Comscore Tracker

6 Keunggulan Teknologi AIoT yang Menjadikan Hidupmu Lebih Efisien 

Generasi milenial pasti suka teknologi ini! 

Internet, adalah sebuah kebutuhan yang tidak terpisahkan di era digital ini. Semua orang, di kota besar dan kecil, juga di negara yang berbeda, saling terhubung dengan internet. Informasi di sebuah negara yang berjarak jutaan kilometer, dapat dengan cepat diketahui oleh orang di belahan dunia lain, berkat internet.

Internet yang digabungkan dengan kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan sebutan Artificial Intelligence (AI), menghasilkan sebuah teknologi yang disebut Artificial Intelligence of Things (AIoT). Teknologi AIoT memberikan begitu banyak kemudahan dan dampak yang dahsyat terhadap gaya hidup generasi milenial dan Z.

SHARP sebagai salah satu produsen elektronik terbesar di Indonesia, memanfaatkan teknologi AIoT dalam beberapa produk mereka. Penasaran apa saja produknya dan keunggulan apa saja yang ditawarkan oleh teknologi AIoT ini? Yuk, simak daftar berikut ini!

1. Bisa dioperasikan dari ponsel 

6 Keunggulan Teknologi AIoT yang Menjadikan Hidupmu Lebih Efisien ilustrasi wanita menggunakan ponsel (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu kemudahan yang ditawarkan teknologi AIoT adalah bisa dioperasikan dari ponsel saja. Kamu hanya membutuhkan jaringan internet dan smartphone untuk bisa menikmati teknologi ini. Misalkan kamu terburu-buru pergi dari rumah di pagi hari dan baru ingat setelahnya AC di rumah kamu masih menyala. Kamu hanya perlu mematikannya dari aplikasi Sharp Air yang ada di smartphone kamu. Mudah sekali, kan?

Atau mungkin kamu sedang dalam perjalanan pulang dan ingin langsung beristirahat di kamar yang dingin, kamu bisa menyalakan AC beberapa menit sebelum tiba di rumah. Cukup menanti kabar dari si dia saja yang lama, menanti AC dingin sih gak perlu lama lagi!

2. Bisa mendeteksi aktivitas 

6 Keunggulan Teknologi AIoT yang Menjadikan Hidupmu Lebih Efisien ilustrasi aktivitas keluarga (pexels.com/Tatiana Syrikova)

Adanya sensor gerak pada produk AC SHARP dapat mendeteksi berapa jumlah orang yang berada di dalam ruangan. Dengan informasi ini, AC akan mengatur suhu sesuai dengan jumlah orang yang terdeteksi dalam ruangan tersebut. Jika tidak ada orang di dalam ruangan, maka AC akan mengaktifkan fitur eco mode yang dapat mengurangi konsumsi listrik dan mencegah ruangan menjadi terlalu dingin.

Satu lagi yang sangat membantu dari AC SHARP adalah fitur Best Sleep Mode. Saat kamu mulai tidur, sudah tertidur dan menjelang bangun, AC Sharp dapat menyesuaikan suhu secara otomatis, sehingga kamu tidak akan kedinginan selama beristirahat. Keren banget, kan?

3. Bisa memberikan rekomendasi 

6 Keunggulan Teknologi AIoT yang Menjadikan Hidupmu Lebih Efisien teknologi AIoT pada Android TV (www.id.sharp)

Kecerdasan AIoT pada SHARP Android TV membuatnya bisa mengingat film apa saja yang pernah kamu tonton, dan dapat memberikan rekomendasi film yang mungkin akan kamu suka. Jadi kamu tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk memilih-milih, teknologi AIoT sudah melakukannya untukmu.

Kualitas gambar juga merupakan sesuatu yang penting bagi para penikmat film di rumah. Dengan teknologi panel Indium Gallium Zinc Oxide (IGZO), kamu akan mendapatkan detail gambar yang lebih akurat dan tajam. Dukungan #paneligzosharp membuat acara nonton kamu makin berkualitas!

Adanya teknologi AIoT pada SHARP Android TV memberikan banyak kemudahan  untuk generasi milenial dan Z. Dengan bantuan Google Assistant pada smartphone yang terkoneksi ke TV, kamu bisa memberikan berbagai perintah hanya dengan suara. Jangan bingung lagi mau ajak pacar makan malam di mana, kamu tinggal minta informasi lokasi restoran yang lagi hits dan Google Assistant siap membantu kamu!

 

Baca Juga: Cerdasnya Produk AIoT SHARP, Dukung Ekosistem Rumah Futuristik

4. Bisa mengingatkan waktu servis 

6 Keunggulan Teknologi AIoT yang Menjadikan Hidupmu Lebih Efisien ilustrasi orang menyervis AC (freepik.com/senivpetro)

Kapan terakhir kali AC di rumah kamu diservis? Karena kesibukan, tak jarang orang lupa untuk menyervis dan membersihkan AC di rumah secara berkala. Dengan adanya teknologi AIoT, hal ini tidak akan terjadi karena aplikasi akan memberitahukan kapan waktu yang tepat untuk membersihkan AC.

Begitu juga dengan air purifier SHARP yang sudah berteknologi AIoT. Aplikasi akan menginformasikan kapan waktu optimal untuk mengganti filter pengumpul dan pengurang debu. Keren banget memang teknologi ini, kamu mau juga kan #pintarpakaisharp?

Satu keunggulan lagi dari produk AC dan air purifier dari SHARP adalah adanya teknologi Plasmacluster. Teknologi yang sudah dipatenkan oleh SHARP ini dapat menonaktifkan bakteri, virus dan jamur dengan cara pengkristalan. Teknologi #plasmaclusterhanyadarisharp menghasilkan ion positif dan negatif yang mampu menjernihkan udara dan menghilangkan bau tak sedap.  

5. Bisa mengamati dan memantau kondisi ruangan 

6 Keunggulan Teknologi AIoT yang Menjadikan Hidupmu Lebih Efisien ilustrasi teknologi AIoT (www.id.sharp)

Jika kamu ingin memantau dan mengamati suhu dan kelembapan udara di rumah, kamu tinggal mengecek informasi tersebut dari aplikasi Sharp Air. Kamu tidak perlu khawatir meninggalkan rumah dalam keadaan suhu yang terlalu dingin, semua bisa diatur dari smartphone di mana pun kamu berada.

Air purifier yang sudah disematkan teknologi AIoT juga dapat memberikan informasi mengenai tingkat kualitas udara, suhu, kelembapan, hingga kandungan debu secara real time. Kamu bisa mengatur suhu dan kelembapan sesuai kebutuhan dan kenyamanan penghuni rumah, walaupun kamu sendiri tidak berada di rumah.

6. Ramah lingkungan

6 Keunggulan Teknologi AIoT yang Menjadikan Hidupmu Lebih Efisien ilustrasi AC hemat energi (www.id.sharp)

Kamu sering kaget karena tagihan listrik yang membengkak? Biasanya AC adalah salah satu benda elektronik yang sering disalahkan atas tingginya tagihan listrik. Nah, AC dari SHARP memiliki teknologi J-Tech Inverter yang menjadikannya hemat energi hingga 65% dan juga hemat biaya karena mampu bekerja dengan daya minimum.

Teknologi AIoT pada AC SHARP bisa memberikan saran penggunaan paling optimal sesuai keseharian kamu. Dengan adanya kecerdasan buatan (AI), AC dan air purifier dapat bekerja dengan efisiensi maksimal, sehingga produk yang dipakai awet dan tahan lama.

Dilansir ElectronicDesign, teknologi AIoT akan mengubah hubungan manusia dengan teknologi di masa depan. Internet of Things (IoT) akan menghubungkan perangkat yang ‘bodoh’ dengan internet, dan AI akan memberikan ‘otak’ pada perangkat itu. SHARP sudah membuktikan, kecerdasan teknologi ini dapat membuat hidup kamu lebih berkualitas.

Kamu sudah gak sabar mau beli produk berteknologi AIoT dari SHARP? Kamu bisa memilih dari beragam produk yang tersedia pada situs toko online resmi SHARP di http://www.cocorolife.id. Selamat menikmati teknologi AIoT ya!

Baca Juga: 5 Tanda Rumahmu Sehat dan Bersih, Baik untuk Kesehatan!

Umara Sri Photo Verified Writer Umara Sri

senang desain, suka foto, hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya