Comscore Tracker

Genap Berusia 20 Tahun, Yahoo Messenger Malah Ditutup!

Satu lagi kenangan generasi 90an yang 'mati' dimakan zaman

Tahun 2018 nampaknya adalah akhir dari era kejayaan Yahoo Messenger. Salah satu aplikasi pesan instan pertama di dunia ini dilaporkan akan menutup semua layanannya di berbagai platform terhitung mulai 17 Juli mendatang.

Dilansir dari TechCrunch, pihak Yahoo sendiri tidak memberikan alasan spesifik kenapa mereka menutup layanan Messenger-nya. Namun banyak pihak mengaku kemunculan aplikasi chat yang lebih baru seperti WhatsApp, Facebook Messanger, Snapchat, WeChat dan sejumlah aplikasi pesan lainnya membuat mereka tertekan.

1. Akan ditutup, siapa sangka di tahun 2018 ini Yahoo Messenger ternyata menginjak usia 20 tahun

Genap Berusia 20 Tahun, Yahoo Messenger Malah Ditutup!techcrunch.com

Ya, ada ironi memang dibalik penutupan aplikasi pesan yang biasa disingkat YM ini. Pasalnya, tepat tahun ini sebenarnya usia YM sudah menginjak 20 tahun. Sudah cukup dewasa bukan jika disesuaikan dengan ukuran manusia?

Sekadar informasi, aplikasi pesan instan Yahoo Messenger ini memang pertama kali diluncurkan pada Maret 1998. Saat itu, namanya masih Yahoo Pager yang diganti satu tahun kemudian.

Aplikasi Yahoo Messenger merupakan aplikasi pesan instan pertama yang berada di komputer, menggantikan fungsi email dan SMS. Yahoo Messanger merupakan pioneer dari aplikasi pesan instan lainnya yang tidak terikat pada provider tertentu.

2. Penutupan layanan ini tidak mendadak, Yahoo Messenger sudah mulai berhenti beroperasi perlahan sejak 2016 lalu

Genap Berusia 20 Tahun, Yahoo Messenger Malah Ditutup!edgylabs.com

Seiring dengan menurunnya pengguna Yahoo Messenger, layanan dari perusahaan ini sudah ada yang mulai ditutup sejak dua tahun lalu. Di Agustus 2016, Yahoo Messenger hanya bisa diakses melalui aplikasi di iOS dan Android saja. Sedangkan aplikasi di Windows dan Mac ditutup.

3. Tim dari Yahoo Messenger mengaku sedang membangun aplikasi pesan instan lainnya yang lebih bagus

Genap Berusia 20 Tahun, Yahoo Messenger Malah Ditutup!androidcommunity.com

Dilansir dari Digital Trends, Yahoo mengklaim kalau mereka sedang membangun aplikasi komunikasi yang lebih baik. Salah satu yang disebut adalah Yahoo Squirrel.

Yahoo Squirrel adalah aplikasi pesan instan yang untuk mengaksesnya, kamu membutuhkan kode undangan. Fungsinya hampir sama dengan aplikasi Slack, menjadikan obrolan di dalam Yahoo Squirrel lebih privat dibandingkan aplikasi lainnya.

Saat ini, Yahoo Squirrel masih dalam tahap beta. Belum ada tanggal pasti kapan layanan Yahoo Squirrel akan diluncurkan.

Untuk kamu yang masih menggunakan layanan Yahoo Messenger, kamu masih bisa menyimpan archive percakapanmu selama enam bulan ke belakang. Nah, yang perlu kamu lakukan hanya pergi ke login email Yahoo kamu untuk mengakses halaman Downloader Request Site, jalani sistem verifikasinya dan setelah itu kamu akan diberi akses untuk download archive percakapanmu.

Bagi generasi 90-an, pasti banyak dari kamu yang punya kenangan indah dengan aplikasi Yahoo Messenger ini. Sungguh disayangkan aplikasi yang penuh memori ini harus berakhir. Kalau kamu, apa memori terindahmu dengan Yahoo Messenger? Share memori di kolom komentar yuk.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Tania

Berita Terkini Lainnya