik yang satu ini dengan bijak ya.

Penulis : Tasqiya Ratnasari 

Baca Juga: Teknologi di Balik DANA Indonesia, Yuk Intip! 

Topic:

  • Bella Manoban
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya