Comscore Tracker

5 Tips Mendapatkan Koneksi Internet Cepat di Daerah Pelosok, yuk Coba!

Dengan sedikit usaha, semua pasti bisa 

Jaringan internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat zaman sekarang. Namun sayangnya, layanan di Indonesia belum merata. Masih banyak daerah khususnya di pelosok yang belum terjangkau internet dengan memadai.

Jangan menyerah dengan keadaan, kamu tetap bisa menikmati koneksi internet yang cepat jika benar-benar berusaha. Berikut ini ada lima tips yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan koneksi internet berkecepatan tinggi di pelosok. Yuk, cek apa saja!

1. Gunakan provider tercepat yang ada di daerahmu

5 Tips Mendapatkan Koneksi Internet Cepat di Daerah Pelosok, yuk Coba!kualitas sinyal Smartfren di daerah Bukit Kemuning(dok. Pribadi/Sumahir Hidayanto)

Koneksi internet yang lambat bisa saja hanya terjadi karena provider yang kamu gunakan memang lemah sinyal di daerahmu. Jika masalahnya karena ini, tentu saja solusinya sangat mudah. Kamu hanya perlu membeli kartu baru yang memiliki koneksi internet tercepat di daerahmu.

Lantas bagaimana cara untuk mengetahui provider tercepat yang ada di daerahmu? Caranya sangat mudah, kamu tidak perlu mencoba semua provider satu per satu.

Gunakan saja aplikasi Speedtest, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store. Buka aplikasi tersebut, lalu klik menu peta. Di menu ini, kamu bisa melihat kualitas sinyal yang ada di daerahmu berdasarkan masing-masing provider. Warna merah menunjukkan belum terjangkau, sedangkan warna hijau menunjukkan sudah terjangkau jaringan 4G LTE.

2. Carilah lokasi dan posisi dengan penerimaan sinyal terbaik di dalam rumahmu

5 Tips Mendapatkan Koneksi Internet Cepat di Daerah Pelosok, yuk Coba!ilustrasi sedang internetan (pexels.com/Yan Krukov)

Setelah menemukan provider tercepat, selanjutnya kamu harus mencari lokasi dengan penerimaan sinyal terbaik di dalam rumahmu. Tidak semua tempat di dalam rumah memiliki kualitas penerimaan sinyal yang baik, berbeda-beda tergantung arah Base Transceiver Station (BTS) terdekat.

Cobalah tempat-tempat terbuka dan tinggi seperti di jendela, ruang tamu, depan rumah dan tentunya di atas kasur. Jangan lupa juga untuk mencoba beberapa posisi, seperti memiringkan HP dan mengangkatnya ke atas. Cobalah semua opsi yang ada dan tentukan lokasi dengan penerimaan sinyal terbaik.

Baca Juga: 5 Fakta Internet of Everything, ketika Segala Hal Terhubung Internet

3. Gunakan modem portabel

5 Tips Mendapatkan Koneksi Internet Cepat di Daerah Pelosok, yuk Coba!ilustrasi modem portabel (tp-link.com)

Tips ketiga yaitu dengan menggunakan modem portabel, cara ini jauh lebih nyaman dibanding harus dengan poin nomor dua. Karena ukurannya yang kecil, kamu bisa meletakkannya di atap-atap rumah yang banyak sinyalnya.

Dengan menggunakan modem portabel, internet akan jauh lebih stabil dan nyaman. Modem portabel bisa dengan mudah didapatkan di online shop, kamu bisa membelinya dengan harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

4. Tambah antena eksternal agar sinyal yang didapat lebih kuat

5 Tips Mendapatkan Koneksi Internet Cepat di Daerah Pelosok, yuk Coba!ilustrasi rumah yang menggunakan antena (pexels.com/Polina Chistyakova)

Menambahkan antena eksternal pada modem adalah opsi paling mujarab untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat, presentasi keberhasilannya sangat besar dan layak untuk dicoba. Untuk mendapatkan kualitas sinyal terbaik, kamu harus meletakkan antena eksternal pada posisi yang tinggi, arahnya harus tepat ke BTS terdekat, dan pondasinya juga harus kuat agar tidak goyang ketika terkena angin.

Meskipun terlihat begitu ribet, kamu tidak perlu meragukan hasilnya. Dijamin berhasil! Harga antena eksternal sangat bervariasi, mulai dari Rp100 ribuan.

5. Pasang internet satelit

5 Tips Mendapatkan Koneksi Internet Cepat di Daerah Pelosok, yuk Coba!ilustrasi internet satelit (pexels.com/SpaceX)

Tips terakhir adalah dengan pemasangan internet satelit, ini adalah opsi terakhir apabila lokasimu benar-benar tidak terjangkau oleh operator seluler apa pun. Internet satelit mendapatkan sinyalnya dari satelit. Pemasangannya seperti sedang mencari sinyal TV parabola, sehingga jenis internet ini bisa digunakan di semua tempat dari Sabang sampai Merauke.

Soal kecepatan, internet satelit gak kalah cepat jika dibandingkan dengan internet fiber atau sinyal seluler dari BTS. Hanya saja, internet satelit memiliki harga yang sangat mahal hingga menyentuh angka puluhan juta.

Jangan mau ketinggian zaman dengan orang yang tinggal di kota, kamu tetap bisa internetan meskipun tinggal di pelosok. Buruan coba kelima tips di atas, semoga berhasil!

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Internet di Indonesia Lemot Banget

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Penulis lepas, lepas, ayo lepaskan unek-unek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya