Comscore Tracker

5 Aplikasi Handphone Ini Ngehits Pada Masanya! Pernah Pakai?

Wajib ada di HP jadulmu!

Jika sekarang Play Store di Android OS menyediakan jutaan aplikasi, HP zaman dulu juga tak kalah lho! Di era 2000-an, mayoritas HP masih menggunakan platform seperti Java maupun Symbian OS. Dengan platform tersebut, maka pengguna tentu bisa install berbagai aplikasi yang diinginkan. Entah itu aplikasi chatting, pemutar MP3, maupun web browser.

Adapun lima aplikasi HP yang sempat nge-hits di zamannya. Simak list-nya di bawah ini!

1. MXit

5 Aplikasi Handphone Ini Ngehits Pada Masanya! Pernah Pakai?702.co.za

Aplikasi chat ini sempat booming di era 2000an. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mengakses chatroom, hingga berkenalan dengan teman baru di dunia maya, lho! Tidak hanya berkirim pesan teks, bisa juga mengirim foto dan video. Tak heran, aplikasi ini populer di kawula muda saat itu. MXit sendiri telah resmi ditutup tahun 2016 silam, karena sudah tak mampu membayar biaya operasionalnya.

2. Opera Mini

5 Aplikasi Handphone Ini Ngehits Pada Masanya! Pernah Pakai?technoandroid.it

Di era 2000an, HP sebenarnya telah dilengkapi web browser bawaan. Namun, kemampuannya sebatas menampilkan situs WAP, di mana hanya tampak jajaran gambar dan teks yang sederhana. Opera Mini hadir menjawab kelemahan HP pada saat itu. Aplikasi ini mampu membuka website HTML layaknya browser di PC. Selain itu, menjelajah situs online di Opera Mini pun lebih cepat dibandingkan browser bawaan HP. Demi mengikuti zaman, Opera Mini kini dapat diunduh untuk Android melalui Play Store.

Baca Juga: 12 Aplikasi Android yang Ampuh Membantumu Tidur, Atasi Insomnia!

3. Ultra MP3

5 Aplikasi Handphone Ini Ngehits Pada Masanya! Pernah Pakai?facebook.com/thesiakapkeli

Jika kamu pernah memakai Nokia berbasis Symbian OS, pasti tidak asing dengan aplikasi ini. Ultra MP3 saat itu digemari karena tampilannya yang menarik, serta fitur-fitur lain yang mudah diakses dibandingkan music player bawaan. Selain itu, skinnya pun bisa diubah sesuai selera. Aplikasi ini sudah lama tidak terdengar kabarnya, semenjak iOS, Android, dan Blackberry mengambil alih pangsa pasar.

4. eBuddy

5 Aplikasi Handphone Ini Ngehits Pada Masanya! Pernah Pakai?inside-games.jp

Di zaman 2000-an, kegiatan berkirim pesan instan melalui Facebook, Myspace, dan Yahoo! Messenger tengah digandrungi anak muda. Membukanya satu persatu tentunya akan merepotkan bagi pengguna. eBuddy hadir untuk menjawab keluh kesah tersebut. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa berkirim pesan instan di berbagai media sosial, hanya dalam satu aplikasi. Aplikasi eBuddy kini masih dapat ditemukan di Play Store dan App Store.

5. Snaptu

5 Aplikasi Handphone Ini Ngehits Pada Masanya! Pernah Pakai?techcrunch.com

Aplikasi ini memiliki fitur mengintegrasikan berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Picasa, dan Myspace. Konsepnya mirip seperti eBuddy, yakni akses berbagai media sosial cukup dalam satu aplikasi. Melalui Snaptu, pengguna mampu menulis tweet, melihat pembaruan tweet dan status teman, menulis status Facebook, hingga membaca inbox Facebook.

Tampilannya yang simpel namun menarik, menjadikan aplikasi ini digandrungi pada masanya. Di akhir tahun 2011, aplikasi ini sudah dihentikan layanannya karena diakuisisi Facebook. Pihak Snaptu lantas fokus membuat aplikasi Facebook, yang dikhususkan untuk HP.

Meski saat itu belum ada OS Android maupun iOS, kita masih bisa mengunduh berbagai aplikasi tersebut di HP. Sebab, aplikasi tersebut sempat terkenal dengan fiturnya yang tidak ditemukan di HP pada masanya.

Dengan mengunduh berbagai aplikasi tersebut, kita sudah bisa browsing layaknya di PC, chatting, sampai memutar MP3 dengan tampilan yang menarik. Seiring berkembangnya zaman, popularitas mereka menurun dan beberapa bahkan telah gulung tikar.

Baca Juga: 8 Alasan Filmora adalah Aplikasi Video Editor Terbaik Bagi Pemula 

Tahta Rizki Yuandri Photo Writer Tahta Rizki Yuandri

Hanya seorang lelaki yang gemar menulis (ig: @tahtarizky)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya