Comscore Tracker

9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Panorama Alamnya Indah Banget

Salah satu keindahan Indonesia yang gak boleh dilewatkan

Indonesia dikenal sebagai negeri yang subur dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Selain kaya akan sumberdaya alamnya, Indonesia juga dikenal dengan keindahan alamnya yang memikat hati wisatawan.

Kita perlu tahu bahwa banyak tempat eksotis di negara yang memiliki ribuan pulau ini, salah satunya adalah air terjun. Jika kamu hobi traveling, wajib banget kamu jelajahi beberapa air terjun di Indonesia yang bakal membuat liburanmu semakin menyenangkan

1. Air terjun Ponot

9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Panorama Alamnya Indah Bangetinstagram.com/arif_giofani

Air terjun yang satu ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia, tepatnya terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan. Ketinggiannya mencapai 250 meter atau setara dengan 820 kaki.

Jika kalian ingin berkunjung ke sini, ada tiga akses yang bisa dilalui yaitu dari Pematang Siantar di Kabupaten Simalungun, Porsea di Kabupaten Tobasa, dan Ranto Parapat di Kabupaten Asahan.

2. Air terjun Madakaripura

9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Panorama Alamnya Indah Bangetinstagram.com/indah_sulistiyowati23

Jika berkunjung ke Gunung Bromo, Jawa Timur jangan lupa mampir ke air terjun yang satu ini ya. Air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki ketinggian 200 meter yaitu setara dengan 820 kaki.

Nama Madakaripura rupanya berasal dari kata Madakaripura yang berarti tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. Lokasinya yang di ujung lembah sempit dan dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air di seluruh bidang tebing membuat nuansa sekitar air terjun tersebut seperti sedang hujan.

3. Air terjun Nokan Nayan

9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Panorama Alamnya Indah Bangetinstagram.com/beritasintang

Air terjun Nokan Nayan atau bisa juga disebut dengan air terjun Nohkan Lonayan adalah air terjun yang berlokasi di Desa Deme, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Ketinggiannya yang mencapai 180 meter yang setara dengan 656 kaki tersebut menjadikan air terjun ini menempati urutan ketiga air terjun tertinggi di Indonesia. Meskipun berada di pedalaman Kalimantan Barat, rupanya air terjun ini cukup menarik perhatian pengunjung karena pemandangannya yang sangat menakjubkan.

Saat musim hujan, saking derasnya air dapat memunculkan kabut tebal hingga membumbung tinggi. Sangat indah bukan?

4. Air terjun Lembah Harau

9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Panorama Alamnya Indah BangetInstagram.com/pesonaairterjunindonesia

Lembah Harau adalah salah satu destinasi yang terkenal di Sumatera Barat. Selain keindahan bukit cadas yang berupa batu pasir terjal yang berwarna-warni, terdapat pula beberapa air terjun yang memiliki ketinggian 150 meter.

Air terjun Lembah Harau ini tepatnya terletak di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Jika kamu punya banyak waktu untuk mengeksplor Lembah Harau, air terjun Lembah Harau ini bisa jadi salah satu destinasi yang menyenangkan untuk dikunjungi.

5. Air terjun Batang Kapas

9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Panorama Alamnya Indah Bangetinstagram.com/sumatera.ig

Siapa yang tidak penasaran dengan air terjun satu ini? Objek wisata alam satu ini berada di dataran tinggi Bukit Barisan, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Selain ketinggiannya yang mencapai 133 meter yang setara dengan 436 kaki, keindahan panorama alam di sekitarnya sangat memanjakan mata dilengkapi dengan hamparan pepohonan besar dan batu alam yang menjulang tinggi.

Baca Juga: 7 Air Terjun Horor di Malang dan Batu, Ada Lokasi Bekas Pembantaian

6. Air terjun Sipiso Piso

9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Panorama Alamnya Indah Bangetinstagram.com/endaginting

Adakah yang sudah pernah berkunjung ke Danau Toba? Tentu tidak asing dengan air terjun satu ini. Air terjun Sipiso Piso berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba. Ketinggiannya yang mencapai 120 meter membuat air terjun ini termasuk air terjun tertinggi keenam di Indonesia.

Nama Sipiso Piso diambil dari nama sebuah gunung yang berlokasi di timur laut air terjun tersebut. Jika diukur dari permukaan air laut, ketinggian air terjun ini bisa mencapai sekitar 1.300 meter.

7. Air terjun Tumpak Sewu

9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Panorama Alamnya Indah Bangetinstagram.com/tempatwisataasriindonesia

Air terjun Tumpak Sewu atau yang akrab disebut dengan Coban Sewu merupakan air terjun yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian 110 meter yang setara dengan 492 kaki.

Selain lokasinya yang sangat menantang yaitu berada di dalam lembah curam memanjang, air terjun satu ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu formasi unik dari aliran air yang melebar seperti tirai.

8. Curug Citambur

9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Panorama Alamnya Indah Bangetinstagram.com/toni.liu29

Curug Citambur adalah salah satu bentuk keindahan alam yang wajib kamu datangi ketika berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat. Air terjun dengan ketinggian 100 meter ini selalu diselimuti kabut tipis.

Curug ini dibatasi tebing yang curam dengan debit air yang besar, sehingga akan berbahaya jika kita berada di bawah guyuran air dari curug tersebut.

9. Curug Cipendok

9 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Panorama Alamnya Indah Bangetinstagram.com/galih_to_coitus

Jika berkunjung ke Purwokerto jangan lupa mampir ke destinasi wisata satu ini. Curug yang mempunyai ketinggian 92 meter ini punya daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Sepanjang perjalanan menuju curug tersebut, pengunjung akan disuguhkan hamparan perkebunan dan bumi perkemahan dan lingkungan sekitarnya masih sangat alami.

Berikut sembilan air terjun tertinggi di Indonesia yang memanjakan mata. Dengan keindahan alam yang bikin hati tenang, perjalanan traveling kamu dijamin bakalan lebih berkesan. Apakah di daerahmu ada wisata air terjun yang indah? Silahkan ceritakan di kolom komentar ya.

Baca Juga: 10 Air Terjun Paling Berbahaya di Dunia, Panoramanya Eksotis Banget

Abda Ilma Rodiana Photo Writer Abda Ilma Rodiana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya