Comscore Tracker

5 Aplikasi Terbaik untuk Melihat Rasi Bintang, Wajib Coba!

Gak perlu bayar!

Kehadiran smartphone memang sangat memudahkan bagi kehidupan manusia, semua yang kamu dibutuhkan bisa didapatkan dari ujung jari. Rasi bintang sendiri adalah sekelompok bintang yang saling berhubungan dan membentuk pola khusus, kamu membutuhkan peralatan khusus untuk melihat rasi bintang. Namun, sekarang, kamu bisa melihat rasi bintang hanya dari smartphone.

Berikut ini ada lima aplikasi terbaik untuk melihat rasi bintang yang bisa kamu coba.

1. Sky Map

https://www.youtube.com/embed/p6znyx0gjb4

Sky Map adalah aplikasi untuk melihat rasi bintang paling populer di Play Store, aplikasi ini sudah di-download sebanyak 50 juta kali dan mendapatkan rating 4.2 dari 500 ribu ulasan. Kelebihan Sky Map dari aplikasi lainnya adalah memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu 4MB, aplikasi ini sangat ringan dan bisa dijalankan di semua perangkat Android. Meskipun sangat ringan, aplikasi ini memberikan fitur yang sangat lengkap.

Kamu bisa melihat semua yang ada di langit secara real time, hanya perlu mengarah smartphone ke atas, kamu bisa mengetahui nama dari setiap benda langit yang kamu lihat. Aplikasi ini juga punya fitur time travel, kamu bisa menyelusuri posisi rasi bintang di masa lalu atau waktu yang akan datang. Cobain deh!

2. Stellarium

https://www.youtube.com/embed/qs0ongkRv1E

Stellarium adalah salah satu aplikasi terbaik untuk melihat rasi bintang, langit serasa dalam genggaman. Kelebihan Stellarium dari aplikasi lainnya adalah memiliki gambar yang lebih tajam, rasi bintang digambarkan secara 3D dan ditampilkan secara real time. Dengan semua kelebihan tersebut, wajar jika ukuran aplikasi ini mencapai 151MB.

Stellarium sudah di-download lebih dari 1 juta kali dan mendapatkan rating 4.7 dari 20 ribu ulasan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pro, kamu bisa membelinya untuk mendapatkan gambar yang lebih tajam dan fitur yang lebih lengkap. Cobain deh!

Baca Juga: Selain Stellarium, Ini Dia Aplikasi Stargazing yang Patut Kamu Coba

3. SkyView

https://www.youtube.com/embed/_VqbtIpLjaE

Aplikasi ketiga yaitu SkyView, kamu bisa menjelajah langit menggunakan aplikasi ini. SkyView punya banyak fitur unggulan di antaranya: mendukung teropong ruang navigator, lingkup bercak, dan teleskop. Dengan fitur selengkap itu, untungnya SkyView cuma punya ukuran 50MB.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu ragu mengunduh aplikasi ini karena SkyView sudah di-download sebanyak 10 juta kali dan mendapatkan rating 4.4 dari 5 ribu ulasan. Respon positif itu dapat dilihat dari salah satu pengguna bernama @Allysa "Apk ini bagus... Saya jadi bisa liat kejadian langka di Langit yaitu Jupiter dan Saturnus Sejajar di tata Surya kita", katanya. 

4. Solar System Scope

https://www.youtube.com/embed/eGSSEej4Qd8

Solar System Scope adalah aplikasi keempat yang bisa kamu gunakan untuk melihat rasi bintang. Kelebihan aplikasi ini dibandingkan dengan lainnya adalah memiliki fitur ensiklopedia 3D, di sini kamu bisa menemukan fakta paling menarik tentang setiap planet, galaksi, dan lainnya dengan visualisasi 3D yang realistis. Solar System Scope memiliki memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 78MB, kamu wajib punya ruang penyimpanan yang cukup.

Kamu tidak perlu ragu mengunduh aplikasi ini, Solar System Scope sudah di-download lebih dari 5 juta kali dan mendapatkan rating 4.6 dari 100 ribu ulasan. Sudah tujuh tahun sejak pertama kali dirilis pada bulan Desember 2013, Solar System Scope masih recommended banget untuk digunakan. Buruan coba!

5. Sky Safari

https://www.youtube.com/embed/uZ-HdW33hOs

Aplikasi untuk melihat rasi bintang yang terakhir adalah Sky Safari, kamu gak bakal nyesel men-download aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur diantarnya: dapat menstimulasikan hujan meteor, memiliki gambar tajam dan punya fitur mode orbit. fitur mode orbit sendiri adalah visualisasi kamu terbang dari permukaan bumi seperti pesawat luar angkasa NASA untuk melintasi tata surya. Dengan semua fitur keren tersebut, gak heran kalau Sky Safari mempunyai ukuran yang sangat besar yaitu 315MB.

Meskipun begitu kamu gak perlu ragu mengunduh aplikasi ini, Sky Safari sudah di-download lebih dari 1 juta kali dan mendapatkan rating 4.7 dari 30 ribu ulasan. Buruan coba!

Selain untuk menghilangkan rasa penasaran, kelima aplikasi di atas juga bisa digunakan untuk belajar. Dari kelima aplikasi di atas, mana yang pernah kamu coba?

Baca Juga: 7 Tempat Terbaik di Dunia untuk Melihat Rasi Bintang, Memukau!

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Saya seorang remaja yang baru lulus SMK, belum bekerja dan masih minta makan orang tua. Tapi aku bangga! Bangga banget sumpah nggak jelas :v

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya